Skip to main content

{Perbincangan} Kema’suman Rasul



Sepulang dari sekolah naik, sembari nyetir mobil aku mendengarkan ulasan di YouTube dari ustad Nouman Ali Khan tentang kisah Nabi Musa alaihissalam. Anak pertamaku yang beberapa bulan lagi masuk usia 9 tahun ikut mendengarkan. Kisah Nabi Musa Alaihissalam bukanlah kisah yang asing bagi Nusaybah... mashaAllah dia lebih tahu detail dan urutan kisahnya di Banding aku.
Ketika ustad Nouman sampai pada ayat berikut

QS. Al-Qasas [28] : 15

وَدَخَلَ ٱلْمَدِينَةَ عَلَىٰ حِينِ غَفْلَةٍ مِّنْ أَهْلِهَا فَوَجَدَ فِيهَا رَجُلَيْنِ يَقْتَتِلَانِ هَٰذَا مِن شِيعَتِهِۦ وَهَٰذَا مِنْ عَدُوِّهِۦ ۖ فَٱسْتَغَٰثَهُ ٱلَّذِى مِن شِيعَتِهِۦ عَلَى ٱلَّذِى مِنْ عَدُوِّهِۦ فَوَكَزَهُۥ مُوسَىٰ فَقَضَىٰ عَلَيْهِ ۖ قَالَ هَٰذَا مِنْ عَمَلِ ٱلشَّيْطَٰنِ ۖ إِنَّهُۥ عَدُوٌّ مُّضِلٌّ مُّبِينٌ

Dan Musa masuk ke kota (Memphis) ketika penduduknya sedang lengah, maka didapatinya di dalam kota itu dua orang laki-laki yang berkelahi; yang seorang dari golongannya (Bani Israil) dan seorang (lagi) dari musuhnya (kaum Fir'aun). Maka orang yang dari golongannya meminta pertolongan kepadanya, untuk mengalahkan orang yang dari musuhnya lalu Musa meninjunya, dan matilah musuhnya itu. Musa berkata: "Ini adalah perbuatan syaitan sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang menyesatkan lagi nyata (permusuhannya).

Nusaybah mulai dengan pertanyaan2 yang bikin aku gelagepan. Sambil nyetir, sambil mikir, sambil berusaha menjelaskan kepada anak usia 9 tahun tidaklah gampang. Berikut beberapa pertanyaan dan jawabanku yang seadanya

"Mama, kan Nabi Musa seorang Rasul, kenapa beliau memukul mati orang tanpa sengaja? Kan itu sebuah dosa?"

Aku jawab:" Niatan awal Nabi Musa kan sebenarnya untuk menolong salah satu dari orang yang berkelahi yang meminta tolong. Beliau tidak tahu kalau satu tonjokan saja sudah bisa merobohkan dan membunuh lawannya"

Lanjut Nusaybah bertanya: "Berarti beliau sudah berbuat dosa dong,Ma... Apakah boleh seorang Rasul berbuat dosa?"

"Tapi saat beliau melakukan tindakan ini, Nabi Musa belum diangkat sebagai Rasul, Sayang.....jadi tidak bisa dikatakan beliau berbuat dosa sebagai Rasul. Seorang Rasul harus punya sifat ma’sum (bebas dari dosa), tapi mereka tidak harus bebas dari salah pilih atau salah dalam mengambil keputusan terbaik dalam perkara yang dibolehkan (bukan haram) seperti yang terjadi pada Rasulullah Muhammad ﷺ saat surat ‘Abasa turun(aku pernah menceritakan kisah turunnya Ayat ini ke Nusaybah jadi dia mengerti maksudku)

Pertanyaan masih berlanjut:"kenapa para Rasul harus bebas dari dosa, Mama?"

"Karena mereka adalah pembawa pesan dari Allah ﷻ, la....kalau pembawa pesannya berbuat dosa, terus di contoh pengikutnya... gimana dong?"

Pertanyaan berikutnya ini yang bikin aku mumet:" tapi kan kita pengikutnya juga tahu mana yang benar dan mana yang salah, apa iya kita hanya ngikut saja tanpa melihat apakah itu dosa atau nggak?"

Jreng!!!! Jreng!!!!!!

Nggak pernah aku berfikir kesana.... setelah mikir bentar aku jawab: "Nah... kita tahu benar dan salah kan dari Quran dan Sunnah yang dibawa Rasul Muhammad ﷺ, sekarang mama kasih contoh.... kalau misalkan Rasul Muhammad ﷺ melakukan solat dengan gerakan yang salah, apakah kita tahu? Nggak kan? Yang kita lakukan hanya ikut dan mencontoh beliau ﷺ dan akhirnya kita pun akan ikut2an berbuat salah dan seluruh anak cucu dan generasi berikutnya juga salah. Makanya untuk urusan aturan dari Allah ﷻ dan pesan yang dibawa Rasul dari Allah ﷻ maka rasul tidak akan pernah salah dan mereka bebas dosa. Dosa adalah ketika seseorang melanggar aturan Allah ﷻ. Salah bisa terjadi dalam lingkup hal yang dibolehkan. Bisa ngerti nak?"

"I undertsand now, Mama"

"Sooooo.....The Prophet Muhammad ﷺ never  ever did any sinful things all his life??"

Duh..... masih belum selesai juga nih anak....

"Sejak beliau di angkat sebagai Rasul tentu tidak pernah lah" jawabku sederhana.

"What about when he was a child or when he was young?"

"Well.... kita ga bisa katakan itu dosa, kan petunjuk belum turun dari Allah ﷻ. Salah dan benar itu kan Allah ﷻ yang menentukan"

"But why did the angel open his chest and clean it when he was young? Doesn’t that show that he was not free of sins?"

Nah loh apa hubungannya???

Ternyata dia pikir karena Rasul Muhammad ﷺ belum suci hatinya makanya perlu di bersihkan.

"Itu sebuah miracle dari Allah ﷻ dan Allah ﷻ sedang menyiapkan beliau menjadi seorang Rasul. Istimewanya, beliau ﷺ tidak pernah berbuat syirik dan mengikuti perbuatan buruk yang banyak dilakukan kaumnya."

Seperti biasa Rumaysa menyela :"How did we get here?"

Kita berdua tertawa....

Moral of the story:

Kadang kita belajar dan dituntut untuk belajar lebih karena anak2 kita. Teruslah belajar, memahami, mengerti, mengamalkan dan penuhi hari2 kita dengan ilmu karena ilmu ini yang akan menjadi lentera dan penunjuk bagi jalan yang kita lalui di dunia. Penuhi Majlis2 ilmu apalagi dibulan ramadhan seperti sekarang. Disanalah para malaikat2 turun dan mengelilingi dan mendoakan siapapun yang hadir.

Kapasitas kita untuk belajar adalah karunia, kemampuan kita dalam belajar adalah ketrampilan dan kemauan untuk belajar adalah pilihan!

Umm Nusaybah
London - 23 Mei 2018

Comments

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam