Skip to main content

tentang ID fraud

  • Apaan tuh?

Have you ever heard about Identity Fraud? Hal ini lagi rame di Inggris..minggu lalu aku melihat program dokumenter di BBC yang isinya tentang maraknya ID fraud di negeri maju.

apakah itu ID freud? ID fraud bisa diterjemahkan sebagai pencurian/penipuan Identitas dari seseorang. pencurian yang akhirnya membuat si orang yang di curi identitasnya kehilangan privacy. ini bisa dilakukan dengan meng-kopi ID orang lain dan melakukan banyak transaksi atas namanya. akibatnya si orang yang kecurian harus menanggung segala konsekuensi yang sebenarnya dilakukan oleh orang lain. misal : membayar utang ke bank jutaan rupiah karena orang lain meminjam uang dari bank itu atas nama kita!

satu contoh:

hidup di negeri maju seperti eropa segala transaksi kebanyakan berhubungan dengan bank, wajar kalo kemudian hampir tiap orang punya bank account. untuk bisa memiliki bank account seseorang harus punya bukti kelegalan tinggal di Inggris dan bukti alamat bahwa dia tinggal di Inggris, mungkin dari surat legal (tagihan telpon, surat dari RS atau GP atau apapun). nah jika tidak memiliki hal tsb maka tidak mungkin seseorang bisa buka account di bank. so u can imagine, it's not as easy as in Indonesia.

inevitably, setiap orang yang punya bank account akan memiliki detail dan bank akan menyimpan data data kita, mulai dari nama (sure name dan first name), tanggal lahir, dan alamat.

setiap bulannya bank akan mengirim laporan account kita dan disitu tercantum sekian banyak data pribadi kita. suatu saat ada waktu dimana kita harus membuang kerta kertas tsb karena emang sudah gak diperlukan.

nah banyak kasus ternyata dimana warga inggris membuang kertas ini semaunya saja tanpa menyobek atau segala upaya untuk menyembunyikan detail info mereka. ini adalah pintu bagi para pencuri ID untuk kemudian beraksi. dan ini sudah banyak terjadi.

mereka akses bank account kita dengan cukup menggunakan nama dan tanggal lahir, setelah itu mereka bisa mengambil uang tabungan kita di bank dengan mudah dan sebanyak mereka mau!

next day kita akan melihat laporan keuangan dari bank bahwa kita telah melakukan transaksi sekian juta tapi sebenarnya pelakunya bukanlah kita but somebody else dan kita tidak bisa men-track back siapa yang telah melakukannya karena mereka pake ID kita!

Hal ini tidak hanya terjadi di dunia nyata, tapi juga dunia maya. banyak orang melakukan transakasi keuangan melalui internet entah itu online banking, ebay, atau transfer uang lewat internet ataupun segala macam bisnis....dan semua itu mengandung banyak resiko kaerna di banyak kasus.....para ID fraud ini bisa menjebol dan tahu password kita dan akhirnya melakukan transkasi jutaan, kembali atas nama kita!

ada juga yang akhirnya berhasil membuat passpor orang lain hanya dengan bermodal nama, date of birth dan mereka bikin akte kelahiran palsu dari orang lain....subhanAllah..bisa gak mbayangin ada orang lain yang nama dan tanggal lahrinya sama persis dengan kita????....semua ini terjadi karena terlalu mudahnya kita membagi private informasi di dunia maya....atau mungkin tidak hati hati dalam berinterkasi dengan orang asing...

semoga Ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak dengan mudah tell your private details termasuk first name dan surename serta tanggal lahir easily in the cyber world.

kalolah kita emang gak melakukan transaksi keuangan tapi tetep aja mereka bisa mencuri ID kita dan melakukan tindak kejahatan yang akhirnya siapa yang kena getahnya? kita juga!...so please please do becareful.....

Comments

Anonymous said…
tak kirain IDnya mas Freud?!?!?!?:D. Berhubung saya ga biasa transaksi lewat bank (*biasanya masih pake sistem ijon ;) ) jadi belum terlalu ngaruh dengan IDnya mas Freud....hehehe. Tapi bagus kok sharing info-nya :)
Anonymous said…
yang atas gw..
woi sistim ijon harammmmmm.. hehehe

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam