Skip to main content

Perjalan ke Belanda (part II)

  • Hari hari Di belanda

Sesampainya di belanda, kami masih harus naik metro (sky train) dan train biasa. Eh keretanya miriip banget ama design kereta api di Indo..duduk saling berhadapan dengan meja kecil di pinggirnya….mungkin karena kereta indo tinggalan belanda kali yah? Yang jelas bukan sebaliknya, kereta belanda yang niru Indonesia??? Hehe...

Setelah keluar dari train kami naik Bis sejauh 5 menit ke rumah keluarga suami. Alhamdulillah sampe sana jam 8 teng!..Oh Lord! Perutku sudah dankdhut-an alias laper bo!untungnya kakak iparku masak…..menu istimewa, ada 4 menu deh malam itu…weleh….langsung kita sholat dan makan…nyam nyam…tanpa malu! Selesai makan ngobrol bentar dan langsung tidur. Esok harinya kami cuman tinggal dirumah aja karena hujan dan udara dingin banget, lagian kami masih capek. Baru hari berikutnya aku dan suami mutusin untuk nyoba sepeda motor milik suami kakak ipar. Lebih kecil sih motornya dibanding motorku di Indo, tapi Alhamdulillah bisa naik….kangen juga naik motor euy! Karena aku gak punya SIM Eropa, walhasil cuman boleh muter muter di taman. Awal awal naik masih ragu dan gak mantep, setelah 5 meter langsung weng…weng lancar! Tiba tiba “teeeet teeet” ada mobil gedhe di belakangku ngamuk ngamuk, pikirku lha aku kan udah minggir pak? eh ternyata minggirku salah, kebiasaan di indo dan inggris, jalur minggir adalah jalur kiri, eh ternyata di belanda kalo mau minggir harus di sebelah kanan! Pantesan tuh mobil pencet klaksonnya keras keras. Habis itu kapok deh gak main ke jalan besar.

Setelah puas muter muter di jalur yang sama, aku poto poto, sang fotografernya sapa? Jelas dong sang suami. Dengan sabar blionya jeprat jepret, mulai dari gaya meringis sampe gaya pembalap!...untung suamiku sabar hampir aja beterenya abis karena kalo gak puas aku suruh delete dan poto lagi…..suamiku cuman bilang “You’re mad about picture”..hehe..baru tahu mas?

Hari berikutnya giliran sepeda yang kami coba. Setelah dapat arahan jalan dari kakak ipar, kami pergi ke pusat kota. Loh mereka gak ikut? Nggak, karena suami kakak ipar musti kerja dan si kakak punya baby 1 tahun yang ribet kalo di tengah hujan musti keluar….so aku dan suami melanglang buana sendiri.

Dengan gampang kami temukan pusat kota Bussum (20 menit dari Amsterdam) jalannya kecil dan sepi, mungkin karena hari itu hari natal kali yah…makanya orang cuman tinggal di rumah dan mungkin nyiapin pesta malam harinya. Asyik nih…bisa ngebut….aku dibonceng di belakang, setelah sebelumnya mompa ban yang kempes…olala…jaman digital begini masih juga sempet yah orang2 belanda mompa ban pake pompa tangan…aku jadi inget jaman SD, bapak yang suka mompa sepedaku….murah meriah lah….

Setelah puas puter puter dan tak lupa poto poto…(narsis yack!) kami putuskan pulang. Hari juga udah mulai gelap, udara mulai dingin sekali, eeeh…ternyata kami masih juga sempet Nyasar! Gak inget belokan mana yang harus kami ambil. Akhirnya setelah puter puter lapangan luas, kami temukan jalur yang sebenarnya. buatku sih gak ngaruh karena aku hanya duduk manis dibelakang. Suamiku yang ngos ngosan mengayuh sepeda….tega nian nih si isteri…

Hari ke 3 kami tinggal dirumah, ikut bersih bersih dan beresin rumah sambil nonton saudian TV acara Live Laporan Haji dari Makkah….subhanAllah….merinding ngelihatnya…semua pada memuji nama Allah dan aku inget banyak sekali temenku dari Inggris yang pergi haji tahun lalu. Ada yang baru pertama kali dan ada juga yang sudah ke sekian kalinya. Ah…dalam hati aku berdoa agar haji mereka diterima dan juga mereka inget aku dalam doa yang mereka panjatkan di padang arafah dan juga semoga aku bsia menyusul mereka menunaikan ibadah ke tanah suci….Amin ya Rabb. Hari ke-4 …seperti biasa, muter muter lagi dan poto poto lagi..kali ini kami muter muter ke pinggiran Amsterdam bersama kakak iparku dan babynya. Setelah naik kereta hampir 20 menitan kami sampai ke sebuah market besar. Dan disanalah aku ketemu ama banyak barang murah dan makanan Indonesia. Kacang manis, mie goreng indomie, pastel, dll….asyiik bener deh. Pulang gak terasa kami udah “nggembol” plastik sekian banyak. Ceritanya hari itu suami mau memanjakanku so semua yang aku lihat menarik boleh dibeli…so beli mie goreng, beli sarung tangan, baju model China, baju hangat, baju keponakanku, kerudung, dll…saking banyaknya gak inget deh…selanjutnya kami pulang dan makan malam dirumah….ah capek tapi asyik.

Ke esokan harinya adalah hari arafah dan bertepatan hari jumat….aku sempet ngikut suami ke Masjid tuk sholat jum’at. Para jama’ah kebanyakan dari morocco (I can tell from their Jilbab) but tak apalah…dari mana aja sama kok, cuman sayang masjid yang bersih dan emang gak terlalu besar itu hanya berisi 7 orang wanita….kalo di masjid London, wah jumat seperti hari Raya….jama’ah wanita membludak dan meluber sampe ke ruang lain. Mungkin karena gak banyak muslim di bussum kali yah….but at least I did enjoy the khutba that day. It was in Arabic language but I was so pleased coz finally I could grasp what the syaikh said. I could understand bit and pieces of the word, put it together then it came out as a brilliant concept!

Selesai sholat jumat, kami langsung pulang . kebetulan semua orang dirumah lagi puasa jadi nikmat sekali sambil nunggu maghrib baca-baca doa, Quran dan segala hal yang berbau ibadah Mahdhoh. Alhamdulillah maghrib tiba, kami buka puasa bersama, kembali dengan menu 4 macam…..mana aku gak harus masak karena gak boleh bantuin, critanya aku lagi di manja ama kakak iparku nih. So aku cuman Bantu cuci piring aja. gimana gak asyik ke?

Hari berikutnya adalah hari raya Ied, jatuh hari sabtu. Solat dimulai pukul 9.15, kami telat bangun!..oh Dear! akhirnya blingsatan kesana kemari dan terpaksa kami berlarian menuju masjid yang berjarak cukup jauh dari rumah tempat kami tinggal. Mana hujan lagi…bener bener bikin mood berubah….but alhamdulillah sampai di masjid solat belum dimulai, aku yang udah nyiapin wudhu dari rumah harus wudhu lagi karena batal. Ihik..ihik….lepas lepas kerudung dan kaos kaki lagi…..but no complain lah….yang penting bisa solat Eid dan happy after. Malamnya poto poto keluarga. Disingkat aja yah critanya….hari hari berikutnya hampir sama, dan hari terakhir aku cuman shopping tuk beli jajanan kecil dan juga kebetulan pas lagi sale di banyak toko.

I spotted a very nice black shoes and 1 boot. Suami lagi mood kali, langsung aja deh bilang take it if you want, I will buy it for you” awww….so sweet kontan aku bilang “jazakallah ya habibie”…dapat deh 2 sepatu, satu boot dan satunya bergaya klasik. Setelah puas ngelilingi toko, kami pulang dan packing tuk kembali ke inggris. Sedih rasanya harus ninggalin keluarga yang begitu baik dan memanjakanku, apalagi keponakan yang lucu sekali. However my real life is in London, segala macam kesibukan telah menunggu, andaikan bisa tinggal lebih lama, definitely we would love to!

Next morning, we were heading to London.

To be continued

NB: for particular reason the picture is not shown..I am trully sorry

Comments

Anonymous said…
Waduuh, si Neng nih puasi-puasin yah, mumpung blum ada baby. Believe me, everything is just not the same (kalo travel pa lagi).

Hm....naik bis? Kuat yah....aku diajak naik bis ke Denmark yg kurang dari sejam aja mending jalan kaki :D (hiperbola nih..).
Ina said…
Senengnya..., bettul mbak Wati, puas2in deh :D. Ayyo cepet2 haji, abis itu panning dedenya dimulai deh :D.
Vina said…
Waah, asik yah jln2nya. Pdhl pgn bgt deh liat fotonya.. Tp yg penting you did have a good time ya Mee.. Now, welcome back to the real world.. :D
Sandi said…
subhanallh, isi blognya bagus, walaupun di negeri kafir, tapi identitas amme sbagai muslimah bisa eksis. :)di nbegeri arab sendiri yang sumber islam lahir disini, banyak orang arab yang tidak ada ketertarikan trhd islam, mereka lebih suka rihlah fi sitaa was saif ke london pada musim panas atau ke thailand pada musim dingin dari pada ke mekah untuk haji atau umrah:)
MaIDeN said…
ceritanya panjang sekali ... photonya dong ... biar lebih gampang mensinkronkan yang dibaca dengan yang dihayalkan ...

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam