Skip to main content

Perjalananku ke Turki (Part IV) - Ephesus

Cuaca: Hujan dan dingin, jam di dinding menunjukkan pukul 01.30am, dini hari di Rumah sakit

Hari ini sepi sekali, semua pasien tertidur pulas. kayaknya udah 10 hari gak update blog...yah.capek, sibuk, dan alasan alasan lain yang mengalahkan pentingnya nge-blog dan ngempi, meski sebenarnya kadang ngeblog dan ngempi bisa jadi hiburan tersendiri.

Anyway,mau ngelanjutin kisah perjalanan ke turki....gak tahu sampai edisi berapa, tapi yang jelas, ingin aku tuangkan pengalaman ini biar bisa jadi cerita anak cucu.

so, terakhir adalah kisah perjalanan kami ke Ephesus, Poto selama mau naik ke pegunungan dan tempatnya Virgin Mary ada di SINI. btw..Ephesus adalah sebuah peninggalan kerajaan romawi di jaman bizantium / konstantinopel *hayo masih inget gak di pelajaran sejarah* Aku sendiri bukan ahli sejarah Romawi, tapi menurut tour guideku, bangunan ini dibangun di tahun2 sebelum masehi alias sebelum Nabi Isa dilahirkan. Romawi serta persia adalah negara adidaya yang memimpin dunia dan di kagumi kejayaanya dimasa itu, kalau sekarang US dan Inggris kali yah??.namun benar adanya sabda Rosulullah SAW bahwa negara itu akan ditakhlukkan oleh tentara kaum muslimin dan sekarang terbukti adanya...Konstantinopel ditakhlukkan oleh Sultan Muhammad AL Fatih di jaman kekhilafahn Usmani dan sekarang berganti turki dimana kekhilafahan terakhir berada and Romawi hanya tinggal puing puingnya saja.

Tersebut di dalam Hadis:

Rasulullah saw. pernah ditanya, “Kota manakah yang dibebaskan lebih dulu, Konstantinopel atau Roma?” Rasul menjawab, “Kotanya Heraklius dibebaskan lebih dulu, yaitu Konstantinopel” (HR Ahmad, ad-Darimi dan al-Hakim)

So gak banyak komen tentang Ephesus karena aku bukan pengagum sejarah Romawi, tapi berkunjung kesana benar benar membuak mataku betapa di jaman dahulu negara adidaya sekuat apapun bisa hancur.....hampir2 mereka membangun semuanya dari batu marmer untuk menghadang gempa bumi dan juga melubangi bebatuan untuk berlindung.....nyata nyata yang begitupun juga hancur....

Yang jelas, jika ingin berkunjung ke Ephesus ada beberapa bagian yang layak di lihat dan layak dijadikan tempat mejeng...poto gitcu! diantaranya:

The Library of Celsus, whose façade has been carefully reconstructed from all original pieces, was built ca. AD 125 by Gaius Julius Aquila in memory of his father, and once held nearly 12,000 scrolls. Designed with an exaggerated entrance — so as to enhance its perceived size, speculate many historians — the building faces east so that the reading rooms could make best use of the morning light. A part of the site, St. John's Basilica, was built in the 6th century AD, under emperor Justinian I over the supposed site of the apostle's tomb. It is now surrounded by Selçuk.

The Temple of Artemis, one of the Seven Wonders of the Ancient World, is represented only by one inconspicuous column, revealed during an archaeological excavation by the British Museum in the 1870s. Some fragments of the frieze (which are insufficient to suggest the form of the original) and other small finds were removed – some to London and some to the Archaeological Museum, Istanbul. Other edifices excavated include:

The Odeon - a small roofed theatre, constructed by Vedius Antonius and his wife in around 150 A.D. It was a small salon for plays and concerts, seating about 1,500 people. There were 22 stairs in the theater. The upper part of the theatre was decorated with red granite pillars in the Corinthian style. The entrances were at both sides of the stage and reached by a few steps.

The Temple of Hadrian dates from the 2nd century but underwent repairs in the 4th century and has been reerected from the surviving architectural fragments. The reliefs in the upper sections are casts, the originals being now exhibited in the Selçuk Archaeological Museum. a number of figures are depicted in the reliefs, including the emperor Theodisius I with his wife and eldest son.

