Skip to main content

Perjalananku ke Turki (Part I)

Alhamdulillahirabbil 'aalamin.....

Sudah sejak tanggal 1 mei kemarin aku dan suami mendarat di Izmir, turkey, daerah selatan bagian turkey. banyaaak..sekali ide dan pengalaman di kepala yang ingin ku tulis..tapi hari hari di Izmir sengaja kami penuhi dengan berkunjung ke sana dan kesini makanya sesampainya di hotel, kami udah KO and then fast asleep.....sebenarnya sejak hari pertama kami dapat koneksi internet gratis, mana broadband lagi..so kecepatannya gak kalah sama di inggris...tapi yah itu tadi.....we were extremely exhausted, so gak sempet update banyak cerita tuk saat ini....inshaAllah nanti kalo sempet, akan aku tulis dengan penuh hikmat *upacara kaleee*

1st Impression is the weather!!!! yang jelas, cuaca di turkey is well-away better than UK....kalo inggris mah gak bisa ditebak, sejam panas, sejam hujan, sejam dingin, sejam bersalju *hiperbol dot com* biarin deh! but that's the fact! disini udaranya MILD.....panas gak, dingin juga gak but it is definately always breezy...subhanAllah...I can't think of any better weather than this except Jannah!

Tiba di bandar udara Adnan menderez, izmir, kami sudah dijemput taksi yang akan mengantar kami ke hotel Yomukoglu yang telah aku booking dari London jauh jauh hari, tapi ternyata tidak sebagus yang kami harap....dengan harga yang lumayan, the room and the service is not that great...untungnya kami cuman book selama 2 hari, walhasil hari ke-2 kami hunting hotel di sekitar hotel lama, alhamdulillah akhirnya dapat juga. di hotel ini, fasilitasnya gak jauh beda tapi harganya hampir 1/3 lebih murah....ruangannya juga lebih luas, tapi yang ada cuman shower room, gak ada bath-nya.....dan disini kami tinggal 5 hari.

Hari hari di Izmir

Hari pertama, kami menyelesaikan bisnis ini dan itu (yang merupakan tujuan utama kami datang ke turkey)...hari kedua baru kami bisa mulai bisa jalan jalan. ternyata hotel kami tak jauh dari Pantai, Huge park, Old castle dan beberapa atraksi lokal di izmir....alhamdulillah! it means we don't need to pay more money for transportation. so hari pertama, kami menyusuri jalan jalan besar (Bulvari) dan berakhir di sebuah port dimana ada taman dan restoran di dekat port itu....walhasil kami bisa makan siang sambil menikmati udara segar laut dan indahnya mentari...subhanAllah! it was fantastic!!!

Hari kedua: kami diberi saran untuk menyeberang dengan sebuah boat kecil ke bagian lain Izmir, so we decided to do so....kami naik boat selama 15 menit ke Kasiyaka, sebuah tempat yang dikenal sebagai pusat perbelanjaan murah.....aku sih enjoy-nya waktu di atas kapal dan bukan jalan ke shopping centre-nya...udara segar laut izmir is unbeatble!! it was great and I constantly amazed with the beauty of Allah's creation meski ada juga yang bikin aku kecewa...aku lihat banyak sekali maksiyat di dalam kapal...laki perempuan turkey behaved exactly like western people, bermesraan, berciuman se-enakny dan berpakaian yang mengumbar aurat...astaghfirullah..ini yang bener bener membuatku shock pertama kali jalan jalan keluar hotel di siang hari. so that day we spent most of the day at the other side of turkey.

hari ketiga, kami habiskan jalan jalan ke semua tempat atraksi di Izmir centre, seperti Clock Tower yang dibangun untuk memperingati pengambilan kekuasaan oleh Kemal pasha dari Sultan Hamid II (I feel soo sad to witness this). Ada juga Masjid Hasan yang dibangun untuk memperingati syahidnya Hasan (pahlawan lokal) serta juga kantor pertama pemerintahan Turkey yang sudah tidak terpakai lagi tapi dipertahankan design gedungnya. hari itu kami akhiri makan di Konak Pier, sebuah tempat entertainment (shoopping centre and restaurant) yang terapung diatas air....I feel like a royal family...hehe...habisnya kita makan dikelilingi air laut dan udara segar.....this was the best place where we dine so far!!! subahnAllahil 'adzim.

Hari ke-empat, ini adalah the best trip since we stay in izmir...kami jalan jalan ke Selcuk, sekitar 1 jam perjalanan naik bis kecil. untuk mendapat servis ini kami harus mencari biro perjalanan, untungnya ketemu juga, dengan modal 65 euro per person dengan fasilitas free transport, free lunch dan free ticket masuk, kami pergi berkunjung ke Ephesus. semua orang setuju kalau ke izmir, haruslah ke ephesus..karena itu adalah the main atractio in Izmir. Ada apa di ephesus? disini ada kediaman terakhir Maryam (virgin mary) sebelum beliau meninggal...well....beleive or not ini menurut kepercayaan catholic roman di turkey.....kebetulan Izmir memang dekat dengan Yunani dan kebanyakan catholic mereka adalah catholic orthodox meski ada juga yang catholic roma.....yang jelas Pemimpin vatikan, Paus pernah kesini dan mengadakan misa akbar, terakhir diputuskan bahwa rumah Virgin mary adalah rumah ibadah dan siapapun berkunjung ke sana maka dia dinilai ibadah...but of course it's not for muslim...aku sendiri berkunjung hanya karena itu adalah sebuah atraksi turis......dan bagian dari tour yang ditawarkan oleh biro perjalanan kami. and the 2nd well-known place is Ephesus the Roman Empire. didaerah ini ditemukan peninggalan bangsa romawi sebelum masehi yang kemudian di gali oleh arkeolog dan nampak sekali ke-adidaya-an bangsa romawi di masa mereka...sekian banyak arsitek menunjukkan kemajuan bangsa mereka, sebuah kota yang luas sekali (meski kecil dimasa sekarang) hampir semua bebatuan berasal dari marmer dan yang paling mengesankan bagiku adalah design dari Grand Theatre..it was huge and breath-taking view. Namun pelajaran bagi kita semua bahwa sekuat dan seadidaya apapun sebuah bangsa, jika Allah berkehendak maka suatu saat pengaruh mereka berakhir di dunia maka mereka hanya tinggal puing dan bebatuan saja.....sebuah pelajaran dari Allah bahwa siapapun yang adidaya akan hancur suatu saat. It was amazing how could they built such a wonderful, spectacular, high class building at that time. It's around 3 -5 BC.

Hari ke-enam which is today, we just visit the local rebel of roman empire di Agora, sekitar 20 menit dari hotel kami.....it wasn't as great as the ephesus but still it was a clear evidence how a great nation can only leave behind its memory. and then we visit a few food centre and islamic shop.....amazingly, I can easily find Islamic shop in East London than in Turkey....was it me? or it is the reality? yang jelas, untuk cari jubah satu aja gak ketemu, paling paling ada di deket ephesus where its mainly tourist shop and not proper shop in the market or shopping centre.

At last, the day I have been waiting for is coming closer. Tomorrow we plan to fly to Istanbul and will stay there for 5 days..jujur..istanbul adalah kota yang ingin sekali aku kunjungi setelah Makkah dan Madinah....I am sure it will bring a lot of thought and emotional memory remembering the downfall of Caliphate in Istanbul. InshaAllah we plan to visit the Sultan Ahmet Mosque (Blue Mosque), Topkapi Palace dimana dulu para khalifah dan keluarganya tinggal, dna juga Hagia Sophia, serta jalanan Istanbul yang pastinya menarik untuk ditelusuri.

Till then, Please make du'a for us and all muslims in the whole world. Tunggu juga kesan pribadiku tentang turkey

Izmir - Turkey, 7th May 2008

Comments

Pipi said…
assalamu'alaikum ..
wuah .. senang sekali .. jadi mupeng nih .. di tunggu lanjutannya :)
Saskya said…
Assalaamu'alaykum wr.wb
Mbak..afwan ya., nice to share, ditunggu lanjutannya ya.. Kalo bisa bagi-bagi cerita dunk tentang bagaimana mbak bisa ngatur schedule dan bisa selalu tampil semangat setiap hari, biar bisa diambil sebagai pembelajaran dan support for my own self..

Wassalam,
Saskya

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam