Skip to main content

Perjalananku ke Turki (Part III)

cuaca: gelap menjelang maghrib, a bit warm earlier but it's cold now..

Jumat adalah hari pertama kami di Izmir, asyiknya masjid dimana mana so we didn't have to strugle to find masjid to pray. aku putuskan untuk ikut jumatan, what another shock for me! masjid segedhe East London Mosque berisi ratusan jama'ah laki laki eh hanya berisi 6 wanita, aku yang termuda dan sisanya ibu ibu lanjut usia....mereka ciumi aku dan bolak balik bilang MashaAllah dan nampak sekali ingin kenalan, aku bilang aja aku seorang indonesia yang tinggal di London, langsung mereka bilang "hajj..hajj...makkah makkah....indonesian" langsung aku paham kalau di musim haji di makkah banyak ketemu orang indonesia...hehe...sebelum sholat aku sempatkan wudhu.....subhanAllah, untuk pergi ke tempat wudhu aku harus melewati puluhan jama'ah laki laki di berbagai shof! gak bayangin deh....mana tampangku jauh sekali dari rona rona turkish...makin 'mengundang' para jama'ah untuk melihat ke arahku dong *gak GR tapi kenyataan...weeeks* plus aku pakai baju warna lilac!!! what a perfect day!!!! yah...dengan muka merah padam karena malu harus melewati shof laki laki yang berjajar di halaman masjid (dan sudah rapi) aku masuk ke ruangan wanita yang cuman 5x5 m (kuuuecil dan panasss) no complaint but I would say It's not fair! tapi wajarlah kalau gak dikasih ruangan, toh jika dikasih paling paling gak ada juga yang datang.....Jadi inget East London mosque yang bakal bejubel tiap jumat.....sering aku gak kebagian shof untuk sholat, sampai sampai sholatnya bergilir. Ironis banget ngelihat perbedaan muslim and non muslim country!

anyway ...setelah sholat itu bener bener aku merasa sedih dan pingin segera balik ke London, my initial thought was I wouldn't enjoy this holiday at all! yah...semua gak seperti yang aku bayangkan. namun apa daya.....aku sudah sampai disini...baru setelah itu kami berjalan lebih jauh dan kita menemukan a breath-taking scenery where we could walk next to the blue sea with a blue sky...ada taman menghadap laut, kedai makan menghadap laut dan juga kapal yang membawa kita menyeberang laut kecil di Izmir...seketika mood ku berubah....I want to stay longer, enjoy the view and stare at the beautiful sea and waves in front of me..

Mulailah kami hunting semua tempat istimewa di Izmir, kami temukan Konak adalah area terdekat, so Kami jalan jalan melihat Clock Tower di Konak dan juga market di sekitarnya yang disebut Kemeralti, disitu banyak barang murah, tapi gak beli apa apa kecuali sebuah kacamata hitam . Semua Poto poto di Konak bisa dilihat di SINI

And then kami juga sempet menyusuri lautan kecil menuju karsiyaka, karena ternyata karsiyaka dikenal dengan pasar murah meriah. yah....disini akhirnya aku tergoda untuk beli sekian banyak barang dan makanan. Yang paling istimewa dan enak dari karsiyaka adalah ice creamnya! hari itu aku bisa makan hingga 3 - 4 kali ..hehe..murah tapi uuuenak.....sedang suami pilih baklava-nya...semacam jajajan desert yang manisnya minta ampun....aku gak nyenggol blass!!! yang asyik pas naik boat, ada orang jualan Turkish tea dan apple tea, minuman ueenak khas turki..dengan gelas kecil yang cantik. cuman seharga 50 cent. Di boat itulah aku melihat kenyataan remaja turki, berciuman, bercumbu dan berpelukan se-enaknya di hadapan kami..... Kalau mau lihat hasil jepretanku perjalananku menuju ke karsiyaka bisa dilihat di SINI

Malam harinya setelah makan malam kami ingin mencoba menikmati udara malam pantai..huwaaa lupa gak bawa jaket, ternyata super dingin...tapi damaaaaiiiii banget ngelihat gelapnya malam dan kerlap kerlip lampu kapal dan suara ombak! subhanAllah..the best feeling I've ever had! Disitulah aku ketemu sebuah keluarga kecil yang sedang piknik kayaknya, seornag ibu setengah baya dan suaminya dan anaknya usia 11 tahunan. Suami ku sedang bincang bincang dengan gerombolan pemuda yang ingin prkatek bahasa inggrisnya sedang aku cuman duduk menatap gelapnya malam. tiba tiba sang ibu setengah baya dan bercadar mendekatiku dan ternyata dia ibu yang sama yang sejak lama mengamatiku. Setelah salam, dan bertanya dari mana dengan bahasa isyarat akhirnya dia kasih aku camilan, dan disitu terjadi obrolan singkat ttg jumlah anaknya berapa, sekolah dimana dan komen dia tentang banyaknya pemuda pemudi turki yang sudah mulai hilang identitas muslim mereka *ini menurut dia loh* memang beliau sendiri nampaknya seorang practicing muslim dan kecewa dengan keadaan yang ada, saat aku sebutka Sultan Muhammad Al Fatih beliaunya acung acung jempol, tanda bahwa rindunya aturan Islam nampal dari sana. Nampak dari nada bicaranya sedikit 'heran'melihat aku masih muda berpakain jubah, kok yah kebetulan malam itu aku pakai warna hitam! by the way...gak tahu juga gimana kami bisa ngobrol sedemikian lama dan mendalam dengan bahasa isyarat dan 'a' 'i' 'u' aja..aku cuman manthuk manthuk, tapi memang ada beberapa kata yang mirip dg bahasa arab so ngerti sedikit sedikit lah....akhirnya dia meminta nomer telpon hotelku dan dia kasih nomer telpon rumah dia...subhanAllah sayangnya aku kehilangan kertas dimana aku menyimpannya......tapi sebelum aku say goodbye to her, nampak sekali mata-nya berkaca kaca dan meminta do'a dariku....waduuuh aku jadi ikutan sedih...akhirnya aku ajak mereka berfoto bersama....alhamdulillah....bsia jadi cerita untuk anak cucu nanti :)

Next day kami pingin jalam ke sebuah castle di pegunungan dekat konak, tapi ada yang bilang gak aman dan banyak kriminal disana, so kami putuskan gak pergi.....sambil lihat lihat eh ada travel agent yang menyediakan jas tour ke ephesus....dan dari informasi mba Driyah, ephesus adalah salah satu tempat istimewa yang harus dikunjungi jika ke izmir...akhirnya kami putuskan untuk ikutan tour itu.

Hari berikutnya:

Siap siap pagi hari, dijemput oleh tour guide kami, kami naik minibus bersama beberapa turis dari australia, amerika dan kami satu satunya yang dari inggris di bus itu....ada juga yang dari china tapi tinggal di california....

setelah menjemput kami di hotel, bus menjemput penumpang terakhir dari airport dan dari sana kami langsung meluncur menuju Selcuk dimana kediaman terkahir maryam (the virgin mary) berada. Menurut penuturan Tour guide kami, saat Nabi Isa di taruh di tiang salib, st John (shahabat Nabi Isa) diminta untuk menjaga Ibu Nabi Isa (Maryam) dan oleh st john maryam dibawa keluar dari jerusalem takut akan bahaya pembunuhan oleh musuhnya Nabi Isa, mereka berjalan sedemikian jauhnya dan akhirnya memutuskan salah satu pegunungan di selcuk sebagai kediaman terakhirnya dan diyakini disitulah Maryam meninggal...Wallahu 'alam kebenarannya.

Anyway..setelah satu jam di bus, sampailah kami disebuah puncak gunung, dan disitu ada bangunan kecil seperti rumah yang diluarnya disusun kursi untuk misa. kami masuk, di dalamnya ada sebuah gambar wanita yang diyakini gambar Mary terpampang besar disana dengan beberapa lilin, kami tidak diperbolehkan mengambil poto dan bersuara, ada juga beberapa sister / biarawati yang memberikan lilin kepada para pengunjung, of course aku tak mengambilnya lah....aku melihat sekilas saja dan keluar dari situ kami menuruni tangga dengan pemandangan berupa pegunungan hijau....it was again incredible view! setelah turun kami kembali ke bus dan menuruni pegunungan untuk mengunjungi reruntuhan kerajaan romawi yang bernama Ephesus (kerajaan yang berdiri sebelum Kelahiran Nabi Isa atau dikenal BC=Before Christ). Ephesus dan reruntuhannya juga diyakini oleh beberapa orang sebagai tempat Ashabul Kahfi bersembunyi...Wallahu 'alam kebenarannya.

To be continued

Comments

maisara said…
Subhanallah amee...nggak nyangka ternyata loe sudah menjejakkan kaki ke Turki...katanya mesjid turki indah2 ya...hmmm..

sayangnya mereka sudah memutuskan pelarangan kembali hijab di kampus..Too bad....

semoga muslim di sana tetap istiqomah...

ntar aku liat picnya ya...tapi itu linknya nggak berfungsi...."SINI"
Anonymous said…
Waah.... enak banget.aku serasa dapat JJG=Jalan-jalan Gratis gitu lho^_^ laporan pandangan matany sukses habis and alm0st perfect! Bner kata mbak maisara, Link fotonya plz diedit/diaktifin sist.:) ..kpan Jalan-jalan lagi sist?. Aq snang bgt kalo yng ada cerita jejak Rasul.:)
SUbhanalloh bisa berkenalan dengan seorang muslimah di London ... gimana perkembangan ISLAM disana bu ..?? :)

www.deconlabel.com
mochie said…
Asyik jalan2 terus, iya disayangkan pelarangan pemakaian jilbab, rasis banget ya..

Btw, gembolan bakulnya dapet brp bnyk?

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam