Sunday, 31 May 2009

Menikah dengan pria non pribumi?

Tulisan ini terinspirasi dari sebuah program Talk show di TV yang berjudul Mail-Order Bride. tahukan arti dari judul itu? artinya sebuah pencarian seorang pangantin perempuan yang bisa dipesan dari sebuah Mail/ surat. kalau sekarang sih mungkin lebih keren dengan memakai E-mail. ini terjadi di USA, dimana banyak laki laki Amerika yang tidak bisa menemukan jantung hatinya di US entah karena memang mereka tidak cocok dengan wanita amerika, atau mereka tidak PD atau alasan lainnya. akhirnya para pria ini mencoba cara baru dengan memesan (order) pengantin wanita dari sebuah agen yang sudah punya sekian banyak list dari wanita Rusia yang bersedia menikah dengan pria Amerika.

Aku pikir fenomena ini bukanlah fenomena baru...bahkan di indonesia pun kini makin marak....banyak wanita Indonesia yang menikah dengan pria non pribumi....entah itu pria berkulit putih (baca: bule) pria berkulit hitam, pria Asia, eropa timur, Turki, timur tengah (alias arab) ataupun Central asia. cara mereka berproses pun bermacam macam, ada yang dikenalin teman, atau sedang belajar di LN kemudian end up stay for good, lewat chat toom, lewat facebook lewat Forum diskusi atau mungkin biro jodoh. Yang menarik dari diskusi di TV yang aku lihat adalah beberapa argumen yang dimunculkan dan stereotype tentang seorang wanita dari negara berkembang (developing country) yang menikah dengan pria dari Developed country (negara maju). Apalagi kalau proses itu mereka dapatkan dari internet....ada beberapa steriotype yang muncul:

Wanita itu desperate pingin kondisi ekonomi yang lebih baik makanya siapa saja asal dari negara maju akan dia nikahi. so kadang meski harus menikah dengan pria yang usianya 2 kali usia sang wanita tetap saja tak ada masalah.

Wanita itu hanya mendapatkan green card/ Permanent Residence di negara maju.

Wanita itu memang udah benar benar desperate untuk menikah secepatnya, so whoever the husband is, it doesn't really matter

Alasan klasik: Love!

Jujur...komen komen tadi terdengar kejam di telingaku. Memang fenomena ini adalah fenomena baru seiring dengan kemajuan tehnologi....aku percaya bahwa tiap orang memiliki alasan personal untuk bisa dan mau menikah dengan orang non pribumi.....karena kehidupan di negara yang baru dengan orang yang memiliki latar belakang yang sangat berbeda dan dengan bahasa dan lifestyle yang baru tidaklah mudah....satu sisi wanita ini harus meninggalkan sanak saudara yang mereka cintai....tanah kelahiran dan segala keindahan tanah airnya demi ikut suami....lagi lagi ini memang bagian dari lika liku menikah dengan orang non pribumi.....meski tidak mudah, toh makin banyak gadis2 yang berminat dan membuka lebar peluang terjadinya hal ini, coba lihat beberapa situs biro jodoh Internasional, you will find a lot of Indonesian girls who would like to try her luck .....

apakah gadis ini termasuk dalam 4 kategori diatas? secara pribadi aku gak tahu dan aku tidak perlu peduli karnea itu hak mereka sepenuhnya...namun apapun alasan mereka tidak seorangpun berhak berprasangka buruk terhadap mereka......bagiku pribadi, asalkan cara cara yang mereka gunakan tidaklah melanggar syara' then why not.....Bisa jadi Allah memang menjodohkan dia dengan orang yang tidak pernah mereka temui.....

Ada beberapa tips buat yang tertarik menempuh jalan ini...cie:

Niatkan dari awal, tujuan kita menikah adalah menyempurnakan Diin dan meraih ridho Allah!

Selalu siapkan bekal tawakkal sejak dimulainya usaha pencarian jodoh.

Ijin dari ortu sangatlah penting, jika anda berniat untuk menikah dengan orang non pribumi sosialisasikan ini jauh jauh hari sekaligus kemungkinan untuk pindah ke negeri lain supaya tidak terjadi kekecewaan di kemudian hari.

Gunakan sarana yang halal semacam biro jodoh atau melalui teman yang bersuami.Chatting dan forum bagiku kurang Islami karena disitu ada banyak interaksi yang kadang diluar hajjah Syar'i (kebutuhan yang dibenarkan Islam)

Ketahui batasan batasan syara' (islam) tentang pergaulan laki laki dan perempuan di dunia maya dan dunia nyata

Percepat proses Khitbah supaya barakah

Usahakan agar khitbah bersifat secretive karena memang secara syar'i khitbah (pertunangan) tidaklah untuk disiarkan semacam walimah/pernikahan.

Make sure you know the status of the person you will marry in the country where s/he lives.

Jika anda memutuskan untuk menikah dan pindah ke negara lain make sure you prepare mentally and physically.

Make sure you know the official information regarding the process of how to move to the new country, the visa issue, documents needeed, etc

dan yang terpenting, search dan find Muslim community in the area where you will live in, kalau perlu cari kontak sebelum kepindahan anda....

Kayaknya aku lagi ngelindur nih.....bangun aaaah! sorry nih kalau udah ngelantur karena kayaknya sebagian besar contact list-ku are married!

4 comments:

Ina-Nabila said...

Wah mbak amee kayaknya makin memberi angin segar buat para gadis2 yg sedang mencari bule ...

fiabrotodhona said...

Postingnya bagus banget nih buat para cewek yang sedang mencari jodoh. Mesti diikutin nih tips-tipsnya.

Dhona
http://keluargabroto.com

nidya said...

wah tipsnya kenyen buanget,kebetulan lagi coba pedekate ma orang timur tengah,niatnya wat sama - sama saling ingetin dalam agama,moga ja g putus tengah jalan.

Agus Sodikin said...

Assalamualaikum maaf jika lewat tempat ini saya publikasikan kisah sukses saya.. senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusahaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusahaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusahaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadaikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan Danah Gaib 3M dari MBAH SUROPALA dan akhirnya saya menghubungi beliau. Kata MBAH SUROPALA pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan Danah Gaib. Tanpa pikir panjang semua petunjuk MBAH saya ikuti dan hanya 3 hari. Alhamdulilah akhirnya danah gaib yang saya minta benar benar ada di rekening saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya silahkan minta bantuan kpd beliau karna cuma beliau yg behasil membantu saya telpon MBAH SUROPALA di nomer +6285~319~483~234 semoga bisa bermanfaat kpd anda.