Monday, 31 March 2008

Setelah hampir 4 tahun di London (part 2)

Cuaca:Udah mulai seperti summer..artinya: matahari mulai bersinar terang, kemarin (29th March) Summer times has begun ditandai dengan me-maju-kan waktu satu jam. so tengah malam jam 12 langsung semua jam kita putar jadi jam 1am

Kebetulan hari itu aku dinas malam...walhasil shift yang mustinya 11,5 jam hanya berlangsung 10,5 jam...berkurang satu jam karena waktunya maju sejam..alhamdulillah ala kulli hal

Sekarang lagi online dari RS nih...karena jaga malam dan semua pasien tidur sedang aku dibayar untuk 'jagain' orang tidur walhasil harus cari kesibukan untuk mata tetep 'melek'. ngeblog adalah obat yang manjur.....hehe

Pingin ngelanjutin postingan kemarin tentang fakta London....tiap kali mau nulis malah hilang idenya but this time I will try my best to remember di sela sela pasien yang ngigau dan ngorok.

1. Di london, hampir semua orang harus bayar pajak, jika mereka kerja maka tergantung jumlah pendapatannya...jika kurang dari 40.000 pound per tahun pajaknya 22%. banyak kan? jika diatas itu pajaknya 40% (kalau yahg ini bener bener jadi budak deh)

2. Tapi yah gitu...karena bayar pajaknya tinggi, kita juga dijamin gratis kesehatan dan pendidikan....jalan jalan rapi, bersih, sampah kita di recycle, tiap rumah diberi plastik tuk nyimpen recycle bin, tempat sampah ada dimana mana.

3. disini banyak market yang jual daging halal. kehalalannya di serfikasi oleh HMC (halal Monitoring Committee) ditunjukkan dengan stempel di pintu masuk toko atau sertifikat yang digantung di dalam toko.

4. Obyek wisata paling laris yah buckingham Palace, Westminster abbey, Parliement Square, Trafalgar Square, Natural museum, Oxford street dan masih banyak lagi

5. Chealsea adalah salah satu daerah posh (kaya bin bergengsi) dimana banyak para artist dan selebriti tinggal...rumahnya guuuedge gedhe dan mobilnya kinclong2

6. Yang menarik, meski rumah disini dibuat se-efisien mungkn alias kecil dan sempit dibanding rumah di US tapi London dan semua daerah di inggris selalu tersedia taman yang luas dimana orang bisa jalan jalan, berjemur, jalan jalan sama piaraan mereka, bawa anak bermain (karena ada taman bermain juga) dan semuanya gratisssss....tissss...tissss

7. Gaji terendah pekerja di Inggris (minimum wages) harus £5 sejam (belum dipotong pajak loh yah)

8. Stasiun TV milik negara (dibayar negara dari uang pajak) adalah BBC (gak tahu juga kalo ada yang lain) dan bisa dibilang BBC adalah stasiun bergengsi gak kayak TVRI di Indonesia yang mulai banyak ditinggalkan pemirsa indonesia sendiri (ops..maaf kalo ada yang bekerja di TVRI but this is reality)

9. 3 stasiun TV yang langsung didapat jika kita beli TV baru adalah Channel 4, Five, dan ITV.

10. Pernikahan antar gay dan lesbi dilegalisasi baru baru ini, cuman namanya bukan marriage tapi civil partnership...tapi ada hak waris segala dan hak adopsi anak (astaghfirullah, kasihan banget kalo ada anak diadopsi dan dibesarkan dalam keluarga seperti ini

11. Bicara tentang muslim, jumlah terbesar muslim di Inggris berasal dari pakistan, Indian subcontinent, bangladesh dan sisanya dari algeria, marocco, afghanistan, Afrika dan juga Indonesia

12. Bersambung.....................

Monday, 24 March 2008

Setelah Hampir 4 Tahun di London

Cuaca: believe or not.....today it was snowy......subahnAllah...bangun pagi pagi ditelpon Teh nizma eh buka korden ada snow berjatuhan....gak deras banget sih cuman cantik, indah dan damai rasanya...sempet ndeso sedikit dengan merekamnya lewat Video HP....hehe sayang gak bisa diupload karena karena ada masalah sama software-nya......

Back to Topic...

gak tahu kenapa...akhir akhir ini aku banyak mengamati kota London dan serba serbinya....gak terasa hampir 4 tahun (oktober tepatnya) aku tinggal di jantung kota Inggris yang penuh sesak dengan orang yang mencari ilmu, mengadu nasib, dan seluk beluknya.....pernah sih aku ceritakan di postingan jaman jadul tapi banyak yang belum aku posting...

ini sekedar apa yang keluar di kepalaku aja.....aku tulis tentang fakta yang aku amati..won't be serious though but at least it help to describe London especially where I live in my own way.

Here you are:

* Banyak makanan instant alias fast food, mulai dari yang halal sampai haram, mulai dari yang merk McD, KFC sampai PFC (perfect Fried Chicken)

* banyak mobil sedan lalu lalang

* jika mobil masuk area city (central London) mereka harus bayar tax £8 (128 ribu rupiah) sehari

* Jika salah parkir mobil bisa bisa di clamp (diangkut truk besar) dan di kumpulin di tempat dimana semua mobil yang salah parkir berkumpul dan harus bayar £200 lebih untuk menebusnya

* Kamera pengintai dimana mana....bahkan kamera yang mendeteksi kecepatan juga ada, kamera yang bisa mendeteksi mobilnya bayar pajak atau nggak juga ada

* Banyak mobil eh tapi juga banyak bis merah, mereka masuk sampai jalanan kecil di london dengan kode kode seperti ini Bus 108, S2, 25, W2, D6, D8, dll

* kulit dan rupa orang berwarna warni....ada yang white, black, yellow, red dan juga brownies..hehe (coklat gelap maksudnya)

* Tiap pagi dan sore tersedia koran gratis, namanya metro dan London Paper serta London Lite

* Kalau masuk kereta di jam jam sibuk (rush hour) harus desak desakan...bahkan gencet gencetan kaki

* di dalam kereta hampir semua orang menunduk kenapa? baca koran gratis bo!!

* Tabu jika ada orang ngelihatin orang lain (ndeso bin gak sopan kali menurut mereka)

* Hak dari pejalan kaki di junjung tinggi, pejalan kaki mengalahkan pengedara sepeda, sepeda mengalahkan mobil, mobil mengalahkan truk gandheng dalam urusan jalan raya.

* Banyak kakek dan nenek2 mendorong kereta dorong berisi barang belanjaan dan naik turun bis. kasihaaaaaaaaaaaaan banget ngelihatnya

* Banyak nenek dan kakek yang jalan sendiri ditengah hujan deras ditemani anjing kecil mereka....Ini fakta yang sangat mengiris hatiku

* ada juga orang yang tidur di kolong jembatan

* Orang punya 2 or 3 Hp adalah wajar

* Orang punya I-pod adalah biasa dan tidak menandakan bahwa mereka kaya

* jika ada Orang naik bus atau kereta bukan indikasi kalau mereka miskin bin melarat

* Banyak pemuda yang suka mutar musik keras keras di dalam bus

* baru baru ini banyak sekali saling bunuh membunuh antar pemuda dengan pisau dapur

* Banyak sekali nampak bule tapi gak bisa bahasa inggris....eh ternyata mereka emang orang eastern europe. yo gak heran lah...

* apa apa serba mesin, beli coca cola aja pakai mesin dan keteplok...jatuh sendiri kalau punya uang koin. ndesonya diriku...

* Pendidikan gratis selama SD sampai SMA

* Rumah dijamin negara kalau pendapatannya kecil....tapi musti antri untuk mendapatkannya..bisa bertahun tahun nunggunya...dan tiap bulan masih harus bayar sewa

* ada bank shariah namanya Islamic Bank of Britain dan HSBC Amanah.. yang aku tahu loh yah!

* Orang beli rumah gak bisa Cash (karena mahal bo!) tapi pakai sistem yang bernama Mortgage dimana bank minjemin uang dan kita musti ngembalikan dengan bunga...tapi ada juga yang pakai sistem mortgage islami

* Kalau mau kuliah gak perlu UMPTN (bidang tertentu saja sih) asal Hasil Ebta nya memenuhi syarat udah cukup unuk terus kuliah...kadang bisa dapat beasiswa (bantuan) kalau datang dari keluarga sederhana

* Kalau mau masuk Nursing atau Medical school harus lulus tes Lokal dari University dan bisa dapat bantuan (beasiswa) no matter bapaknya kayak atau gak kaya

* Internet rata rata pakai koneksi broadband dengan kecepatan min 2 Mbps

* HP kebanyakan pakai sistem kontrak per tahun dengan free call dan free sms

* Kalau mau muter muter London dalam sehari lebih murah pakai Oyster Card (semacam kartu travel)

* Ke RS gratis...ke klinik dokter umum juga gratis, tes darah gratis..asal tinggal di inggrisnya legal.

* Kalau mau buka Bank account harus punya surat yang menyatakan kita tinggal di alamat yang memang kita tinggal (bisa pakai rekening listrik atau gas atau telpon atau council tax) dan bukti paspor...gak spt di indo yang cukup bawa KTP

* apalagi yah???? udah ngantuk nih.....besok kalau ada lagi tak tambahnin deh

Sunday, 23 March 2008

Hurray..cuti....cuti

Cuaca: Dingin, berangin, hujan bahkan sempet hujan batu. loh kok hujan batu? iya maksudnya air hujan yang turun gedhe gedhe, ketplak.. keteplok.....wiiih cukup berasa kalo kena kepala....di daerah lain juga snow...sama sama east london tapi tempatku gak bersalju tapi di greenwhich bersalju...hii...asyik doong...I love snow.

Anyway..lama juga gak update. sebenarnya sejak Rekaman terakhir aku udah nyoba ngerekam lagi pakai format MP3 tapi gak bisa...tak tahulah akhirnya give up...sejak itu masih males merekam lagi..

this week I will be extremely busy karena shiftku bulan ini ancur ancuran, I will have to work 5 times a week dengan durasi 12 jam sekali shift....hik..hik..walhasil jadwal ngajar di tayyibun institute musti ditukar dan harus absen sehari dan minta ganti guru lain untuk ngajar.

belum lagi minggu lalu dan minggu ini musti prepare Mock exam untuk Tajweed Level 2 Class, ditambah 2 hari terakhir ada tamu yang menginap dirumah minta diskusi banyak tentang persiapan menikah dan kehidupan pernikahan...jadilah kami begadang 2 hari berturut turut...but it was worth it karena jadi si gadis ini semakin percaya diri untuk masuk ke jenjang pernikahan....intinya...capek, sibuk, jugling the time.

BTW...ada kabar bagus dari manager di RS-ku....alhamdulillah ada enaknya emang kerja di Inggris....sebagai pekerja wanita, kalau ada wanita hamil dan melahirkan maka dia akan dapat maternity leave alias cuti melahirkan (kalau staf pernanen loh yah). Selama 3 bulan pertama mereka akan dibayar full salary dan selanjutnya dibayar separo. not bad lah..seolah olah kita merawat anak dan spend time with our new born baby dan dibayar...hush...matre' banget seeh? eh tapi kalau ada sistem Islam sebenarnya ini juga diberlakukan loh....yang jelas kesejahteraan seorang ibu dijamin oleh Suami, keluarga dan negara....sungguh enak emang jadi wanita....tidak pernah menanggung orang lain tapi selalu ditanggung oleh orang lain..hehe..

nah ngobras tentang cuti...kemarin ngobrol sama manager ternyata cuti dihitung dari april hingga maret tahun berikutnya...nah karena aku mulai kerja bulan desember dan shift yang aku pakai adalah model long hours (12 hours shift) maka ada keuntungannya, annual leave (baca: cuti) untuk karyawan yang seperti ini menjadi lebih banyak dan lebih panjang......

alhamdulilah mulai desember sampai maret ini aku dapat cuti 8 long days (alias 2 ,5 minggu) dan enaknya lagi...aku bisa ambil ini di tahun berikutnya...artinya kalau cuti tidak diambil sampai maret mustinya hangus tapi karena aku baru bekerja, aku diberi dispensasi dengan tidak hangusnya cuti dari bulan desember lalu...walhasil I am entitled to have annual leave for total 2 months and 2 weeks.....alhamdulillahirobbil 'alamin. hurray!!! gimana gak happy seeh?

saking happy-nya aku seyum sana sini dan itung itung sana sini mau aku habiskan untuk apa saja cuti cuti itu....hehe.....inshaAllah kabar berikutnya menyusul deh..

hik..hik..jarang jarang I plan my life for the whole year....biasanya sih per bulan..tapi karena urusan cuti ini jadinya harus makin organize....kalo gak maka bisa bisa gak dapat cuti yang kita inginkan karena tiap minggu hanya boleh 5 orang yang cuti. akhirnya 2 minggu yang lalu aku langsung propose ke manager ingin cuti bulan ini dan itu..alhamdulillah masih bisa and now I can't wait to spend my annual leave..... weleh..kerja belum genap 4 bulan aja maunya udah cuti mlulu....ya iyalah...capek bo!!

Friday, 14 March 2008

Efek berita duka itu...

Akhir akhir ini aku banyak mendengar berita sedih, dari temanku, dari keluarga suami dll. senin malam yang lalu adik suami (adik iparku) meninggal dengan halah (perantara) sakit. kenapa perantara? karena perantara adalah kondisi yang menghantarkan sedang penyebab dari kematian adalah datangnya ajal. Kalolah sakit bertahun tahun tapi penyebab kematian (ajal) belum datang maka tidak akan seseorang itu meninggal. Anyway....selain berita itu ada juga berita duka dari temen di sini yang mengalami keguguran, ada yang suaminya meninggal dunia, ada yang isteri adiknya meninggal, dan juga bapak mertua meninggal (yang ini temen di US), terakhira temen MP (mba wati) yang ditinggal oleh adik kandungnya. Belum lagi akhir akhir ini di bangsal tempat aku bekerja hampir tiap minggu ada orang yang meninggal dan tiap kali aku masuk ada saja yang meninggal.... Innalillahi wa Inna ilaihi rajiun

Allah berfirman dalam Al Quran:

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.” (QS Al-Ankabuut : 57)“

...Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS Luqman : 34)

Memang dunia hanya sementara dan kejadian beruntun ini membuatku berfikir banyak tentang apa bekalku jika Allah memanggilku? apa sudah cukup amal baikku? dan pertanyaan serta kekhawatiran dan ketakutan akan kurangnya bekal......semoga nantinya kita semua meninggalkan dunia ini dalam keadaan iman dan Islam yang tertinngi. amin ya Allah.

Tapi ada juga hadis Rosulullah yang menjanjikan kebahagiaan jika kita meninggal dan ada amal yang mengalir pahalnya seperti sungai. ketiga amal itu adalah amal jariyah, anak yang sholeh dan Ilmu yang bermanfaat. aku jadi ingat seorang orator hebat Syeikh Ahmad deedat yang banyak berjidal (debat) dengan pendeta dan tokoh tokoh kristen dan kebanyakan dari mereka akhirnya masuk Islam setelah syeikh deedat jatuh sakit. Dan kini setelah beliau meninggal rekaman ceramahnya masih bisa di akses siapa saja melalui you tube. dan inshaAllah inilah ilmu yang bermanfaat. meski beliau sudah tiada tapi ilmu beliau masih bisa menerangi orang, menguak kesalahan dan menunjukkan kebenaran.

Dari niatan ini akhirnya kemarin aku otak atik feature-nya multiply. aku punya kumpulan ceramah (dalam bahasa inggris yang pas pasan) sejak aku pindah ke Inggris, sayang sekali jika kumpulan itu berakhir di folder ku saja. Berhubung kebanyakan ceramah (talk) tadi adalahtalk yang disampaikan di sebuah forum dan bukan lewat tulisan, maka bagi orang yang membacanya sendiri mungkin akan kesulitan memahaminya karena format tulisannya bukan format tulisan yang baku tapi sekedar urek urek yang aku jadikan guidelines ketika aku berceramah. dari situ alhamdulillah akhirnya ketemu feture Video di Multiply, dimana kita bisa merekam suara lewat webcam. Walhasil, web cam aku arahkan ke korden dan akunya cuap cuap.

Pingin denger hasilnya? silahkan klik di SINI

Semoga bermanfaat, aku berencana untuk bikin koleksi biar bisa didengarkan seluruh teman teman yang ingin berbagi ilmu denganku dan aku berharap nantinya Ilmu itu lah yang akan menjadi aliran pahala untukku di akherat kelak. Amin Ya Allah

Sunday, 9 March 2008

Rinduku....

"Nduk kalo tugas IKM (ilmu kedokteran masyarakat) nya sudah selesai cepat pulang yah?" itulah kata yang terucap dari seorang wanita yang mengajariku banyak hal. Meski aku tahu betapa besar rasa sakit dan nyeri yang beliau rasakan karena kanker yang beliau derita tapi dalam bicaranya tidak sedikitpun muncul nada pemaksaan. Memang beliau tidak pernah mau memaksa, beliau hanya ingin aku mengerti tanpa harus berkata kata. Membaca perasaan orang, itulah yang banyak beliau ajarakan...

Baru aku sadar, akhir IKM itu adalah akhir juga wira wiri ku dari kota aku kuliah untuk memenuhi impian beliau sebagai seorang dokter ke desa tempat tinggalku. Akhir januari 2004, kiranya sudah jenuh beliau menangggung sakitnya. Makan sudah tidak selera, buang air besarpun mulai menjadi sebuah perjuangan. Hal yang kita ambil dengan mudahnya tapi tidak di detik detik terakhir itu. Hingga akhirnya aku selesai menempuh pengabdianku sebagai calon dokter di masyarakat akhirnya aku buru buru kembali pulang dengan penuh tanda tanya karena dari balik suara telpon wanita tadi tampak memaksa diri untuk kelihatan biasa saja. Dalam hati aku yakin ada sesuatu yang tidak beres.

Bersegera aku tempuh perjalanan 6 jam dengan kereta. saat sampai di depan rumah, tidak lagi aku lihat beliau duduk manis di beranda rumah sambil tersenyum menyambut kedatanganku seperti biasa. Yang tampak adalah seorang wanita lemah dan tidak berdaya terbaring di tempat tidur yang terletak di ruang utama. Ruang tamu yang sudah sekian lama beliau jadikan ruang tidur karena capeknya beliau keluar masuk kamar. Malam hari aku sampai dan malam itu juga aku dapati beliau begitu sakit, tanpa daya, namun tetap berusaha nampak biasa. Baru aku tahu kalau beliau sudah berhari hari tidak mau makan karena semua makanan yang didalam perut tidak bisa keluar. Dengan penuh rasa khawatir aku langsung meminta tetangga mengantarkan beliau ke Rumah sakit dimana aku belajar, Yup! aku harus kembali lagi menempuh perjalanan 6 jam dalam satu hari, kali ini naik mobil. Lelah, khawatir, merasa bersalah, kasihan dan takut kehilangan....semua perasaan bercampur aduk. Dalam perjalananpun wanita tadi nampak sekali tidak nyaman..berulang kali kami harus berhenti untuk membuat beliau nyaman.

Sampai di Rumah sakit, semua selang harus masuk ke dalam tubuhnya....NG tube, kateter, enema, dan sebagainya......seminggu berlalu hingga akhirnya beliau jatuh dalam koma, kami pindah ke Rumah sakit yang dekat dengan kampusku, namun semua tidak bisa membantu. Hingga akhirnya sabtu jam 1 siang Allah memanggil beliau setelah 2 hari ada dalam koma. Innalillahi wainna ilaihi rajiun.

Dialah wanita yang membuatku seperti sekarang

Dialah wanita yang tidak pernah membentakku sekalipun

Dialah wanita yang selalu mengajariku positive thinking

Dialah wanita yang selalu mengajariku percaya diri

Dialah wanita yang selalu memberiku senyum setiap kali aku pulang dengan keletihan

Dialah wanita yang selalu khawatir jika aku menempuh perjalanan panjang

Dialah wanita yang selalu menjagaku dikala aku sakit

Dialah wanita yang selalu menyebut namaku dalam doanya

Dialah wanita yang selalu membuatku merasa beruntung dilahirkan darinya

Dialah wanita yang selalu nampak tegar meski banyak rintangan

Dialah wanita yang selalu bekerja keras tanpa kenal lelah

Dialah wanita yang selalu mengajariku untuk punya mimpi yang tinggi

Dialah wanita yang jika dia bicara membuat hatiku tentram

Dialah wanita yang selalu menelpon tiap hari saat aku memulai hidup baru di kota

Dialah wanita yang selalu mengajariku untuk dekat dengan Sang Pencipta

Dialah wanita yang menjadi motivasiku untuk bercita cita

Dialah wanita yang berada di belakangku dan mendukungku ketika pertama kali aku bertemu dengan Diin-Nya

Dialah wanita yang selalu ada dibenakku saat suka maupun duka

Dialah wanita yang bercita cita melihatku bersanding bersama pilihanku

Meski mimpi itu tidak menjadi nyata tapi aku yakin dia bahagia melihatku bahagia...

Dialah wanita yang selalu dan selamanya aku cinta...

Yah....Dialah ibuku, temanku, shahabatku, pelipur laraku...Meski beliau telah tiada, dia akan selalu ada....

Ada di dalam hatiku..

ada di dalam doaku

ada di dalam benakku

ada di saat sukaku dan dukaku

Untuk yang masih punya ibu, Jaga dia, cintai dia, hormati dia dan sapalah mereka dengan penuh kelembutan karena jika mereka sudah tiada maka penyesalan tiada guna

London March 9th 2008 (yang sedang dibalut rindu kepada ibu)

Wednesday, 5 March 2008

Sowwwi

Well..well....well...busy busy day....I got plenty thinsg to sort out lately and I had to do more shift this month as I swapped my shift on february with someone else, consequently I have to catch up for it.

Anyway, A big appology for all visitors (brothers and sisters) that I haven't had a chance to update this blog properly. At the moment hubby is away for a while and the Laptop is with him. Meanwhile my PC hasn't got Ethernet plug where I can plug it to modem router thatswhy I couldn't access any email, blogs or anything from home. What about now? well....Guess!!!...yeah,I am doing it from hospital computer. we got free internet connection and I use my break time to check email and blogs.however Now is my last minutes before I leave the Long day shifts..

till then.....Assalamualaikum and take care