Skip to main content

Ndesonya Diriku

Suatu pagi waktu aku dinas di Rumah sakit....

aku: "morning Carol (bukan nama asli)" *meski usia pasien yang satu ini diatas 80 tahun tapi untuk panggilan keakraban, kami para staf gak pernah manggil Mrs X atau dengan panggilan nyonya / madam / ibu seperti budaya timur*

Carol: "Morning Darling" biasalah di sini para nenek dan kakek selalu memakai kata magic DARLING untuk memperhalus segala sesuatu, aku sih seneng seneng saja....

aku: "How are you feeling today? better? did you have a good sleep last night?" berondongku

carol: "yeah, I am allright, not too bad, the night was okay but I feel a bit weaker today, so are you working long day again today" keluhnya

aku: "yes darling" (gantian aku ikut ikutan ngobral kata sayang..hehe)

setelah absen satu per satu pasien di pagi itu sekaligus tanya kabar mereka aku mulai rutinitas kerjaanku.....sampai akhirnya jam makan siang masuk....petugas pengantar makan dengan trolly-nya (domestic worker) udah masuk bangsal...mulailah kami para staff berkeliling menawarkan menu hari itu dan mempersilahkan mereka memilih menu....

daftar menunya susah banget untuk aku ingat, karena jenis makanannya selalu pakai kata kata aneh menurutku tapi sebenarnya penampakan makanannya sederhana saja..mungkin karena makanan-nya bukanlah makanan yang biasa aku makan...banyak english menu gitu loh.....tak jarang aku salah sebut dan pasien bilang "what is that? what kind of food is it?" huwaaaaaaaaaaaaaaaa......but recently aku temukan cara baru....si domestic worker ngasih list menu tiap hari *kok gak dari dulu tho mbak mbak....bikin puyeng aja*

akhirnya sampailah ke carol, dan hari itu carol gak tertarik sama sekali dengan menu yang tersedia:

carol: "oh...no....I don't want anything from the trolly, please just give me toast, butter and marmalade"

aku: Grubyak*^%%$$£@@@@, aku tahu toast, butter, tapi marmalade? seumur umur belum pernah denger...dalam benakku bertanya tanya, apakah itu marmalade? minuman kah? jenis roti kah, atau apa? tanpa tanya lagi aku meluncur ke dapur, nyiapin toast, sambil nunggu toast aku keluarin butter, saat yang sama otakku masih muter dan bertanya tanya apa itu marmalade, akhirnya aku putuskan kembali dengan toast dan butter diatasnya tanpa marmalade.......carol nanya lagi

"where is the marmalade darling"

aku bilang aja: "I am not sure I've seen the marmalade, Carol" *lah kan bener aku gak ngelihat karena aku gak tahu apa itu yang disebut marmalade* tauriyah dot com

carol: "are you sure? check again your fridge, you must have marmalde in your fridge"

waduh nenek satu ini kok ya ngeyel tho.....lagian yakin bener sih kalo di kulkas kami tersimpan marmalade. akhirnya aku ngalah, balik lagi ke dapur, tak obrak abrik itu kulkas......kutemukan semangkuk jeli terbungkus kotak kecil kecil....ku bolak balik, ada yang berwarna merah, ungu (blakberry) dan orange...duer!!!! nah yang orange tadi tertulis di tutup atasnya MARMALADE. ini dia yang kucari....

akhirnya aku kembali ke carol sekaligus menyuguhkan 3 box kecil mrmalade. (gak tanggung tanggung bo! biar besok gak minta lagi...haha)

aku: " there you go, your marmalade carol"

carol: "ooh...thank you very much darling, finally you find it"

dalam hati: dasar ndeso bin katrok-nya diriku. Thanks to carol yang udah ngajarin kosakata baru hari itu yang layaknya sudah diketahui seorang anak umur 5 tahun!!!!!

==================================

Lain carol lain Julia (juga bukan nama Asli)

pas aku tawarin makan siang, dia gak mau menu yang tersedia, dia cuman pingin jelly dan custard....SubhanAllah......please don't laugh at me yah para pembaca...aku emang ndeso buuanget dalam hal makanan, apapun yang ada di depanku itulah yang aku makan, gak pernah deh aku punya cita cita makan di restoran ini dan itu atau makan menu ini dan itu...never bin gak pernah!! tapi kalo urusan tekhnologi I am a bi mad.....so...akupun gak pernah makan custard karena katanya gak enak......kata siapa yah?? lupa wis...

so hari itu julia pingin custard.....aku pun celingak celinguk mana yah yang disebut custard.....bisa mbayangin gak, nyuguhin makanan tapi gak tahu which is which.....cuciaaaaan deh! akhirnya aku request aja sama domestic worker, "could you help me mam, bed 16 only wants a bowl of custard please",biasanya sih kita ambil sendiri dan serve sendiri....tapi hari itu aku pake trik ini suapay tanpa ketahuan blo'onnya aku tetep bisa ngelayani pasien, wakaka....setelah dia ambil mangkuk, dia ngambil secawan cairan kental sejenis cream warna kuning dari dalam jag (ceret) ...dalam hati..oalaaaaaaah ini tho custard...sejak hari itu aku gak pernah lupa nawarin menu custard and apple pie ke pasienku.......hehe...

================================

Dan kejadian memalukan yang terakhir adalah ketika pasienku meminta bantuanku mengambilkan Commode, huwalaaaaaaaaaaah....ono ono wae...berhubung semua istilah barang barang di RS ini baru sekali dan beda banget ama jaman aku kerja di Indo dulu akhirnya aku sendiri yang kebingungan....lagi lagi, aku gaya sok cari cari info....pas aku lagi jalan ngalor ngidul acting cari commode, aku denger nurse sedang panggil panggil asistennya tuk ngambil-in commode dan menaruhnya di Kamar mandi......aku intai si petugas tadi dan barulah aku tahu kalau commode tuh kursi roda yang ada toilet seat-nya. oalaah.....kalo barang itu mah wis weruh aku, malah dulu ibuku pernah punya tapi aku nyebut-nya portable toilet...itu kata penjulanya loh...yah aku kan percaya aja kata si penjual....ternyata nama yang bener commode

Picture taken from google.

Comments

Ina said…
Funny... :D
Tiap hari jadi ada pengetahuan baru ya mbak :)
ummu raisah said…
"hehe....jangan makan custard, mustard...ga enak....lidah ku indonesia banget siy...." ^_^
Anonymous said…
Sometimes we must thanx to that unforgetable incidents. Take n0 m0ney to get the learning;). Easy 2 remember ,un4getable n easy 2 learn. I am sure s0me of us take that learning too ..Keep on sharing ur st0ry sist. Ur experience may Not be ours ,but when u told us it can b ours too. So,don't b shame of that feeling. *hug you* HAPPY WELC0MING A HIJRIYAH NEW YEAR to all . It's time 4 real muhasabbah 4 us.
Anonymous said…
Cerita yang seru....!
Pembelajaran yang asyik ya....
Indah Moidady said…
hehehehe...
asyik... dapat ilmu ngeles dari kak amee... wakakakak... :D

Peace...
Anonymous said…
Ada banyak pelajaran yang dibisa dipetik ya dari ndesonya kita. Aku juga sering nih ngerasa ndeso banget.
Anonymous said…
Seru ya mba ceritanya...hihi kadang emang gt kerja ditempat yg baru nambah pengalaman ada yg lucu dan ada yg bikin malu hihi...
Anonymous said…
wuaa..dari 3 yg disebut, aku cuma tau 2..brarti aku jg ndeso dong ya mba?..hiks..
mochie said…
Halo Amee...Slm kenal, whoah...Dari 3 ndeso things itu yang aku tau juga cuma 2, jadi masih 1/3 ndeso yah...Huehehe

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam