Sunday, 30 December 2007

Tentang Si DIa.....

Bagi khalayak ramai, si DIA dikenal pendiam...awal pertemuanku dengannya terjadi sekitar setahun yang lalu....tepatnya aku gak inget tapi yang jelas seorang teman membawa dia ke pengajian An Nasihah dan subhanAllah....ternyata dia berasal dari daerah yang sama denganku (di Indonesia).....bahkan dia tinggal hanya beberapa gang tak jauh dari tempat kosku jaman kuliah dulu.....what a co-incidence...sering aku godain dia...."kenapa sih gak dulu dulu waktu kita masih tetangga gang Allah membuat kita ketemu?" well...dia pun gak tahu jawabnya..namun yang jelas pertemuan kali ini lebih istimewa karena kami disatukan oleh rasa ukhuwah yang mungkin dulu belum sama sama kami miliki.

Hari berganti hari...bulan berganti bulan......aku semakin mengenal karakter dan kesukaan dia....pendek kata, kami sangat get on...dalam setiap pengajian, meski diam ternyata dia merekam...dalam diam dia merenung sekaligus mendalami setiap kata yang aku sampaikan.....Hingga suatu hari dia bilang "wah mbakyu kayaknya aku butuh dosis tambahan nih, seminggu sekali rasanya kurang bangert untuk bisa mengerti Islam" subhanAllah..bagiku tidak ada kebahagiaan sejati selain keberadaan orang disekitar kita menyambut ajakan kita untuk kembali kepada Allah...dan Alhamdulillah SI DIA menyambutnya....

Akhirnya, kami setuju untuk membuat forum kecil, hanya satu atau dua jam dalam rangka diskusi lebih mendalam tentang Islam.....dia orang yang tidak banyak ngomong tapi sangat memegang komitmen......dia juga orang yang gak aneh aneh, tapi bagiku dia istimewa karena dia yang mengundang Islam memasuki kehidupannya....Allah telah memilih dia untuk dibuka hatinya dan ini adalah sebuah karunia yang tidak bisa dihitung dengan apapun. Kapappun aku minta dia datang, serta merta dia mengiyakan.....yang jelas..dia yang 'ngikut' sama jadwalku....hik..hik..kasihan juga kadang karena I feel a bit unfair to her seomtimes...but alhamdulillah she doesn't mind at all...

By the way...diskusi demi diskusi kami lewati, mulai masalah aqidah, hukum syara', akhlaq, dakwah dan juga peran wanita sebagai hamba Allah, isteri, ibu dan anggota masyarakat.....rasanya Allah memang sedang membuka hatinya.....tidak ada kata 'tidak' atas hukum Islam yang tersampaikan.......bukan berartiu dia tidak mengerti atau dia tidak peduli atau dia tidak berani untuk tidak setuju, tapi memang semuanya sangat masuk di hati dan juga di aqalnya.....wajar kalo kemudian dia semakin jatuh hati kepada Islam dan tidak mampu hidup tanpa tsaqofah Islam.

Sampailah pada suatu hari kami berbicara tentang masalah jilbab (baca: jubah). saat pertama dia memang gadis manis bercelana jeans, berbaju khas Indonesia, kadang kaos biasa......karena memang hanya kewajiban menutup aurat saja yang dia tahu pada waktu itu......namun akhirnya dia mengetahui bahwa ada kewajiban lain selain menutup aurat bagi wanita, diantaranya adalahkewajiban memakai jilbab ketika keluar rumah, keharaman bertabarruj, keharaman untuk mempercantik diri di kehidupan umum (publik) dan subhanAllah serta merta dia menerimanya.......atas rezeqi Allah akhirnya dia memiliki jilbab dan sejak itu kemanapun dia berjalan jilbab itu tidak pernah lepas dari tubuhnya...yang menakjubkan bagiku...meski jilbab (with special needs) yang dia punya hanya satu tapi itu tidak mematahkan semangat dia untuk tetap teguh memegang hukum Allah! subhanAllah....meski pun dia harus memakai jilbab yang sama setiap dia keluar rumah karena itu saja yang bisa dia pakai saat ini.

yah....Kekaguman ini belum pernah aku sampaikan kepada dia.......ketakjubanku ini belum pernah ku terangkan kepadanya...namun aku yakin sekali dia akan membaca blog ini karena sepertinya dia termasuk pembaca setia blog-ku. *sok etatah* so I hope she finally knows what it's actually in my mind.

Kini dia akan balik ke Indonesia for good. artinya aku akan berpisah dengan dia......ada rasa berat melepasnya karena aku seperti baru menemukan orang istimewa yang bisa berubah dalam waktu cepat....jarang aku bisa bertemu dengan orang seperti ini apalagi berjalan mengiringi dia meniti proses transformasi yang sedemikian besarnya.....Alhamdulillah aku beruntung bisa mengenalnya dan mendapat kesempatan berbagi segala sesuatu dengannya.

Aku berharap di tanah air kelak, dia bisa memberikan kontribusi yang besar untuk kemenangan Islam....aku yakin tantangan di negeri sendiri akan lebih besar, namun aku yakin dia bukan orang yang gampang menyerah....nampak sekali dari pengorbanan yang dia lakukan, saat harus menghadiri pengajian dia rela pulang di kegelapan bersama bayi puterinya (karena maghrib sangat awal) , naik bus hampir satu jam lebih, kemudian musti naik turun tangga di tengah udara dingin Inggris.....Aku yakin, jika dia bisa survive dan menunjukkan kuatnya ghirah Islam yang dia miliki di negeri ini maka di negeri yang baru kelak dia akan lebih mampu dan semua akan terasa ringan....semoga ya Allah.

selamat jalan wahai saudaraku tercinta...

semoga Allah selalu melindungimu, mengiringi langkahmu, menyayangimu dan menunjuki jalan Islam hingga maut menjemputmu..Allahumma Amin.

Aku memang tidak pandai mengungkap isi hatiku dihadapan orang yang bersangkutan secara langsung....namun aku sengaja menulisnya di blog, supaya seluruh dunia tahu betapa sebenarnya aku mengagumi dia, salut dengan pengorbanannya dan beruntung sekali bisa mengenalnya....

InshaAllah kenangan manis kami akan tercatat dalam relung hati ku yang paling dalam..dan indahnya kebersamaan kami akan menjadi salah satu warna dalam pelangi hidupku...

uhibbuki Fillah ya Ukhti ( I love you for the sake of Allah o sister).....be strong and be steadfast because the path you've choosen now will have more obstacles than the previous one but I assure you inshaAllah the reward is definitately greater than before.

*btw ibu an nasihah yang lain jangan cemburu dulu yah...I love you too all for the sake of Allah as much as I love 'her' *

Siapakah dia???? clik HERE if you want to know her.

Sunday, 23 December 2007

Cerita Eidul Adha 2007

Alhamdulillahirobbil 'alamin.....meski aku mulai kerja bulan desember ini tapi tanpa aku request ke managerku ternyata di hari Eid dan bahkan arafah day aku off kerja alias gak dapat shift kerja hari itu...artinya aku bisa dengan bahagia menyambut eid, merayakan eid dan juga sehari sesudahnya pun masih juga off kerja.....so...kerja cuman hari senin dan hari jumat tapi 12 jam sekali shift...so not too bad lah..berangkat jam 7 pulang jam 8 malam......yeah it is such a long day but I was lucky this time....kebetulan ward (bangsal) dimana aku kerja sedang kena wabah diare, beberapa pasien dan juga staf ada yang kena, akhrinya ward di tutup, gak boleh ada pasien baru masuk tapi boleh pasien pulang, so...it was very quiet week for me...again I am fortunate karena artinya aku punya banyak waktu untuk belajar adaptasi dengan sistem kerja yang baru, temen baru dan juga pasien baru. yang jelas so far so good, so far I am happy with what Allah has granted me.

Cerita tentang Eid, alhamdulillah kebanyakan muslim di Inggris merayakan hari Rabu, kasus tentang hari raya kamis dan jumat memang ada tapi itu hanya aku dengar dengar saja, rata rata semua masjid mengadakan sholat eid hari rabu so no problem at all for me to find a mosque to pray...tinggal milih masjid mana yang mau kita datangi...termasuk KBRI (kedutaan Indonesia) mereka juga merayakan hari rabu....so seperti biasa aku dan suami milih Masjid besar East London Mosque (ELM)....dan kebetulan aku dapat amanah dari Tayyibun Institute juga untuk menyebarkan Lealfet pendaftaran murid baru institute, so tambah mantap untuk ke ELM.

Hari sebelumnya sempet belanja sana sini....sengaja hari itu gak masak untuk Eid karena memang kami dapat undangan makan siang dirumah tetangga dan makan malam dirumah teman suami....so...It was a bit relief for me...hehe...

pagi pagi kita bangun untuk catch up dengan sholat Eid ronde pertama (karena solat eidnya ada 4 ronde). Denger denger yang paling baik adalah ronde yang pertama....sebuah tradisi yang tak pernah kutemui di negeri Indo...agak ngerasa aneh juga sih di awal awal ngerayain Eid di inggris, but it's fine now...Alhamdulillah kita berhasil sampai ke masjid sebelum sholat eid mulai....so dapat kesempatan duduk di shaf pertama....

Sholat Eid dimulai dengan cara yang sedikit berbeda (karena ELM mengikuti madzhab Hanafi), dengan takbir di rakaat' pertama 3 kali dan takbir 3 kali sebelum ruku' di rakaat kedua. Kebetulan aku ketemu 2 ibu indonesia...mashaAllah, seneng banget...eh gak tahu kenapa yah sampai sekarang aku masih saja excited kalo ketemu orang indo di masjid..hehe....we sat next to one another.....tapi gak sempet ngobrol lama karena aku harus menunaikan amanah dari Tayyibun Insitute. I had to stay behind till 12 pm, setelah selesai aku langsung meluncur ke rumah tetangga, sampai disana makan siang udah disiapkan, rupanya aku tamu terakhir, so it was just me and my husband, aku di kamar tidur bersama sang istri sedang para bapak bapak di ruang tamu.

Setelah 2 jam ngobrol dan makan bareng, akhirnya kami pulang, karena cuuapek banget akhirnya aku tertidur sebentar, kemudian sholat dan siap siap untuk meluncur ke undangan berikutnya *asyiiik*......ba'da maghrib kami meluncur ke daerah Bromley by Bow...dan menghabiskan sisa malam itu ngobrol dan tertawa gembira dengan temen baru-ku seorang sister bengali yang menikah dengan muallaf inggris dengan 2 putri cantik mereka.

Alhamdulillah over all I did enjoy the 1sy day of eid....the next day, giliran ibu ibu An nasihah yang sowan ke rumah....kebetulan aku dapat giliran ngaji dirumahku..seneng banget deh...karena pas banget momennya, udah lama gak ngaji, trus pas hari raya lagi dan juga Teteh dan mba Ning bantuin bikin menu hari itu, lontong sayur gitu loh, menu khas hari raya euy....emang gak ada opor ayam but it was delicious food.....ibu ibu dan aku bener bener menikmati momen itu, kloter terakhir pulang jam 7an...hehe betah banget deh pokoknya......

the next day which was friday, I had to go back to work, wuiiih..capke juga setelah kesana kemari hari sebelumnya...but luckily there wasn't any change in the ward, no new patients bahkan pasien lama banyak yang pulang, no pressure at all...malah aku sempet duduk duduk di depan kompi juga.......pulang pulang the weather was very cold, foggy dan sepi, karena jumat kemarina adalah weekend terakhir sebelum christmas makanya banyak orang pergi ke luar kota dan luar negeri untuk merayakannya....

Sabtu kembali ngajar Tayyibun dan the rest of the day I was just having a good rest karena cuaca juga mendukung banget untuk tidur dibawah selimut, It was really cold, dark, cloudy and foggy still....minggu hari ini pun sempet ngaji sama temen temen inggris yang datang ke rumah *manja banget deh di datangi orang terus* and do a bit of cooking and also prepare tomorrow long day shift.....habis ini ke dreamland ahhh...

Overall....busy sih emang busy...but I am happy and I feel lucky

Sunday, 16 December 2007

200'8' Wishlist

Sebenarnya udah happy banget bisa 'terhindar' dari demam PR yang sedang mewabah....eh ketimpuk juga by Ummu Isa...so mau gak mau dikerjain....maunya sih gak usah but kalo yang request si Ibu isa ini gak tegaaaaaaaaaaaaa kalo ditolak...bsia bisa aku gak dibikinin pakura-nya dia yang huweenak gitu loh!

hokeeeh deh kita mulai......alhamdulillah Beberapa Wishlist ku yang tahun lalu terlaksana meski agak telat...one of them is getting a job in my medical field..so ada sedikit yang berubah...but the rest is till the same...hehe.

karena tahun 200'8' kali yah makanya cuman dibolehin nge-list 8 doang.

1. Jadi Muslimah yang lebih dekat dengan Allah, lebih giat dakwah dan ibadah serta lebih baik dari sisi akhlaq dan nafsiyah

2. Jadi isteri yang lebih baik, lebih jago masak, dan lebih banyak bersyukur.

3. Bisa jadi teman yang lebih baik dan lebih bermanfaat karena the past few months I hardly contacted my old friends either in UK or in Indonesia, jadi ngerasa bersalah banget deh.

4. Go hajj! yang ini sudah seperti ngidam deh..subhanAllah, airmata selalu netes kalo ngelihat ka'bah or baitullah image....bawaannya melankolis..

5. Having a baby (klasik euy) ya iya lah....kan kalo udah menikah maunya kan punya keturunan...biar ada sebutan ummu 'sapa' gitu loh....*loh kok niatannya jadi aneh gini?*

6. Pingin bisa Pulang kampuang dong hey...yeah it has been 3 years I haven't stepped my foot on Indo island ...

7. Bisa ketemu keponakan yang kiyut bin nggoplem yang sejak dari kandungan hingga kini (dia udah jalan) belum pernah nggendong

8. Bisa beli Laptop dengan uang keringat sendiri...hehe. udah sering ditawari suami sih but I just want to buy it by my own money. kalo rusak tuh gak beban gitu loh

Kayaknya udah cukup deh......Please make du'a for me that Allah grants the answer for all my pray and wishlist....inshaAllah...

Monday, 10 December 2007

Akhirnya ambruk juga...

Today was the 1st time working in the ward..kalo minggu yang lalu aku masih induction di kantor human resources yang notabene jauh dari RS, hari ini aku mulai kerja di bangsal alias ward. Yes!! somehow I missed the hospital fragrance..ops is it real fragrance or actually a smell?whatever!yang jelas aku suka bau RS yang baru di pel....hehe *norak dot com*. kebetulan aku ditempatkan di stroke unit, so most of the patients are elderly...meski komunitas di sekitar RS adalah Asian tapi anehnya elderly di bangsalku kebanyakan orang kulit putih, kenapa? karena biasanya Asian elderly dirawat oleh anak anak mereka sendiri, but orang asli inggris (kulit putih) kebanyakan tinggal sendiri...they have completely different values as Asian culture where one of the obligation of children is to take care of their parents.....alhamdulillah....patut dipertahankan nih.

anyway...Ngomong ngomong tentang new job, today I was a bit lucky, the ward wasn't that busy as predicted, biasanya sih busy kayak pasar krempyeng...orang wira wiri, terutama nurse-nya, kalo odkternya mah duduk doang, alhamdulillah I got very nice senior staff, dia ngebolehin aku pulang 15 menit lebih awal, She provided me a break time to pray and having lunch......yang jelas I am setling down quite easy and they helped me so much.....

btw...2 hari sebelumnya actually I wasn't well....kena flu dan juga kepala terasa pusing...kecapekan kah? gak juga..karena biasanya aku juga sibuk ngajar sana sini....sekarang acara private tutor lagi off for a while until I settle down, mungkin karena weather yang unstable.....hujan, angin, dingin, dll.....no complain lah..but It does affect my health....suami yang biasanya tahan banting pun ambruk..so berdua kita 'menikmati' blocked nose, coughing, muscle pain dan segala macam gejala flu bersama sama.....but alhamdulillah hari minggu kemarin I managed to have a rest for the whole day and today (monday) I was healthy enough wake up and go to work, luckily it was a short shift so I got a longer time to rest once I reached home.

Well...well...emang gak gampang untuk bisa 'survive' di negeri yang bertempo 'cepat' seperti inggris....tiap orang sibuk...tiap orang repot dan tiap orang bener bener gak punay waktu untuk orang lain unless we forced ourselves to have it! just to be 'survie' perhaps you need to sacrifice a lot of things, let alone to be better off....well this is my opinion, do you agree guys (whoever lives in UK)?

Luckily, Hubby has been so helpful bantuin masak, bersihin rumah, etc meski he wasn't that well too...but we did help each other. whatever he can do to help me,he will do it without me asking him. aww...jadi inget jaman jaman masih single, jaman jaman dimana aku banyak baca buku buku tentang pernikahan....emang bener dibilang disana: pilihlah pasangan karena imannya, karena jika dia mencintaimu maka dia akan memperlakukanmu dengan istimewa namun jikalau dia tidak mencintaimu maka dia akan tetap berlaku adil kepadamu karena dia takut kepada Rabb (Tuhan) nya.

Namun ada juga yang bermasalah..baru practice islam pas keduanya udah nikah.....adakalanya sang isteri lebih 'alim' dan move faster dari suami, atau sebaliknya...memang akan memungkinkan munculnya banyak masalah jika gap mafhum (pemahaman) itu ada diantara suami dan isteri..namun aku sendiri lebih setuju siapapun suami atau isteri kita, jika dia lebih 'alim' maka dialah tempat belajar kita sedang jika diaa tidak 'lebih alim' dari kita maka dia adalah ladang dakwah bagi kita (Meng-quote kata kata pembinaku dulu). Dengan berfikir begini maka pikiran 'ingin pisah' atau bahkan 'membenci dan menggaap rendah pasangan kita tidak akan terjadi'. InshaAllah

wallahu 'alam..ini mungkin hanya bisa di terapkan di beberapa kasus saja....

anyway....Siapapun suami/ isteri anda yakinlah bahwa dia adalah Pilihan Allah untuk anda....Jaga dan cintailah dia...sangat gampang untuk menikah but it needs hard work to be able to maintain marriage life...

Good luck untuk yang sedang 'search' belahan jiwanya dan berbahagialah untuk yang sudah menemukannya....

kok jadi ngelantur yah?gak cocok ama judulnya nih...udah lelet deh kayaknya otakku..tomorrow musti wake up very early again....

jazakumullah for reading

Tuesday, 4 December 2007

Hari Pertama kerja di RS

Nervous, susah tidur, sakit perut...itulah yang kurasakan menjelang hari pertama kerja di Royal London Hospital...Yes, ini adalah pekerjaan pertama-ku yang official plus cocok sama bidangku...sebelumnya mah gak se-serius yang ini....meski kali ini kerja-annya cuman jadi assitennya dokter dan perawat dan gak jadi 'dokter' beneran but still it is a big step for me.....yah gimana..lha wong semuanya serba baru.....health care system yang baru, pemakaian alat2 baru, medical record baru, bahasa baru, standar juga baru.....I feel like working in different planet terutama waktu tahu segala macam standard dan misi yang mereka ingin capai di hari pertama induksi (induction).

yup...RS di tempat aku kerja ini memang punya misi menjadi RS worldclass in less than 10 years ahead.....meski sudah menyandang salah satu dari the Best Teaching Hospital in England dan juga The TOP 10 best hospital in the UK, The leading Trauma Center (Accident and Emergency) dan juga siap siap launching the biggest new hospital building eh tetep aja masih kurang.....merinding aja mendengarnya...tapi gak heran juga sih kalo inggris bisa menjajah dunia dan bahasa inggris adalah salah satu bahasa dunia. karena memang cara berfikir mereka yang mendalam dan juga selalu orientasi ke depan dan well-plan ahead. itulah kenapa kebangkitan dari suatu kaum diawali dari kebangkitan berfikir.

Anyway...Minggu pertama aku masih perkenalan dengan Trust (istilah untuk company-nya RS disini). sekaligus diberi 'ceramah' tentang Clinical Waste management, UU kesehatan, Child Protection Act, Benefits kerja di Royal London Hospital, dll. bagiku sih a bit boring karena kita cuman duduk dan dengerin..sekali waktu kepala 'manthuk manthuk' biar yang ngasih ceramah seneng...hehe padahal akunya ya emang ngantuk!

Hari pertama musti selesai jam 5 sore tapi alhamdulillah ceramah mereka ngebut so akhirnya kita selesai jam 3 sore. pulang ke rumah, kepala pusing, langsung sholat maghrib dan ngorok..hehe

Hari ini ada training yang berjudul: Manual Handling, bagaimana transpor Pasien, bagaimana membantu pasien pindah dari tempat duduk ke Bed jika mereka tidak bisa melakukannya sendiri...dan juga aku diperkenalkan dengan alat alat baru yang subhanAllah...selama lebih dari 6 tahun kuliah di kedokteran gak pernah lihat yang namanya alat yang bernama: SLIDE SHEET, HOIST dan juga SINGLE SLIDE GLIDE. huwalaaah, padahal tukang ngepel RS aja tahu, hehe....eh tapi ada senengnya...ternyata yang 'ndeso' gak aku doang.....ada 13 temenku dimana 2 diantaranya memang sudah punya pengalaman kerja di National Healthcare Service (NHS) tapi sisanya ada Dokter dari nigeria, terapist dari filipina, perawat dari India, dll...mereka belum pernah kerja di NHS so sama sama mlongo di hari kedua. asyiknya lagi 2 orang yang aku sebutkan terakhir sudah menjadi temanku sejak hari pertama. kenapa? karena saat interview kami sempet bertemu....dan dunno why I got feeling that the indian girl would get the Job and finally She did! so excited banget pas ketemu....dan jadilah kita makan siang bareng, minum kopi bareng, dll.....

subhanAllah...pengalaman 2 bulan terakhir ini benar benar membuktikan bahwa Allah hanya akan memberikan apa yang TERBAIK untuk kita tepat pada saat yang terbaik pula!....sebenarnya udah sejak lama I really wanted to get a job in healthcare settings, tapi namanya belum rezeqi....sekian banyak interview udah dijalani.....sampai heran juga apa yang salah...but now I knew exactly what's worng....karena aku gak punya pengalaman kerja di RS Inggris padahal bagi pencari kerja di Inggris..pengalaman adalah hal paling penting disamping gelar. but this time Allah finally answered my du'a dan RLH (Royal London Hospital) bersedia ngasih kesempatan aku untuk membuktikan kemampuanku....*cieeeeeeeee emang mampu nduk?*

Kata Almarhumah Ibu: "Rezeqi itu jika dikejar lari dan di jika tunggu berhenti" *lah ga dapat dapat dong* ....yah gak gitu sih....artinya kalo memang bukan hak kita segala upaya apapun kita kerahkan maka rezeqi itu tidak akan bisa kita dapatkan, sebaliknya kalo sudah menjadi hak milik kita maka siapapun yang berusaha menghalangi tidak akan mampu menghentikan rezeqi itu menjadi milik kita. Dan SubhanAllah..ternyata banyak sekali hikmah kenapa aku harus menunggu sekian lama untuk dapat kesempatan kerja.....At last i knew bahwa apa yang diberikan oleh Allah jauh lebih baik dari apa yang aku duga dan aku inginkan.

kenapa? Karena bekerja di Royal london Hospital membawa banyak keuntungan bagiku dan kemudahan seperti:

* RLH terletak di area Whitechapel.....dan area itu adalah area dimana aku aktif ngaji dengan teman teman di Sini...seperti 'desa' ku sendiri lah..I know exactly the details of the area dan hampir tiap hari pasti aku lewat depan RLH.

* Buanyak sekali temenku yang bekerja di RLH. so saat aku sampaikan berita gembira itu mereka excited dan udah planning mau makan siang bersama lah..kalo ada break time. mau ini dan itu....

* RLH terletak di jantungnya komunitas muslim. dan sebagian besar pasien adalah dari kalangan Asian. Tak heran jika mereka sangat menghargai nilai nilai Islam dari kaum muslimin setempat.

* RLH sangat dekat sekali dengan masjid kecintaanku: East London Mosque..hanya 2 menit jalan kaki.

* RLH memberikan fasilitas yang sangat memadai bagi kaum muslimin, karena memang tugas mereka yang utama adalah memberikan pelayanan kesehatan untuk komuniats setempat dimana karena komunitasnya adalah muslim. tak heran jika mereka menyediakan tempat khusus untuk Sholat. dan subhanAllah aku sangat terharu sekali, saat training hari pertama, aku nanya tempat sholat, eh mereka bawa aku ke suatu ruangan yang udah disiapkan dan disitu sudah tersedia Sajadah dan arah Kiblat! sesuatu yang di hotel Jakarta aja jarang didapati.I was so grateful to Allah for that.

* Lagi lagi karena mereka memnag mayoritas memiliki pasien muslim sekaligus staff muslim, mereka mengadopsi kebijakan bahwa wanita muslimah yang bekerja di RLH BOLEH MEMAKAI JUBAH sebagai seragam! mashaAllah.......aku gak tahu RS mana lagi yang mengijinkan hal ini tapi sungguh waktu di Indo saja buuanyak perawat yang protes kalo ada Doketr Muda masuk ruang operasi pakai jubah....but disini malah dilindungi undang undang....mereka menganggap ini adalah Hak dari seorang muslim.

* Terakhir.....karena aku baru, trus terang nervous banget dan aku sangat berharap kepada ALlah supaya ada staf baru dengan posisi yang sama dengaku dan bekerja di bangsal yang sama dan Allah menjawab doaku......seorang wanita filipina seusiaku bakal bekerja di bangsal yang sama denganku, aku ketemu dia di interview day dan aku ketemu dia di trainig day...yes I found a good collegue already even before I start my new job......mashaAllah...

Itulah kenapa aku selalu yakin...SOBRUN JAMIL....setiap Kesabaran akan berbuah manis....lebih dari itu.....Puas terhadap apapun keputusan Allah akan membuat kita diberi hal yang jauh lebih baik dari apa yang kita harapkan....

Alhamdulillahirobbil 'alamin. segala puji hanya bagi Allah, Penguasa hidup dan Seluruh jagat Raya.....