The Temple of Domitian was one of the largest temples on the city. It was erected on a pseudodipteral plan with 8 x 13 columns. The temple and its statue are some of the few remains connected with

The Theater - At an estimated 44,000 seating capacity, it is believed to be the largest outdoor theater in the ancient world The Tomb/Fountain of Pollio - erected by a grateful city in 97 AD in honor of C. Sextilius Pollio, who constructed the Marnas aqueduct, by Offilius Proculus. It has a concave facade.

Semua keterangan ini bisa di dapat di SINI

Personally, yang paling menarik dari sekian banyak tempat dari Ephesus adalah Grand Theatre dan The Library.....megah dan nampak sekali seperti bukan bangunan yang didirikan sebelum masehi.....grand theatre dipakai untuk pertunjukan gladiator yang spectatornya diperkirakan lebih dari 40.000 dijaman dulu rek! what a incredible design.....trus di jalanan menuju grand theatre ada yang menarik....bekas tapak kaki wanita dijaman dulu dan diatasnya bergambar hati dan sebuah lubang koin, ternyata itu simbol 'advertising' alias peng-iklan-an untuk mencari jodoh...kalau sekarang sih bisa dibilang situs matrimony atau situs biro jodoh gitu deh...kalau ada yang bisa memenuhi lubang itu dengan uang maka dialah pangeran tadi.....*jaman dulu kok udah ada cewek matre yah?*

Anyway..sepulang dari Ephesus, kita makan siang, capek juga sih jalan menapaki kerajaan romawi....setelah makan siang kami di ajak masuk ke sebuah rumah produsen karpet turki yang terkenal cantik dan mewah.....subhanAllah..bener bener gak mbayangkan kalau cara pembuatan karpet tuh se-njlimet dan selama itu....ada karpet yang dibikin selama 2 tahun dan itu di rajut tiap hari.....karena semuanya pakai gak mesin melainkan pakai tangan.....kami juga ditunjukkan segala macam jenis karpet dari seluruh bagian turki, mulai dari utara ke selatan dan timur ke barat..semuanya punya ke-khasan sendiri.....bahkan ada juga karpet yang diproduksi khusus untuk Windsor Castle (salah satu istana di Inggris) dan juga karpet istimewa terbuat dari sutra yang berubah warnanya jika kita melihatnya dari berbagai sudut!

Hasil jepretan karpetku ada di SINI

setelah selesai dan puas melihat produk karpet, meski sayang banget gak bisa beli, kami melaju ke museum Ephesus, dimana hasil penemuan langka di abadikan di Musium ini, semisal patung2 romawi dan persenjataan....I didnt enjoy that much over here, boring dan sangat tidak menarik untukku yang gak suka sejarah...but of course enjoy banget kalau disuruh poto...hehe...yang penting udah mejeng di depan museum.hehe..

selanjutnya kami pergi ke produsen jaket....baru tahu kalau ternyata tour package ini kerja sama sama tukang jual karpet dan jaket kulit...tapi tak apalah..no regret karena ternyata jaket kulit disini istimewa...kata si produsen, Gucci, Dolce Gabbana dan semua merk ternama pesannya ke mereka, trus di impor ke eropa dan tinggal ngasih lebel aja....huwa....cuman beda stempel doang doong....eh tapi emang bener, mulai dari model, warna dan jenis kulitnya muuacem2...tertarik juga untuk beli ternyata..alhamdulillah kita bisa nawar dan dapat diskon sampai 75% bo!!!! percaya apa nggak...jiwa bakul-ku muncul kala itu..so dengan tega aku banting harga sampai 75%...eh lha kok dikasih...yah emang udah rezeqi.....akhirnya kami berdua pulang membawa kambing....eh kulit kambing ding yang berupa jaket dan jujur masih bau kambing!!!! haha

At the end....kami harus drop salah seorang anggota tour ke Kusadasi...area yang cukup jauh dari Izmir, namun terkenal dengan keindahan pantainya...sebuah kota kecil yang menawarkan pemandangan lautan lepas....aku gak smepet turun karena memang sang sopir buru buru....setelah penumpang turun, kami melaju kembali ke Izmir....dan seperti biasa, aku tertidur pulasssss di dalam perjalanan sampai ke Izmir....di Izmir hampir maghrib dan langsung deh pulang ke hotel dan terkapar tidak berdaya

Kisah selanjutnya perjalananku ke Istanbul!!!!!!

Bersambung

Comments

Anonymous said…
Wuiih... mantapp bu postinganny bu. Jd pgen nambah. dtnggu lanjutan critanya. eh itu kambingny di ikat gak? siapa yang pake baju "kambing" eh kulit kambing eh jaket kambing.

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam