Monday, 1 September 2008

1st Ramadhan in Istanbul

alhamdulillah I was sooo excited that ramadhan has started dan excited juga karena aku bakal mengawali 2 hari ramadhan di Istanbul..and yess!! semalam adalah pengalaman pertamaku ramadhan di negeri yang ditakhlukkan oleh Muhammad Al Fatih...subhanAllah terasa banget kalau ramadhan kenapa?

*Karena banyak sekali stand makanan dan stand stand dadakan di tepian jalanan hipodrome, yang mana waktu bulan Mei kesini, stand2 ini gak ada sama sekali...

*Di dalam masjidnya pun ada pameran photo sejumlah masjid yang ada di Turkey, aku gak yakin apakah masjid2 itu ada di istanbul saja atau di seluruh turkey, karena bahasa pengantarnya turkish semua...

*Diantara 2 menara blues mosque tertulis dengan bahasa turki sesuatu yang aku yakin ucapan selamat menyambut ramadhan karena disana tertulis "......ramazan"

*Di TV juga banyak advert yang isinya tentang Ramadhan bahkan pegawai hotelpun menyampaikan kepada kami kalau besok ramadhan dan mereka juga puasa

dan semalam....mashaAllah, aku di beri kesempatan oleh Allah untuk bisa sholat tarawih di Blue mosque or masjid biru or Sultanahmet camii. aku dan suami memutuskan untuk sholat maghrib disana and stay there till Isha. pertama aku mikir, mungkin masjid yang super besar ini akan hanya terisi separo, tapi subhanAllah.....3/4 masjid penuh, dan hanya sebagian kecil aja gak diisi karena memang ia dipakai untuk jalan keluar dan pak satpam patroli.

Sebelum sholat Isha ada khutbah dalam bahasa turki yang jelas aku gak ngerti, tapi dikit2 jelas nyinggung puasa dan QS al Baqarah yang populer, selama hampir 30 minutes. selama waktu itu juga orang berdatangan, laki, permepuan, anak anak, nenek kakek, dan tanpa terasa 2 sisi balkoni penuh, lantai bawah bagian wanita penuh dan shaf laki laki melebihi pagar yang biasanya diletakkan untuk tourism purpose. terpaksa pagar kayu itu dihilangkan dan seketika itu juga nampak sekali shaf laki2 berjumlah ratusan.

Setelah selesai sholat isha dan sholat sunnah rawatib, tarawih pun dimulai, aku nanya ibu2 sebelahku berapa kali tarawihnya? dan beliau menunjuk 20 kali, then aku tahu kemungkinan besar akan salam tiap 2 raka'at. dan benar dugaanku, tiap 2 raka'at salam dan setiap selesai salam mereka membaca salawat nabi. memang banyak sekali orang tua juga yang tarawih malam itu dan mungkin itu salah satu alasannya juga imam masjid membaca 1 ayat quran tiap raka'at atau surat pendek dnegan bacaan yang cepat atau kalau menurutku sih super cepat....hehe....so dalam waktu 30 - 45 minutes kami sudah selesai.

Setelah selesai, tiap orang antri ambil sandal or sepatu yang telah mereka bungkus dalam plastik (yang telah disediakan masjid) dan ditaruh di dalam rak di dalam masjid. kemudian antri keluar lewat pintu keluar yang cuman 2. so bisa dibayangin luamaaaaaa banget antrinya, aku sih nunggu antrian terakhir sekaligus menikmati beda beda warna dan rupa dari semua jama'ah. SubhanAllah....

memang bener kata mba Yuana dan seorang turkish sister yang menjadi kenalan baruku, bahwa di Istanbul dan Konya, ghirah dan semangat Islam lebih terasa...dan aku membuktikannya!

sepulang dari tarawih, kami ketemu dengan sebuah keluarga, seorang nenek, bapak, ibu dan ke-3 anaknya. kami ngobrol dengan bahasa isyarat selama hampir 1 jam, dan subhanAllah di akhir perpiasahan mereka mengajakku untuk makan sahur bersama di rumah mereka, tapi karena rumah mereka jauh banget dari sultanahmet area, kami putuskan inshaAllah untuk ketemu lagi ifthar time today. yang menyentuh bagiku adalah sebuah persaudaraan yang tidak lagi memandang apakah aku orang asing yang baru mereka kenal ataukah teman lama, mereka menganggapku sebagai saudara mereka dan musafir yang harus di rawat. subhanAllah! sebuah nilai yang tidak akan pernah anda dapatkan jika anda hidup di negeri barat!

Di london sendiri, kalau kita percaya dan mengundang orang yang baru kita kenal dijalan, itu adalah sesuatu yang aneh, kalau ada apa apa maka 'kita' yang mengundang yang akan disalahkan. aku yakin meskipun hal ini ada tapi jarang sekali terjadi karena cara berfikir di London terutama adalah everyone is guilty until proven innocent dan mirisnya ini juga kadang berlaku antar sesama muslim. padahal Islam mengajarkan untuk berfikir the opposite way, everyone is innocent until proven guilty!

Finally, Alhamdulillah 'ala kulli hal dan hari ini adalah ifthar pertamaku di Istanbul, denger2 mereka nagi bagi makanan gratis didepan masjid, sekali sekali ah mau antri juga, sekaligus ngiriiiit..hehe....eh tapi katanya bakal puanjaang antrinya, but I just have to make the most of the experience for now!

No comments:

Untukmu Yang Sudah Setia

Oleh: Yumna Umm Nusaybah . . Kau tak banyak berkata kata Sekalinya berucap, penuh dengan ukiran makna Jikalau dulu aku bisa nikmati suaramu ...