Skip to main content

I am back in Turkey again....Love it!

Rhoma Irama bilang "kalau sudah tiada baru terasa bahwa kehadirannya sungguh berharga"

well aku yakin gak hanya rhoma yang bilang begini...this is exactly what I feel in the past few weeks. I have been busy doing many things so that so relaxing and slowing down would be a 'hard' things to do....alhamdulillah the good thing is that Allah still grants me the Iman, health and also enough wealth (forget about excessive one) and now the second chance for me to enjoy a bit so called free-time, time to reflex and also time to re-charge the battery especially for the holy month of Ramadhan which just around the corner......inshaAllah moment kali ini penting banget disamping memang udah pingin banget break..therefore we are back to TURKEY AGAIIN!!!!!! hehe. and it has been 9 days I am actullay staying in Izmir, turkey and will fly back to Istanbul this sunday and stay for 3 days in Istanbul, so InshaAllah I will witness a different experince spending Ramadhan in turkey, London and inshaAllah backhome soon *_*

Selain 'urusan' kemarin belum selesai (maaf kalo details tentang urusan tidak bisa dipaparkan disini) but both me and my husband love the scenery and the warmth of Turkish people sooo much!

padahal aku udah rencana mau nulis dengan bahasa Indonesia sesuai EYD tentang perjalananku ke Istanbul Mei kemarin, but I just don't have time to sit, type and write properly, yang ada cuman nangkring di notepad doang.....but someday I will inshaallah..

by the way, saking banyaknya yang menarik bagiku tentang turki dan seluk beluknya, mungkin bagus juga kalau aku buat tips dan trik atau sekedar Kesan dan Pesan * perpisahaaaan kaleeee* so here they are:

Kalau mau ke turki (terutama dari eropa) make sure lewat Istanbul, dan kalau mau keliling turki, lebih murah berhenti di Istanbul dan cari domestic flight dari istanbul ke berbagai tempat, ada banyak flights diantaranya: Pegasus, Atlas Jet, Onur Air, Iz-air (khusus ke Izmir), itu aja yang aku hapal di luar kepala

Karena domestic flight, walhasil bahasa pengantar dalam pesawat paling sering bahasa turki meski ada sedikit sedikit campur inggris.

Kalau sampai Istanbul, jangan asal gelendeng troly untuk koper spt di bandara lain di eropa, karena setiap trolly harus diambil dengan uang alias bayar, murah sih sekitar 2,5 YTL (Yeni Turkish Lira)

Turkey bisa dibilang a safe country, so kalau berani bawa uang cash, why not? karena nilai tukar lebih bagus daripada ambil dari ATM, dan juga biaya ambil dari ATM luar negeri akan ditambahkan ke account kita.

Sekali ambil uang dari ATM, ambil yang banyak sekalian biar gak di charge bolak balik, karena ATM tidak menghtiung berapa jumlah uang yg kita ambil tapi berapa kali kita ambil. the more we withdraw the more we have to pay

di turki, Makanan melimpah ruah, buat penggemar daging, this place is your heaven! semua jenis rasa daging ada dan berharga murah.

rata rata makanan di warung (bukan restoran) sekali makan untuk satu orang berupa nasi dan sup daging atau spt kari daging cukup 5 YTL, kalau mau proper Kebab, kofte, shish, dll bisa sampai 10 YTL

aku saranin gak usah makan di restoran kecuali untuk event tertentu karena rasa di warung tidak kalah dengan rasa resto, yang beda cuman presentasinya dan juga mungkin tempatnya...sedang rasanya hampir sama, bahkan kadang resto lebih gak berasa bagi lidahku *maklum lidah ndeso*

Make sure you do proper research for the hotel, karena aku ketipu hampir 3 kali selama ke turki, diwebsite nampak bagus, pas lihat di kenyataan, huwaaa.....bad place to stay. kayaknya Star 3 is reasonable untuk para holiday maker yang punya budget ketat.

Kalau mau belanja, mendhing ke pasar dan bukan shopping centre, biasalah masalah harga....memang mungkin harus lebih payah muter muter tapi juga worthwhile....bener deh!

kalau emang mau ke pasar/market/ bazaar, make sure you bargain alias 'nawar'. dan untuk foreigner, nawarnya harus pakai jurus RAJA TEGA!!! potong harga 50% kalau gak terima, tambah 5 YTL maksimum 10 YTL, habis itu pura puralah tak terlalu menginginkan barang yang kita inginkan....then they will submit to you.

Masjid ada di mana mana, so gak perlu khawatir untuk wudhu dan ke kamar kecil. but I wouldn't suggest ke kamar mandi umum karena dari pengalamanku berkali kali, aku 'ngeri' menapakkan kaki ke KM, kebersihannya kurang terjaga, which is ashamed.

Adzan akan terdengar di setiap sholat 5 waktu which is beautiful dan istimewa buatku

Ke Kamar mandi pun gak perlu bawa botol air atau ceret berisi air seperti di negeri barat, kenapa??? karena design dari toilet-nya sudah dilengkapi dengan kran air yang bisa memancarkan air...so it's two in one toilet I called it.

Tentang orang orangnya, secara umum mereka benar benar seperti orang barat, di Izmir ( area aku tinggal selama 10 hari) sedikit kudapati muslimah berjilbab dan ber-khimar (kerudung). Indo lebih top dari sisi ini. tapi deep down they are very nice people.maksudnya sekali kita kenal dan bicara sama mereka, they are warm and full of respect.

Jika pergi ke taman taman jangan kaget kalau 'pacaran dan bermesraan' ditempat umum menjadi fenomena biasa. lebih parah dari Inggris menurutku! di Inggris orang berciuman di bus, dan lain lain memang biasa tapi orang memandangnya sedikit 'nakal'. totally its only from my point of view

Jika tahu kita muslim maka they will treat us like their best friend bahkan mereka akan memuliakan kita.

Denger denger dari sumber yang kurang bisa dipercaya, hehe, kebanyakan practicing Turkish sisters memilih menikah dengan Non turkish karena konon kabarnya banyak lelaki turki minum Khamr (alcohol). well...aku melihat sendiri, bar dan tempat maksiyat penuh dengan pemuDA dan pemuDI turki....so dunno if it's right. Hayo bujang indo coba coba deh, sapa tahu jodoh dengan gadis turki yang mashaallah cuuuuanttttikkkkk minta ampun!

Dan konon sebaliknya, sekali lagi KONON! practicing Turkish brothers lebih memilih Non Turkish woman karena banyak turkish muslimah yang gak practice Islam. Jangan kaget kalau jilbaber dan hijaber lebar, hitam dan panjang akan menjadi perhatian massa, apalagi kulit gelap, sawo matang dan mata sipit, barang langka dan patut di'perhatikan' hehe.

Jangan lupa minum Turkish tea dengan gelas kecilnya yang khas Jangan lupa bawa turkish delight (semacam manisan) kalau balik kampung Jangan lupa mencoba makan LAHMACUN, uenaaak tenan!! my fave bo! Jangan kaget kalau gambar Kemal Pasha Ataturk dimana mana bahkan di setiap duit Lira yang kita pegang

Kalau main ke Istanbul jangan lupa tempat2 seperti, Blue Mosque, aya sophia, Dolmabahce palace, Topkapi Palace, Sulaymani Mosque, New Mosque, Galata tower, Suspension bridge between Asia and Europe,Grand Bazaar, Spice Bazaar, Fatih Area, Old city, Bosphorus sea dan juga Taksim area.

Jangan kaget kalau turis di Istanbul lebih banyak terlihat didepan mata daripada penduduk lokal

Tempat wudhu dan juga tempat air minum ada dimana mana....ini peninggalan Ottoman Empire.

Kalau bisa pelajari sedikit bahasa turki sebelum travelling supaya mudah karena I found that it's not many ordinary Turkish people can speak English. Kalau bisa bahasa arab then you will be survive longer and better karena banyak orang arab juga di turki terutama dari Syria, Iraq dan Libanon.

oh iya terakhir, kalau mau tinggal di hotel Istanbul, pada umumnya mereka menawarkan service gratis jemput dari airport ke hotel jika tinggal lebih dari 3 hari, dan jika lebih dari 6 hari gratis antar kembali ke airport.

Kayaknya baru itu deh yang muncul di benakku......

finally, would I suggest anyone to visit Turkey?? 110% YES!!! apalagi kalau tahu sejarah islam, ottoman Empire, Sultan Muhammad Al fatih dan juga sejarah Keruntuhan Khilafah then it will mean a lot to you!

Comments

Shanti Fahlevi said…
Mbak Amee, yang pengen ke Turki suamiku tuh, tapi aku kok belum berminat, karena baca-baca kok kelakuan turkish ga islami, macam yang mbak tulis, pada mabok n kalo ramadlan ga puasa.. tapi kok katanya turki itu indah.. pasang foto-fotonya donk.. biar lebih tertarik gitu..hehehe..

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam