Skip to main content

Ramadan & Kemaafan

#Milad8Revowriter

#RamadhanBersamaPelitaRevowriter

#PelitaRevowriter

#challengeday21

#Post14

#RamadanDay12

.

Ramadan dan Kemaafan

.

Oleh: Yumna Umm Nusaybah

(Member of Revowriter London)

.

Selama hampir sebulan ini Rumaysa (si tengah) punya tugas bahasa Inggris setiap hari. Dimulai dengan comprehension (memahami isi kisah) dan menuliskannya kembali dengan bahasa dia sendiri. Menulis surat untuk salah satu karakter dengan berpura pura menjadi karakter lain. Menuliskan ending kisahnya. Di Endingnya itu ada paragraf pembuka, tengah (klimaks dan anti klimaks) serta penutup. Emak wis muneg-muneg sama karakter bernama Magpie dan Dog ini. Tapi awal mula membaca surat yang ditulis si gendhuk dari Magpie ke Dog, si emak menangis tersedu-sedu (pernah aku posting dalam bahasa Inggris). Kisahnya begitu menyentuh. Moral dari story-nya begitu bagus. Sampai-sampai emak terhanyut. 

.

Bagaimana sih jalan ceritanya? Begini ....

Dog adalah nama karakter dari Anjing yang buta di satu mata. Magpie adalah burung murai yang sayapnya terbakar saat ada kebakaran hutan sehingga dia tidak bisa terbang. Dog membantu Magpie saat dia kesusahan tak bisa terbang dan mengurus saat sayapnya terbakar. Keduanya menjadi sahabat. Saling melengkapi. Dog menjadi sayap Magpie dan Magpie menjadi mata Dog. Lalu datanglah Fox. Fox muncul dan membujuk agar Magpie menjauh dari Dog. Magpie percaya begitu saja dengan ajakan Fox. Akhirnya Fox membawa Magpie ke gurun pasir dan meninggalkannya terkatung-katung disana. Inilah akhir dari kisahnya. Para murid diminta menciptakan ending sendiri. Apakah Dog akan menerima Magpie lagi? Apakah Magpie menyadari kesalahannya dengan tidak setia? Buku yang ditulis oleh Margaret Wild dan Ron Brooks ini mengajarakan persahabatan, kesetiaan, risiko dan pengkhianatan.

.

Bagian yang membuatku menangis tersedu adalah ketika Dog bersedia menjadi ‘sayap’ Magpie dengan memintanya duduk di punggungnya dan membawanya berlari kencang sehingga Magpie masih bisa merasakan sensasi terbang. Sedang Magpie akan menjadi ‘mata’ dan penunjuk arah bagi Dog yang buta di satu mata dan tak bisa melihat dengan sempurna. 

.

Betapa indah jika kita sebagai manusia bisa bercermin dan berkaca dari kisah ini. Indah sekali jika persahabatan ada karena kita ingin saling mengisi. Perbedaan menjadikan kita saling melengkapi. Entah itu perbedaan usia, suku, latar belakang pendidikan, ekonomi, madhab dan organisasi. Melihat kekurangan seseorang sebagai sumber pahala karena kita yang akan menopang mereka. Saling setia dan menjaga di jalan kebenaran. Saling melindungi untuk tidak tergelincir dan masuk ke dalam jurang kemaksiyatan. 

.

Persahabatan yang timbal balik akan ada jika masing-masing belajar berempati. Tak hanya ingin didengarkan tapi ogah mendengar. Maunya diberi perhatian tapi tak pernah mau membuat orang lain merasa spesial. Maunya dimaafkan tapi tak pernah bertanya sedalam apa kita menyakiti. Maunya di anggap spesial tapi tak mau berdiri sama tinggi. 

Mari kita coba untuk mendengar tanpa menghakimi. Melihat tanpa menggurui. Menopang dan membantu tanpa berharap timbal balik. 

.

Sayangnya, sudah menjadi watak manusia, terburu-buru mengharapkan pahala dunia. Ingin melihat ‘hasil’ dari kebaikan yang telah dia tanamkan. Kecewa jika kebaikan tidak kembali kepada kita dalam bentuk pujian atau sekedar sapa. Marah jika yang kita bantu tak lagi setia. Sedih jika ternyata kita bertepuk sebelah tangan saja. Bahkan ada yang mengumbar berita ketika kedekatan itu tak lagi ada. 

.

Persahabatan datang dan pergi. Kesetiaan harus teruji. Jika kita menggantungkan semuanya hanya pada kelebihan dan kekuatan pribadi maka siap siap saja gigit jari. 

.

Tapi sungguh ada satu kemuliaan yang Allah سبحانه و تعالى janjikan bagi orang yang telah tersakiti. Kemaafan dan memaafkan. Memaafkan bukan berarti melupakan. Seperti kata Yasmine Mogahed, memaafkan adalah upaya kita membebaskan diri kita sendiri. Memaafkan sahabat yang pernah menyakiti. Memaafkan orang yang pernah melukai. Semuanya adalah aktivitas HATI. Orang bisa berkoar koar menyatakan dia telah memaafkan. Namun nyatanya, luka, kemarahan dan kebencian itu masih tersimpan di lubuk hati yang paling dalam. Terkunci rapi. Menggerogoti perasaan tanpa kita sadari. Let it go ...set them free. Karena jika kita memaafkan maka sebagai gantinya Allah سبحانه و تعالى akan memberi ampunan atas dosa kita. Tidakkah cukup itu sebagai balasan? 


Adalah Abu Bakr Ash Siddiq RA dahulu biasa memberikan nafkah kepada orang-orang yang tidak mampu, di antaranya Misthah bin Utsatsah. Di saat tersebar berita dusta seputar ‘Aisyah binti Abi Bakr RA, Misthah termasuk salah seorang yang menyebarkannya. Kemudian Allah سبحانه و تعالى menurunkan ayat menjelaskan kesucian ‘Aisyah RA dari tuduhan kekejian. Setelah peristiwa itu, Abu Bakr RA bersumpah untuk memutuskan nafkah dan pemberian kepada Misthah. Lalu turun ayat 

Allah سبحانه و تعالى 

.

‎وَلَا يَأْتَلِ أُو۟لُوا۟ ٱلْفَضْلِ مِنكُمْ وَٱلسَّعَةِ أَن يُؤْتُوٓا۟ أُو۟لِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينَ وَٱلْمُهَٰجِرِينَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ۖ وَلْيَعْفُوا۟ وَلْيَصْفَحُوٓا۟ ۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَن يَغْفِرَ ٱللَّهُ لَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ 

.

Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (An Nur:22)

22)

.

Abu Bakr RA mengatakan: “Betul, demi Allah. Aku ingin agar Allah mengampuniku.” Lantas Abu Bakr kembali memberikan nafkah kepada Misthah. (lihat Shahih Al-Bukhari no. 4750 dan Tafsir Ibnu Katsir) - asysyariah.com

.

Memang apa yang dicontohkan Abu Bakr RA adalah tingkat tertinggi dari sebuah kemaafan. Beliau Tak hanya melanjutkan memberi topangan dana, tapi justru menambah jumlahnya!

.

Tak perlu risau, semua orang berproses kesana. Namun mulailah dengan pelan-pelan menundukkan perasan dengan apa yang Rasulullah ajarkan. InsyaAllah ini adalah awal dari sebuah perubahan besar. Harapannya, kita bisa seikhlas Abu Bakr Radiyallahu ‘anhu.

.

London, 6 Mei 2020

Ditulis di hari ke-13 Ramadan

.

#GoresanYumna

#Revowriter

#KompakNulis

#GeMesDa

#Covid19

Comments

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam