Friday, 29 August 2008

Lagi lagi tentang Turkiye

Belum selesai ternyata apa yang diotakku semalam muncul dalam tulisan, so here are the rest, kalaulah nanti ada drop by drop update jangan menyerah yah! loh kok?????

Yang paling membuatku haru, muslim turki adalah pekerja keras, kami punya langganan warung pojok di deket hotel yang yummy tenan dan kebetulan pemiliknya orang arab dari syria so it was easy for hubby to explain what he wants, sering kami menikmati makan malam jam 11 hingga 12 malam, dan selama itu pula, banyak aku dapati penjual buah keliling, pemulung, penjual suvenir, sunglasses dengan barang yang sedikit, bahkan ada orang jual baju dan sepatu bekas keliling dari orang ke orang orang...subhanAllah...miris, haru, kagum dan juga kasihan....banyak juga pengemis, dan seringnya aku dapati pengemis pak tua dan bu tua...Ya Allah, nggak kuat kalau lihat yang begini....rasanya ingat ortu di desa.

Oh iya, hampri sama spt di Indonesia, baju bermerk tembakan buaanyak disini, kalau di Inggris ada Dior, Dolce Gabbana, atau Armani gadungan bakal dipenjara bo! tapi disini, bisa di dapat, memang harganya sedikit mahal dan kualitasnya bagus tapi gak ASLI! hehe..

Gak tahu kenapa, kayaknya suvenir dari turki seringnya kok berupa lingkaran biru bermata hitam, katanya lagi, itu adalah penolak Evil eye, kali aja ada yang tahu nih? soale gara gara info itu, aku gak jadi beli gantungan kunci, dompet, dan segala berbau Evil eye, takutnya Syirik entar.

Terakhir, kalau mau berkujung ke turkey terutama Izmir (lagi lagi) kalau mau nyaman dengan cuacanya, bagus datang saat spring atau autumn, bulan bulan Maret -mei- juni, sedang summer, puuuanaaaaaaaaassss minta ampun, sekarangpun mandi aku ampe 2/3 kali.

Dan kalau emang mau datang di bulan summer, book yoru flights and hotel well away in advanced, aku booking 2 bulan sebelumnya dan dapat harga yang lumayan lah... Buat yang ingin menikmati poto poto Izmir dan Istanbul silahkan masuk ke multiply-ku di www.ameeratuljannah.multiply.com . kemarin ada mba Shanti dari Doha yang pingin lihat koleksi pics dari turkey :)

kayaknya baru itu....siap siap mau keluar nih

Ramadhan Mubarrak 1429 H from Izmir - Turkey

Ya Ramadan!

In the name of Allah, the most Merciful, the most Kind

A blessed month is casting its shadow upon us

A night of this month is better than a thousand months

Bear with patience for the sake of Ar-Rahman

It's a continuous training to strengthen our Imaan.

Glory be to Allah who sent Ramadan as a mercy to mankind

Its a purification of our soul, our heart, and our mind

With the most sincere devotion and love we fast

To be cleansed and free from sins of the past

Glorified is He, who choseth this holy month,

To test our sabr and fill our hearts with warmth

Of his Divine Light, His blessings shall glow,

The Seer of the unseen, all He does know

Ya Allah! For thee, let my breath be more pleasant than musk

Ya Allah! For thee, let me be thankful when day turns to dusk

My thoughts and heart are purified, my eyes truly see'

This blessed month, the month of spiritual rhapsody!

Ya Allah! For thee, my life I shall live!

Ya Allah! For thee, my soul I shall give!

In the name of Allah, the most Merciful, the most Kind,

Praise be to Allah, who sent Ramadan as a gift to mankind

Mohon Maaf jika ada salah kata dan kalimat yang tidak berkenan, semoga Ramadhan kita lebih bermakna dan lebih barakah dari tahun yang lalu...Amin ya Rabb!

poem by: Noor Syed, taken from HERE

I am back in Turkey again....Love it!

Rhoma Irama bilang "kalau sudah tiada baru terasa bahwa kehadirannya sungguh berharga"

well aku yakin gak hanya rhoma yang bilang begini...this is exactly what I feel in the past few weeks. I have been busy doing many things so that so relaxing and slowing down would be a 'hard' things to do....alhamdulillah the good thing is that Allah still grants me the Iman, health and also enough wealth (forget about excessive one) and now the second chance for me to enjoy a bit so called free-time, time to reflex and also time to re-charge the battery especially for the holy month of Ramadhan which just around the corner......inshaAllah moment kali ini penting banget disamping memang udah pingin banget break..therefore we are back to TURKEY AGAIIN!!!!!! hehe. and it has been 9 days I am actullay staying in Izmir, turkey and will fly back to Istanbul this sunday and stay for 3 days in Istanbul, so InshaAllah I will witness a different experince spending Ramadhan in turkey, London and inshaAllah backhome soon *_*

Selain 'urusan' kemarin belum selesai (maaf kalo details tentang urusan tidak bisa dipaparkan disini) but both me and my husband love the scenery and the warmth of Turkish people sooo much!

padahal aku udah rencana mau nulis dengan bahasa Indonesia sesuai EYD tentang perjalananku ke Istanbul Mei kemarin, but I just don't have time to sit, type and write properly, yang ada cuman nangkring di notepad doang.....but someday I will inshaallah..

by the way, saking banyaknya yang menarik bagiku tentang turki dan seluk beluknya, mungkin bagus juga kalau aku buat tips dan trik atau sekedar Kesan dan Pesan * perpisahaaaan kaleeee* so here they are:

Kalau mau ke turki (terutama dari eropa) make sure lewat Istanbul, dan kalau mau keliling turki, lebih murah berhenti di Istanbul dan cari domestic flight dari istanbul ke berbagai tempat, ada banyak flights diantaranya: Pegasus, Atlas Jet, Onur Air, Iz-air (khusus ke Izmir), itu aja yang aku hapal di luar kepala

Karena domestic flight, walhasil bahasa pengantar dalam pesawat paling sering bahasa turki meski ada sedikit sedikit campur inggris.

Kalau sampai Istanbul, jangan asal gelendeng troly untuk koper spt di bandara lain di eropa, karena setiap trolly harus diambil dengan uang alias bayar, murah sih sekitar 2,5 YTL (Yeni Turkish Lira)

Turkey bisa dibilang a safe country, so kalau berani bawa uang cash, why not? karena nilai tukar lebih bagus daripada ambil dari ATM, dan juga biaya ambil dari ATM luar negeri akan ditambahkan ke account kita.

Sekali ambil uang dari ATM, ambil yang banyak sekalian biar gak di charge bolak balik, karena ATM tidak menghtiung berapa jumlah uang yg kita ambil tapi berapa kali kita ambil. the more we withdraw the more we have to pay

di turki, Makanan melimpah ruah, buat penggemar daging, this place is your heaven! semua jenis rasa daging ada dan berharga murah.

rata rata makanan di warung (bukan restoran) sekali makan untuk satu orang berupa nasi dan sup daging atau spt kari daging cukup 5 YTL, kalau mau proper Kebab, kofte, shish, dll bisa sampai 10 YTL

aku saranin gak usah makan di restoran kecuali untuk event tertentu karena rasa di warung tidak kalah dengan rasa resto, yang beda cuman presentasinya dan juga mungkin tempatnya...sedang rasanya hampir sama, bahkan kadang resto lebih gak berasa bagi lidahku *maklum lidah ndeso*

Make sure you do proper research for the hotel, karena aku ketipu hampir 3 kali selama ke turki, diwebsite nampak bagus, pas lihat di kenyataan, huwaaa.....bad place to stay. kayaknya Star 3 is reasonable untuk para holiday maker yang punya budget ketat.

Kalau mau belanja, mendhing ke pasar dan bukan shopping centre, biasalah masalah harga....memang mungkin harus lebih payah muter muter tapi juga worthwhile....bener deh!

kalau emang mau ke pasar/market/ bazaar, make sure you bargain alias 'nawar'. dan untuk foreigner, nawarnya harus pakai jurus RAJA TEGA!!! potong harga 50% kalau gak terima, tambah 5 YTL maksimum 10 YTL, habis itu pura puralah tak terlalu menginginkan barang yang kita inginkan....then they will submit to you.

Masjid ada di mana mana, so gak perlu khawatir untuk wudhu dan ke kamar kecil. but I wouldn't suggest ke kamar mandi umum karena dari pengalamanku berkali kali, aku 'ngeri' menapakkan kaki ke KM, kebersihannya kurang terjaga, which is ashamed.

Adzan akan terdengar di setiap sholat 5 waktu which is beautiful dan istimewa buatku

Ke Kamar mandi pun gak perlu bawa botol air atau ceret berisi air seperti di negeri barat, kenapa??? karena design dari toilet-nya sudah dilengkapi dengan kran air yang bisa memancarkan air...so it's two in one toilet I called it.

Tentang orang orangnya, secara umum mereka benar benar seperti orang barat, di Izmir ( area aku tinggal selama 10 hari) sedikit kudapati muslimah berjilbab dan ber-khimar (kerudung). Indo lebih top dari sisi ini. tapi deep down they are very nice people.maksudnya sekali kita kenal dan bicara sama mereka, they are warm and full of respect.

Jika pergi ke taman taman jangan kaget kalau 'pacaran dan bermesraan' ditempat umum menjadi fenomena biasa. lebih parah dari Inggris menurutku! di Inggris orang berciuman di bus, dan lain lain memang biasa tapi orang memandangnya sedikit 'nakal'. totally its only from my point of view

Jika tahu kita muslim maka they will treat us like their best friend bahkan mereka akan memuliakan kita.

Denger denger dari sumber yang kurang bisa dipercaya, hehe, kebanyakan practicing Turkish sisters memilih menikah dengan Non turkish karena konon kabarnya banyak lelaki turki minum Khamr (alcohol). well...aku melihat sendiri, bar dan tempat maksiyat penuh dengan pemuDA dan pemuDI turki....so dunno if it's right. Hayo bujang indo coba coba deh, sapa tahu jodoh dengan gadis turki yang mashaallah cuuuuanttttikkkkk minta ampun!

Dan konon sebaliknya, sekali lagi KONON! practicing Turkish brothers lebih memilih Non Turkish woman karena banyak turkish muslimah yang gak practice Islam. Jangan kaget kalau jilbaber dan hijaber lebar, hitam dan panjang akan menjadi perhatian massa, apalagi kulit gelap, sawo matang dan mata sipit, barang langka dan patut di'perhatikan' hehe.

Jangan lupa minum Turkish tea dengan gelas kecilnya yang khas Jangan lupa bawa turkish delight (semacam manisan) kalau balik kampung Jangan lupa mencoba makan LAHMACUN, uenaaak tenan!! my fave bo! Jangan kaget kalau gambar Kemal Pasha Ataturk dimana mana bahkan di setiap duit Lira yang kita pegang

Kalau main ke Istanbul jangan lupa tempat2 seperti, Blue Mosque, aya sophia, Dolmabahce palace, Topkapi Palace, Sulaymani Mosque, New Mosque, Galata tower, Suspension bridge between Asia and Europe,Grand Bazaar, Spice Bazaar, Fatih Area, Old city, Bosphorus sea dan juga Taksim area.

Jangan kaget kalau turis di Istanbul lebih banyak terlihat didepan mata daripada penduduk lokal

Tempat wudhu dan juga tempat air minum ada dimana mana....ini peninggalan Ottoman Empire.

Kalau bisa pelajari sedikit bahasa turki sebelum travelling supaya mudah karena I found that it's not many ordinary Turkish people can speak English. Kalau bisa bahasa arab then you will be survive longer and better karena banyak orang arab juga di turki terutama dari Syria, Iraq dan Libanon.

oh iya terakhir, kalau mau tinggal di hotel Istanbul, pada umumnya mereka menawarkan service gratis jemput dari airport ke hotel jika tinggal lebih dari 3 hari, dan jika lebih dari 6 hari gratis antar kembali ke airport.

Kayaknya baru itu deh yang muncul di benakku......

finally, would I suggest anyone to visit Turkey?? 110% YES!!! apalagi kalau tahu sejarah islam, ottoman Empire, Sultan Muhammad Al fatih dan juga sejarah Keruntuhan Khilafah then it will mean a lot to you!

Mimpi yang nyata *_*

Alhamdulillah...I can say that I am fortunate to live in UK for now especially London and in particular East London

Kemarin kembali hadir Mega konferensi yang bertajuk Khilafah - The need of political Unity. orang yang hadir ratusan bahkan menurut perkiraanku hampir 2000 kali yah karena kapasitas gedung Troxy yang berada di Commercial Road itu sejumlah 2000-an dan Hall berasa penuh. meski sedikit panas karena cuaca London yang panas dan yang ada cuman Kipas angin gedhe tapi acara berlangsung cukup hikmat. Ada ruangan tersendiri buat anak anak (creche) dan sang ibu bisa duduk di bawah mendengarkan Talk sedang sang anak akan di'urus' dan diajak main oleh panitia yang sudah ditunjuk untuk menjaga mereka.

Acara mulai jam 12 siang meski the door open at 11am tapi sayangnya aku telat, I missed 1 talk karena musti nunggu jemputan temen dan juga suami dinas malam harinya, so need a bit time to rest, walhasil nungguin bentar and then kita cabut jam 12.30pm dan sampai di Hall eh udah talk ke-2.

meski telat, alhamdulillah semua Talk dan acaranya ditayangkan kembali di website resmi, sementara di Hari H nya seluruh dunia bisa menontonnya online live from internet. SubhanAllah dunia jadi bener bener kecil kalau demikian, bahkan dalam sesi tanya jawab, ada banyak koresponden dan email dari pakistan, palestina, libanon yg ditujukan kepada panel diskusi. Berasa mendunia euy!

di pintu masuk ada semacam stall dimana para syabab HT memberikan leaflet dan beberapa buku terbitan Hizbut tahrir, sisters for sisters and brothers for brothers. mereka sangat articulate (fasih) and know what they are talking about. Di situ juga dijual kerudung, beberapa leaflet dan Khilafah Magazine gratis untuk peserta.

As soon as kita masuk ke ruangan, nampak hall besar dengan panggung tinggi dimana para pembicara telah duduk. Dibelakang telah dıpenuhi peserta perempuan sedang di depan (menuruni tangga sedikit) duduklah para peserta Ikhwan. karena aku duduk di belakang sendiri, walhasil suara dari sound system campur ama suara bayi yang memang tidak bisa di tinggal di creche sedang sang ibu musti duduk mendengarkan. but it's okay lah....no problem.

Acara dimulai dengan Bacaan Quran, kemudian penayangan Video Konferensi Khilafah di berbagai negeri (ada di SINI) dan kemudian dilanjutkan introduction dari Dr. Abdul Wahab tentang mengapa diadakan konferensi ini. Videonya bisa dilihat Di SINI.

Talk pertama di sampaikan tanpa script oleh Sajjad Khan, yang menarik dari diskusi beliau adalah beliau menjawab sekian banyak tuduhan dan ungkapan sinis tentang Shariah dan Khilafah, diantaranya kenapa HT harus berulangkali mengulang ulang tentang Khilafah, apakah mampu muslim mewujudkan persatuan seluruh kaum muslimin di dunia? bagaimana langkah praktisnya, dan beberapa pertanyaan lain yang selengkapnya bisa di tonton di SINI

Talk kedua disampaikan oleh Mahmud Salim yang pernah menghadiri Konferensi Khilafah terbesar di tahun 2007 di Jakarta....kebetulan aku datang pas beliau menuturkan presentasi, so I was losing some of his points, but aku inget beliau menyampaikan dari sisi Quranic and Ahadith evidences alias dalil syara' tentang kenapa UNITY alias persatuan kaum muslimin di dunia menjadi sesuatu yang tidak hanya dibutuhkan tetapi juga kewajiban. beliau melihatnya dari sisi Dalil Syara, again selengkapnya bisa di lihat di SINI

Talk yang ketiga yang special karena disampaikan oleh sister Sultana Parvin, seorang lulusan Ilmu politik dari Queen Mary University dan juga biasa menjadi pembicara di event besar untuk sisters dan juga debat dengan non muslimah. Sister sultana memberikan details tentang kenapa banyak sekali ahli ahli science dan juga professionals dari muslim country pindah ke negeri barat, semua karena tidak ada 'reward' yang bagus untuk para professionals itu di negeri sendiri, so beliau di akhir menyampaikan tentang langkah praktis bagaimana nantinya Khilafah akan menciptakan atmosfir untuk para ilmuwan dan professionals berkarya...Talk nya ada di SINI

Talk ke-empat disampaikan oleh seorang Muallaf asli Inggris yang bernama Jamal Harwood, beliau seorang ahli ekonomi dan memberikan details tentang bagaimana negeri Muslim memiliki kekayaan alam yang melebihi negeri barat di dunia ini dan bagaimana mereka sebenarnya bisa self-sustained tanpa harus berhutang dan juga tergantung pada negara lain. Semua grafik beliau tampilkan dan subhanallah benar2 meyakinkan bahwa muslim country memang bisa self-sustained dan memimpin dunia jika mereka ber-asa, bersatu padu untuk mewujudkannya, berbagi bersama dan berjuang bersama tanpa ada batas nasionalisme. Selengkapnya ada di SINI

Yang ke-5 adalah talk special tentang Pakistan disampaikan oleh Dr. Imran Waheed, seorang pakistani yang lahir dan besar di Inggris, seorang dokter dan psikiatri di London. Beliau adalah media advisor juga, banyak diwawancarai oleh stasiun TV besar semisal BBC Hardtalk, Sky news, Newsnight, BBC 24, Al Jazeera, Isllam Channel dan stasiun TV lainnya. Dalam talk beliau disampaikan tentang what really happens in Pakistan dan betapa pakistan adalah strong mulim country yang kini sedang disalah gunakan dan dikelola dengan orang dan system yang salah......so beliau memberikan harapan bahwa jika Shariah adalah satu satunya solusi untuk konflik di seluruh dunia tertuatama Pakistan....check his full talk HERE

Dan yang terakhir adalah Talk dari Taji Mustafa....berhubung aku dinas malam, aku harus pulang awal, but I managed to watch online from home while I was doing some preparation for work...subhanAllah I was in TEARS listening to his talk, very motivational, inspirative, articulate, confidence dan sangat menyentuh...disitu beliau sampaikan kembali tentang pentingnya Aqidah, tawakkal dan pengorbanan dan juga determination from all muslims bahwa tidak ada sesuatu yang IMPOSSIBLE bagi Allah, DIA yang menjanjikan kemenangan maka kepada-NYA lah kita harus menyandarkan keyakinan itu....kembali beliau ingatkan pentingnya dakwah dan beliau juga secara langsung mengundang siapapun yang tertarik untuk berjalan bersama HT dan bekerja bersama, all are welcome. Have a look his talk over HERE

All the rest of the pics and video regarding the global work of Hizbut Tahrir will be availaible in HERE and the pics are HERE

and at last again I was fortunate to be able to participate on the event I had been always dreamt off while I was in Indonesia and now Allah gave me that chance and my dream come true..Mimpi itu kini nyata....Allahu akbar!

Tuesday, 5 August 2008

Cinta yang tak terungkap

Dia seorang pendiam, jarang sekali ungkapan cinta muncul dari bibirnya. Yang ada adalah ungkapan cinta dalam bentuk sikap yang sangat nyata. Setelah menikah bertahun tahun, akhirnya dia ditakdirkan untuk sendiri, karena isteri yang dia cintai dan setia mendampinginya kini telah pergi dipanggil Rabbnya. Sang isteri yang ditakdirkan menderita sakit kanker selama hampir 5 tahun telah mendahuluinya. Selama itu pula dia tidak pernah berhenti memenuhi segala keperluan isterinya.....mulai dari mencuci baju sang isteri, memandikan, membuat makanan kesukaan wanita kecintaannya, menyetrika, memijitnya setiap malam, begadang setiap malam jika sang isteri tidak bisa tidur karena sakitnya yang kian menjadi dan juga mengikuti kemanapun dia berobat sampai sampai hal yang mungkin hanya 1001 laki laki apalagi seorang suami pernah lakukan untuk isterinya yakni memotong kuku jari jemari tangan dan kaki sang kekasih hati!

Tidak pernah sekalipun keluar keluh kesah dari mulutnya, tidak pula airmata. Yang ada raut muka biasa, tanpa beban namun penuh arti.....yang muncul adalah total pelayanan tanpa syarat, sebuah bukti cinta dalam bentuk tingkah laku.

Sering kali sang isteri merasa lelah dengan derita sakit yang luar biasa. pastilah didadanya muncul perasaan "andaikan aku bisa menggantikan atau sedikit membagi rasa sakitmu denganku, pastilah aku akan lakukan" Sayangnya dia tidak mampu berbuat apa apa...yah....dia hanya bisa berusaha tegar dan kuat, dia pun berusaha keras menenangkan, menguatkan dan menyemangati sang isteri untuk terus berjuang melawan ganasnya sakit kankernya.....hingga suatu hari....ajal itu datang menjemput. Sang malaikat maut membawa ruh sang isteri kembali kepada Rabbnya.

Tak setetes airmata kulihat mengalir di pipinya, tak ada kata sesal, tak ada keluh kesah...semua seperti biasa...kuakui..dia berjiwa baja! dia berucap "jika ini yang terbaik untuk isteriku maka aku merelakannya, paling tidak dia tidak lagi harus menanggung sakit di dunia" Dia ikut mensholatkan jenazah wanita kecintaan-nya, dia ikut menguburkannya, dia juga ikut memanggul jenazahnya.....semua dia lakukan dengan raut muka yang sama...biasa tapi penuh makna...tapi aku yakin hari itu, bulan itu dan tahun itu adalah duka cita baginya.....meski dia tidak berucap dan tidak berbagi tapi pedih itu ada disana...direlung hati paling dalam yang berusaha dia simpan hanya untuk dirinya seorang...cinta untuk seorang dan sedih yang dia simpan untuk seorang, dirinya sendiri....

Kini 4 tahun hampir berlalu, uban putih itu mulai memenuhi kepalanya, wanita kecintaannya pun telah 4 tahun tidak berada disisinya, suaranya sudah tidak lagi dia dengar, sosoknya tidak lagi terlihat tapi masih aku lihat jelas bukti cintanya, segala tradisi sang isteri dihari raya dia lakukan, bacaan Quran untuk sang isteri tiap hari tidak pernah dia tinggalkan, doa untuk sang isteri tidak pernah terlupakan, kata kata bijak sang isteri masih terus dia ingat dan dia sebarkan, bahkan setiap kebiasaan kecil sang isteri masih beruaha dia pertahankan...semua karena cinta itu masih ada di dalam dadanya....isterinya memang sudah tiada tapi dia berusaha menghidupkan keseharian isterinya.....hingga keberadaan isterinya nampak nyata

Demikian juga rasa cinta Baginda Muhammad SAW, saat Sayyidah Khadijah R.A meninggal, tahun itu dikenal sebagai tahun duka cita, kenangan manis bersama sang ibunda Khadijah sangat berkesan bagi Rasullah SAW, setiap saat setiap waktu beliau berkunjung dan bertemu keluarga Khadijah R.A, beliau melanjutkan tradisi dan amal kesukaan Khadijah R.A, beliau selalu terkenang dengan suara Ibunda Khadijah sampai sampai suara saudara kandung perempuan beliau kira suara Khadijah R.A ...kenapa?karena rasa cinta itu masih membara di dada Baginda SAW, sosoknya telah tiada tapi jiwa dan rasa itu selamanya masih ada, cinta yang tersimpan rapi, kasih yang suci tanpa noda sampai sampai membuat Sayyidah Aisyah cemburu terhadapnya.....cemburu akan besarnya cinta Baginda kepada Khadijah R.A, cemburu karena Baginda selalu teringat dan mengingat Khadijah....bagaimana tidak? jika bersama Khadijahlah sulit dan susahnya medan dakwah beliau lalui bersama, bersama Khadijah-lah anak anak sholeh sholehah terlahir dan Khadijah-lah pelipur lara,obor penyemangat dikala cahaya itu meredup, tempat mengadu rasa gundahnya, orang terpercaya untuk menyimpan rahasianya dan penyokong harta untuk perjuangannya.

Cinta memang teruji jika keduanya melalui pahit getirnya dunia bersama sama......

dan laki laki itu mengikuti jejak Baginda Rasulnya yang begitu memuliakan wanita kecintaannya, mengingatnya dan menghidupkannya didalam benak dan jiwanya....

dialah bapak yang selalu aku kagumi kesabarannya, kelemah lembutannya, kepandainnya menyimpan gundah gulananya dan kekuatan cintanya meski jarang terungkap dari mulutnya, aku kagum kepada kerja kerasnya...yah.....bapak yang telah mendukung segala perjuanganku untuk akhirnya bisa menjadi seperti sekarang...bapak yang tidak banyak berkata tapi terbukti mampu memimpin keluarganya...bapak yang sangat cinta kepada istri yang telah melahirkan anak anaknya....dan aku bersyukur telah dipilih Allah untuk menjadi anak kandungnya....

I love and miss you pak..