Skip to main content

Pasien-ku

peristiwa ini terjadi di Pagi hari di Rumah sakit tempat aku training tuk jadi seorang dokter.....

Sebagai seorang dokter muda setiap orang di Rumah sakit memanggil kami DM, mulai dari dokter senior, perawat sampe tukang sapu.....dan pagi itu di sebuah bangsal....

" Selamat pagi DM (panggilan untuk dokter muda)" sapa seseorang lelaki muda dengan wajah sumringah yang baru aku kenal di hari itu juga. aku pikir bagaimana dia tahu kalo aku DM yah? oh iya aku kan memakai seragam DM dengan tanda pengenal juga...

" Selamat pagi..apa kabarnya?" sapaku balik sambil memegang Medical record.

" Baik mba DM...mba DM sendiri baik?" ungkapnya dengan mata berbinar binar.

" Alhamdulillah, saya baik, gimana semalam? ada keluhan?..." tanyaku dengan serius karena memang aku dapat tugas memegang dia sebagai pasienku hari itu dan selama seminggu aku bakalan tugas di bangsal itu.

" Wah...saya sih gak ngerasa kan keluhan apa apa lagi kok, tapi gak keberatan juga tinggal lebih lama disini" ujarnya dan membuatku bertanya tanya..

" ooh...betah juga nih di rumah sakit?" ujarku

" yah betah dong, tiap hari ketemu sama Dokter, perawat, di beri makanan 3 kali sehari, di perhatikan dan juga bisa ketemu DM2 baru seperti mba...asyik kan?" jawabnya...

waduh...aku sudah mulai ngelihat gelagat aneh pada pasienku yang satu ini...tapi namanya juga pasien gimana gimana aku harus menampakkan wajah sumringah dan baik hati karena kesehatan pasien pun tergantung dari kondisi psikologisnya. biar pasienku happy dan segera sembuh aku pikir gak ada salahnya senantiasa baik terhadap mereka meski kadang susah juga melayani tuntutan itu

3 hari berlalu dan ternyata pasienku boleh pulang lebih awal.....

di hari kepulangannya...

" mba DM...saya diijinkan pulang sama dokter hari ini, tapi harus tetap kontrol tiap minggu di poli-klinik" ungkapnya...

" Oh bagus itu...berarti mas nya sudah sembuh total, jangan lupa diminum obatnya dan jangan telat periksa yah!" aku pun ikut menasehatinya....

" iya mba DM, mba DM masih dinas di Rumah sakit ini kan minggu depan?" tanyanya

" oh iya..saya ditempatkan sebulan di departemen ini" jawabku

" wah bagus lah kalo begitu, minggu depan dinas di poliklinik?" pertanyaanya makin membuatku khawatir...

" oh...kemungkinan besar masih di bangsal, minggu sesudahnya mungkin pindah ke poliklinik" jawabku dengan sedikit heran dengan pertanyannya.

" hmmm......boleh nggak minta nomer telpon mba DM, kalo nanti saya perlu tanya dosis obatnya dan kalo ada apa apa kan gampang karena saya ada orang yang bisa saya kontak"

wadooow...dalam hati aku sudah ketar ketir karena ini makin serius...bisa bisa aku terlibat affair dengan pasien...haha...

" hm....kan bisa nelpon unit gawat darurat atau dokter senior atau nomer poliklinik" jawabku dengan berusaha bilang tidak

"wah mereka gak sebaik mba DM sih" dia masih mengharap

" tapi maaf saya tidak bisa.....begini saja, kalo ada perlu mungkin saya bisa menemui mas nya di poliklinik yah? kapan kontrol? nanti saya berkunjung" aku membujuknya

"iya deh.....minggu depan hari senin, tapi jangan lupa yah ketemuan dengan saya di hari senin?" jawabnya nampak kecewa

" kalo saya gak ada kesibukan dan ada waktu break, akan saya usahakan, tapi kalo saya ada tentiran dan sibuk keliling bersama dokter, maaf mungkin saya tidak bisa tapi akan saya usahakan" janjiku

" terima kasih mba DM" ungakpnya penuh kebahagiaan..

Dalam hati aku benar benar ketakutan..baru kali ini ada pasien nekat minta nomer telpon DM yang merawat dia....tapi biasalah..namanya juga pasien, pasti pingin dapat perhatian tapi menurutku yang ini bener2 berlebihan....

Senin itu.....

aku sedang break dan karena aku belum sarapan, aku pun berlari ke kantin tuk makan siang, soto ala rumah sakit di dekat poliklinik....enak sih tapi makannya harus rela bercampur ama bau obat....ihik!

saat aku makan itu....aku melihat sosok seseorang yang aku kenal berjalan di depan kantin...Oh tidak! itu pasien ku minggu lalu yang meminta nomer telponku....bagaimana ini??? aku sudah berjanji mengupayakan untuk mengunjungi dia saat dia periksa ke poliklinik...tapi aku takut dan lagian makan siangku belum selesai....

tiba tiba..........

" Derrr!!!!! hayo..mba DM, lagi makan siang yah..." dia datang mengagetkanku...

" eh..eh....Iya, saya harus makan siang karena saya belum sarapan" tergagap aku menjawab pertanyannya

" gak papa...silahkan diteruskan....saya sudah datang 2 jam yang lalu loh, sengaja datang lebih awal, biar ada waktu ngobrol dengan mba DM, saya pingin sekali ketemu sama mba DM, dan syukur sekarang bisa ketemu" ungkapnya dengan sumringah dan sopan sekali

" oh..iya? gimana? obatnya masih rutin di minum kan? ada keluhan baru nggak?" aku mengalihkan pembicaraan

" ohh..saya selalu inget pesen mba DM, jadi obat jalan terus......" jawabnya bikin aku keki

pembicaraan terhenti sejenak dan kemudian ada panggilan dari pengeras suara....

Pasien X (nama pasienku) silahkan masuk ke ruang G... poliklinik Penyakit Jiwa!

aaaaaaargggh........akhirnya......aku keluar dari masalah rumit ini......yah namanya juga pasien yang sakit jiwa....ada ada saja......

Comments

Anonymous said…
wakakakaka....IDOLA nih ye..(st st st...Idaman Orang Gila).
Nia said…
Hihihi... Amee untung dirimu tabah ya mengjadapi pasien spt itu :)
Mamah Ani said…
heuheuheu...emang dirawat di bangsal mana ?
btw...di RS mana dulu eta teh ??
kalau dikasih no tlp nya...dia akan nilpon terus tiap 5 menit.....percaya deh.....

ada apa pula dengan sister mu ???? hehehe...
Maeasti said…
Asik keknya punya pasien getu Mba....jadi hidupnya ngga stress heheheh, tapi bikin deg-degan juga yahhh :))
Ina said…
wah lucu, pengalaman yg tak terlupakan. Hebat eui :D hihi
Jasmine said…
ya ellah,kalo aku yg suruh nanganin pasien kayak gitu sih yg ada aku langsung ngacir deh!tapi klo jd dokter emang harus sabar yah ibu amee hehehe....klo pasien yg ini masih sakit nih,batuk aku belum ilang juga!males minum obat ;P
Umm Nusaybah said…
@ luluk...yang peting kan IDOLA ...hahaha
@nia hehe....kalo gak tabah gak lulus mba nia ...haha
@mamah ani hehe..waduh bangsalnya lupa mah...hehe..iay tuh pasti ditelpon tiap hari....
sisterku --> i made her dissapointed

@mae asti...ayik bener dek..aku enjoy di bagian penyakit jiwa.hehe
@inaya....hehe nanti dicritain lagi yang lucu lucu yah sis
@jasmine . betul betul jas...haha..kalo ngacir dikejar loh! gimana hayo?? eh non kalo gak mau sembuh yah udah gak usah minum obat..:P ada aja dikau

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam