Skip to main content

Diskusi dengan penganut christianity

Assalamualaikum all...
I'm BACK!!
maaf sekali udah 7 bulan ku anggurin blog ini...kuuangen deh bisa nulis nulis lagi...
yup update terbaru...ibune Nusaybah ini udah mulai balik kerja, pindahan rumah dan juga baru selesai nge-host saudara kembarnya yg datang dari Canada...alhamdulillah bisa ketemu keponakan laki2 yg udah 4 tahun dan keponakan perempuan yg sudah hampir 2 tahunan dimana terakhir ketemu adalah saat dia masih bayi....
we had such a great time together....menyusuri jalanan dengan mobil ber-5. aku yang nyetir, ummu nya adam duduk di sampingku, anak2 (zaynab, Adam dan Nusaybah) duduk di belakang....selama lebih dari 2 bulan mereka tinggal disini dan 3 hari yg lalu mereka dah balik ke Vancouver....Alhamdulillah sampai dengan selamat.
Desember lalu aku juga repot pindahan rumah, berhubung gedung lama kita mau di demolish krn dekat dg area dimana olimpiade 2012 akan diadakan, maka mereka dengan 'paksa' re-house kita...alhamdulillah skrg udah pindah ke rumah yg lebih gedhe, fasilitas yg memadai dan gak harus berbagi pintu masuk krn skrg kita tinggal di House (rumah) bukan lagi Flat/ apartemen seperti sebelumnya....Alhamdulillah...
Mid desember aku juga udah balik kerja....kali ini cuman seminggu sekali (12 jam shift)...alhamdulillah manager ngasih ACC tuk aku kerja part time sekaleee....so Nusaybah gak harus di urus orang lain..pas aku kerja suami off dan pas suami kerja aku yg off....kalo dulu semasa aku masih kerja full time aku harus kerja 3/4 shift seminggu, rasanya gak sanggup deh dengan adanya anak trus musti kerja 37.5 jam seminggu....gimana gimana tugas utama kita kan menjadi ibu dan pengatur Rumah tangga...makanya aku putuskan tetep kerja tp seminggu sekali krn disamping bisa bantu aku broaden my knowledge and improve my English, kerja juga bisa sedikit dikit membantu menambah uang saku kalo mau pulkam ke Indonesia...hehe...*pulang mlulu nih pikirannya*
kali ini aku ingin posting sebuah diskusi yg terjadi di tempat kerjaku pas aku lunch break.
2 orang laki laki dan 1 perempuan dan aku sedang di ruang staff.....berhubung kursinya ditata melingkari ruangan spt ruang tunggu mau gak mau kita harus duduk berhadap hadapan.....pas enak2nya makan seorang dari mereka memulai pertanyaannya, sebut saja namanya John:
John: "boleh aku bertanya?"
aku: "boleh silahkan"
john:"apakah di dalam Islam itu, jika seorang wanita sudah menikah dia harus memakai kerudung? dan yang belum menikah tidak harus memakai kerudung?"
dalam hati aku sedikit senyum, begitu jauhnya pengetahuan mereka ttg Islam dan sebagai seorang Muslim, ini adalah salah satu tanggung jawabku untuk menjelaskan Islam yg sebenarnya.
aku: "ah nggak juga, kerudung (headscarf) harus dipakai orang wanita muslimah entah dia menikah ataukah tidak. so kerudung tidak ada hubungannya sama sekali dengan pernikahan. ini adalah sebuah kewajiban bagi seorang wanita muslimah dimana dan kapan saja"
john:"tapi aku sering melihat ada wanita muslimah gak memakainya, kenapa ?"
aku:" yah yang tahu alasan dengan pasti adalah orang tersebut tapi secara umum, ada kan pemeluk agama yang practice their religion dan ada juga yg nggak. semisal di agama kristen kan ada juga yang tidak pergi ke gereja, tidak ikut aturan2 kristen. sama juga dengan itu....ada muslimah yang mengikuti aturan Islam dan ada yang nggak. tapi kalau mereka mau mengikuti aturan Islam (dimana ini yang seharusnya) mereka semestinya memakai kerudung.
john:"ooh oke, paham deh. alasan aku bertanya kepadamu karena aku punya cewek seorang Muslim, dan aku ingin menikahinya tapi dia bilang kalo aku mau menikahinya, aku harus menjadi muslim dulu, makanya dia ngajarin aku baca quran, dan sholat, tapi susah sekali..nggak bisa deh! pokoknya I can't."
aku:"iya memang kalo perempuan muslim tidak boleh menikah dengan laki2 non muslim, tapi dia juga tidak boleh memaksamu masuk islam, so are you muslim now?"
john:"NO! aku pun mau masuk islam karena aku ingin menikahi dia dan dia berjanji setelah kita menikah, dia akan ikut aku menjadi kristen"
aku:"jadi setelah menikah kamu akan kembali kristen? karena kalo demikian, sama saja pernikahanmu tidak valid dalam pandangan Islam" dengan dada bergemuruh aku bertanya
john:"yeah of course! tapi istriku nanti juga akan menjadi kristen jadi gak masalah"
aku:"so what's the point dong istrimu ngajak kamu Islam?" aku juga bingung sama si calon istrinya itu?
john:"makanya aku juga bilang ke dia, kenapa gak sekalian aja kamu kristen dan kita nikah dengan upacara kristen? dan ternyata keluarganya bakal marah marah dan gak mengijinkan itu terjadi, so we are doing it for the sake of her family"
aku:"oooooh" dengan rasa berkecamuk plus ngenes.
john:" lagian kenapa sih kok saling berbeda, toh kita sama sama menyembah Tuhan, kenapa kita gak bersatu saja?"
aku:" iya memang kita sama2 percaya Tuhan tapi aku tidak percaya bahwa Jesus adalah Tuhan, thats my problem. I beleive Jesus is the Prophet of God. sedang engkau percaya bahwa Jesus if Son of God, iya kan?"
john:" iya Dia adalah Son of God, bagian dari trinitas. dan kamu percaya atau nggak, sebenarnya Dia sudah di salib dan mati untuk menebus dosa2 kita termasuk dosa dosamu karena kita manusia akan selalu berbuat dosa"
aku:"wah masalahnya dalam kitabku Quran dikatakan bahwa yg disalib itu bukan Jesus, tapi justru musuhnya Jesus yang kemudian oleh Tuhan dimiripkan spt Jesus supaya ditangkap dan di hukum, sedang Jesus sendiri diangkat oleh Tuhan ke langit, dia tidak meninggal dan nanti akan kembali ke bumi"
john:"iya memang jesus akan kembali ke bumi, tp yang disalib itu Jesus!"
aku:"boleh nggak aku bertanya? ttg konsep keTuhanan trinitasmu?"
John:"boleh saja silahkan"
aku:"Pernah nggak di dalam Kitab Bible mu Jesus mengatakan 'Sembahlah aku'? setahuku gak ada, yang ada justru Jesus meminta Gof Father untuk membantu dia saat disalib (kalo memang benar dia disalib) dan dia meminta supaya kalian menyembah GOD bukan dia"
John:"Jesus itu anak Tuhan, dan Dia bagian dari 3, sebagai Tuhan dia bisa menjadi apa saja yg dia Inginkan, andaikan dia ingin menjadi debu, dia juga bisa"..
aku:"ya iya lah, kalo Tuhan memang Maha Berkehendak, tapi pertanyaanku, apakah pernah Jesus meminta untuk disembah?
nampak sekali dia kebingungan menjawab....so aku teruskan pertanyaanku
aku:"maaf kalo pertanyaanku sensitif, aku tahu ini karena aku banyak melihat program TV ttg comparative religion, I like it so I knew a little bit about it. keraguanku yang lain yg mungkin engkau bisa membantu menjawab adalah: kalo jesus adalah Son of God. dan pada saat dia hidup dia adalah representasi Tuhan, berarti logikanya saat itu God Father gak ada,Holy spirit juga gak ada karena kau percaya bahwa Tuhan itu satu dan bisa berubah bentuk dari satu ke yang lain. Terus saat Jesus hidup, pengikut Jesus itu menyembah Jesus atau menyembah God Father? dan kalo mereka menyembah Jesus, kenapa Jesus sendiri meminta pertolongan God father? kan dia Tuhan? Tuhan bisa menolong dirinya sendiri kan?
John:" begini ya...Jesus itu menjadi perantara kita menuju Tuhan, tidak ada manusia yg bisa sampai ke Tuhan kalo tidak melewati Jesus krn Tuhan adalah Istimewa"
aku:"nah...berarti Jesus CUMA PERANTARA DONG dan dia Bukan Tuhan, kalo perantara berarti dia ada ditengah antara manusia normal spt kita dengan Tuhan yang sebenarnya yang Maha segala galanya, kok jawabanmu malah gak mendukung kepercayaanmu?
John:"hmm....wah gimana yah njawabnya, pokoknya Tuhan itu 3 dalam satu dan 1 dalam 3 seperti orang menikah, 2 menjadi 1 flesh. iya kan?"
wadooh saat ini aku sudah mulai males debat krn udah gak nyambung so aku bilang saja
aku:" I am sorry but I am not convinced by your answer, bisa nggak engkau tanyakan kepada ahli agamamu dan kita kembali diskusi nantinya kalo engkau sudah mendapatkan jawabannya?"
John:"iya deh"
kolega yang lain sempat berkomentar ditujukan kepadaku:"Oh God, You grilled John, man!....Hey John! make sure you are well prepared next time, this lady (aku yg dimaksud) got plenty knowledge you need to catch up. Hey thanks by the way for the nice debate, you don't try to push your opinion, you are calm and confidence and I learnt a lot about Islam in such a short space of time!"
Alhamdulillah batinku! Mission accomplished...paling nggak aku bisa trigger their thinking dan juga bisa menjelaskan ttg posisi Islam yg sebenarnya.
London, 23 Jan 2011 at 2pm
=========================
Secercah Kasih Yang Terpendam
=========================

Comments

Ina said…
Subhanalloh .... mereka sampe bilang I learnt a lot about Islam in such a short space of time ...
sebaik2 manusia adalah yg bermanfaat bagi yg lainnya. Maha besar Allah yang telah menjadikan mbak amee yg brilian :D
siti said…
Setuju sm Mba Ina :)
Diskusi yang menarik.

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam