Skip to main content

Are You Chinese????!!!

Beberapa waktu yang lalu saat dalam perjalanan ke rumah muridku.....aku mampir ke toko Asia yang jual bumbu2 kari sekaligus telur impor yang berkualitas bagus,aku emang biasa beli disana, sekaligus beli chapatti (menu sarapan kesukaan suami)......tak lupa beli buah untuk the kids yang baru balik dari bangaladesh untuk berlibur...hampir 6 minggu gak ketemu, rasanya gak enak kalo gak bawa buah tangan saat kembali ngajar dan visit their house...akhirnya kuputuskan untuk beli buah apel gedhe2. nah pas mbayar dikasir itulah terjadi tanya jawab yang bikin dahiku mengkerut dan bertanya tanya dalam hati.....
si cashier bertanya kepadaku : so...are you buying fruits that originally come from your country?
sambil bingung aku jawab :...sorry?? i dont understand, which fruits are you talking about? and what country?...dalam hati aku bertanya.....emang apel itu buah asli mana ya??? dan apa hubungannya ama negaraku?? perasaan apel itu ada di negara mana saja....tapi emang apel yang aku beli ini jarang ada di Indonesia karena ukurannya yang gedhe dengan warna pink... jujur aku juga gak tahu darimana...
trus baru si cashier menjelaskan : these apples come from china and i guess you come from china...so are you chinese???
huwaaaaaa.....dalam hati aku ketawa ketiwi.....weleh...diriku chinese??? yang mirip apanya lagih??? hmm...kalo dilihat dikit emang sih bagian mataku agak berbau chinese karena daku bermata sipit ..cieee...tapi masak ada sih chinese berkulit coklat...hehe yang ada mah mungkin chinese nyungsep ke lumpur...huehue.....tapi baru aku nyadar kalo aku perlu meluruskan pendapat orang itu.....aku jawab ajaa : ooh...no...im not chinese, i come from indonesia....
si cashier sambil shock bilang : ooh....i see....
trus dia lanjutin ngasih kembalian uangku.....
itu adalah satu kejadian, ada 2 kejadian yang lain yang bernada sama.....waktu itu pulang dari rumah temen, kebetulan jam 3 sore adalah jam jam anak2 sekolah pulang dan keluar dari gedung mereka, kebetulan rumahku dekat dengan sekolah, bahkan bisa dibilang tetanggaan....nah pas pulang itu...tiba2 ada segerombolan anak2 laki laki kecil (Asian) sekitar usia 6-7 tahun.....tiba tiba dia menyetopku dan bertanya seolah olah gak pernah lihat makhluk seperti diriku...a boy asked me : hey miss are you muslim??....weleh nih anak aneh juga....jelas jelas pake kerudung dan jilbab kok ya masih nanya....aku jawab aja dengan jawaban aneh juga :yes of course (sebenarnya jawaban ini gak pas karena kata itu hanya bisa di pake kalo si penanya juga yakin akan jawabanku).....aku tanya balik: why??....dia jawab : nothing, so are you chinese??.....wacks! tambah aneh nih anak.....sambil tersenyum aku jawab sambil lalu : no i'm not chinese......
puiih....ada ada aja anak2 kecil ini, tapi habis itu aku bisa mengerti kenapa kok mereka nanya "are you muslim" karena memang mereka mengira aku chinese, dan chinese kan jarang2 ada yang muslim.......hehe..ternyata aku yang TELMI (telat Mikir)...
terakhir adalah kejadian waktu aku dalam perjalanan ke bus stop....di sebuah jalanan kecil aku ketemu dengan seorang muslimah, sepertinya asli somalia....tiba2 dia mengucap salam kepadaku, aku jawab dengan senang hati....tapi setelah itu....pertanyaan yang kembali mengusikku : are you from Philipine sis? or maybe china??......weleh ....yang ini mah gak kaget lagi....soale udah kesekian kali pertanyaan yang sama mampir di telingaku.....aku langsung jawab aja : no sis....i come from Indonesia, do u know where is Indonesia sis??.....dia jawab balik : where is it???....huwaaaaaaaaa.......kagak tahu.....apa Indonesia gak terkenal yah? seingatku sejak bom bali Indonesia jadi terkenal deh di dunia....hehe....trus aku jawab aja : do u know malaysia or australia?? ...dia jawab: yes...trus aku jelasin: Indonesia is close to Malaysia and Australia.....
habis itu kami berbincang sejenak tentang tempat tinggalnya dan juga kegiatan dia, cukup banyak yang kami bicarakan dalam waktu yang sangat singkat sampe akhirnya busku nyampe dan kami berpisah sambil mengucap salam....
well...well....well.....semua bikin aku berfikir....
1. apakah aku bener2 mirip chinese????hehe...pertanyaan yang gak ada gunanya untuk dijawab, emang kalo iya kenapa....kalo gak kenapa???weks!
2. apakah memang hidup di London, kota yang dipenuhi oleh para imigran ini adalah hal yang wajar untuk menanyakan daerah asal dan negeri nenek moyang mereka???
3. apakah memang muslim harus dibeda bedakan dari mana mereka berasal??...emang kalo mereka Malaysian maka mereka hanya bisa dan boleh kumpul serta dekat dengan sesama malaysian, kalo mereka bangladeshi juga demikian, dan kalo mereka Indonesian maka paling layak kumpul sesama Indonesian? ...wah kok jadi sewot nih??? anyway bukankah Rosulullah dulu tidak pernah menanyakan.....muslim dari bani mana kamu? muslim dari daerah mana kamu? muslim dari golongan mana kamu?? tidak dan tidak pernah sekalipun Rosulullah mencontohkan kita memilah milah muslim dari ras, warna kulit ataupun golongan...yang ada hanya satu :MUSLIM karena mereka punya Tuhan yang satu: Allah SWT, kitab yang satu : AL Quran, Nabi yang satu : Muhammad SAW...
so...mengapa kita sendiri yang mengatakan cinta kepada Rosul harus membeda bedakan diri kita sendiri?oh kamu dari partai A, aku dari partai B, gak mungkin kita sependapat, gak mungkin aku berteman dekat denganmu, gak mungkin aku mendengar nasehat darimmu, gak mungkin aku menerima hujjahmu...apakah demikain yang diajarkan Rosulullah? meanwhile, kebenaran pun bisa datang dari mulut seorang budak.....kebenaran bisa datang dari mulut si anak kecil yang belum baligh dan beraqal.....
wallahu 'alam apa yang ada dalam benak kita semua, namun satu hal yang bisa kita pelajari dari cara hidup Rosulllah....kalo beliau bisa hidup damai dengan orang orang kafir dzimmi (kafir yang tunduk pada sistem hukum Islam) then kenapa dengan saudara sendiri kita saling memaki, saling cemburu, saling bentrok dan saling menngunjing dan menyalahkan serta menuduh yang tidak tidak? tidakkah lebih baik jika kita mendengarkan dulu nasehat yang keluar dari saudara kita semuslim? tidakkah lebih baik jika kita mendengarkan dulu hujjah dan analisa mereka tentang diriku kita atau apapun?? tidakkah lebih baik emosi kita tekan dulu demi sebuah kebenaran???
ada sebuah kata kata bijak yang aku ingat : jika kau ingin mendapatkan ilmu, cobalah menjadi pendengar yang baik....karena mendengar adalah kunci pertama orang bisa bicara dan memperoleh informasi...
wallahu 'alam bishowab...afwan jiddan

Comments

Anonymous said…
Pendapat boleh berbdea dan kebenaran itu hanya MILIK ALLAH SWT.
Terkadang kita terlalu mudah mengambil kesimpulan tanpa mau menjelas kan dengan cara Bil Hikmah, the right time, the right place..and the right moment.

Any way...u are chinese?...:D
Ummu Aisyah said…
saya setuju Me, juga dgn anoymus..terkadang kita terlalu cepat mengambil judgement terhadap sodara kita seiman. Tanpa pikir panjang kita menyangka saudara kita tidak benar. Masya Allah, kenapa kita tidak menyimak informasi selengkap2nya lalu baru berikan nasehat. Dan nasehat itu ada baiknya di katakan dengan cara yang santun dan ahsan. Tidak secara berlebihan.Aa Gym bilang ada seni dalam mengkritik....yah the rigth time and the right place....wallahu alam ame sayang
Umm Nusaybah said…
@anonymous..jazakumullah udah berkunjung dan menyempatkan ngasih komen...byw i'm not chinese :P
@vera..yoi ver! oke deeeh....setuju juga aku..smoga kita bisa menjadi penasehat dan penerima kritik yang baik..amin
Anonymous said…
Assalamu'alaikum mbak amee..

Wah sekarang blognya tambah manis..penuh dg cinta...hem...
Kalau mau tahu mbak seperti cina atau nggak kasih foto dong..baru tau mirip cina atau emang asli Indonesia...
aku juga sipit lho, wah mirip cina nggak ya..he..he..

wasssalamu'alaikum
Hehe mungkin karena kita tinggal di negara yang multikultural yaa.. Kalo aku ditanya begitu sih, aku santai aja. Memang betul kalo RasulALLAAH tidak pernah menanyakan kalo si A dari Bani apa atau si B dari Bani apa. Tapi kalo buat aku pribadi, mungkin dengan mengetahui "asal" orang yang kita tanya atau yang kita tanya, kita bisa mengadakan PDKT yang emang cocok utk kultur dia. Itu kalo pendapatku ya. Anyway, kemaren waktu jalan2 ke mal (aku nyasar di lt. bawah sdg suami di lt.atas), aku naik lift bersama 2 orang anakku yang aku taro di troli belanja. Disana udah ada lelaki muda dan bapak sepuh di kursi roda yang dia dorong (kayaknya sih bapaknya). Bapaknya keliatan kalo Cina sedang dia keliatannya "Indo". Pas di lift, dia tanya: "Are Indonesian?" Aku jawab: "Yes, I am." Dia tanya lagi: "Javanese?" Aku jawab lagi: "Yes. How do you know?" Trus dia bilang kalo dia sempet beberapa main ke Indonesia spt: Jawa dan Sulawesi. Btw stl ketemu ama suami di lt.atas, aku tanya ama suami "Emang wajahku ini njawani ya?" Suamiku kebingungan. Mungkin dia mo jawab kalo wajahku emang wajah orang Indonesia tapi kalo wajah Jawa, emangnya kayak apa? Hehe...
Umm Nusaybah said…
@cik maisara ...hehe...discret potonya...nanti kalo dipasang banyak yang nakser doong...ops....lari diing....gak boleh ah udah ada yg punya

@emak achie....hehe..pengalamman yang sama....eh mirip ding..wis bengi mak..salah2 mau negtik....thanks eniwe vor fisiting (sengaja dibolak balik wek!...) hehe

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam