Skip to main content

Pengen Marah!

  • Panaaaaaaaaass

Aku rasakan London makin aneh aja, suamiku juga bilang begitu...anehnya dimana? sekitar 2 hari yang lalu pak Tony Blair memberikan pidato tentang multikulturalisme di inggris dengan sebuah himbauan agar kaum minoritas inggris mau berintegrasi/menyatu dengan budaya inggris...meski sepertinya ini himbauan untuk semua kaum baik itu hindu, sikh, asian, african namun dia menitik beratkan pada kaum muslimin di Inggris....dan dia juga menyatakan dengan tegas, "kalo gak mau menyatu dan menghargai budaya inggris maka jangan datang ke Inggris!"

hmm....himbauan yang bener bener tegas dari pak Blair. Aku jadi bertanya tanya...apakah memang kaum muslim di Inggris tidak mau menghargai budaya inggris? dan aku juga bertanya dalam hati apakah budaya inggris yang pak Tony maksud? apakah acara mabuk tiap jumat dan sabtu malam? itukah budaya inggris? ataukah budaya bebas berpendapat meskipun menjengkelkan seperti kasus kartunisasi Rosulullah Muhammad SAW kemarin?? salahkah jika kaum muslimin inggris dan seluruh dunia tersinggung jika Rosul Mereka dihina? apakah ketersinggungan muslim atas ungkapan Pope benedict juga dipertanyakan dan dianggap tidak menghargai budaya inggris? ataukah demokrasi yang mengahncurkan kehidupan muslim di Iraq adalah budaya inggris? apakah kah asasi untuk kawin sesama jenis yang pak tony maksud sebagai budaya inggris?? aku sendiri masih bingung, dan ketika kutanya wanita2 inggrispun mereka gak tahu jawabnya...kalolah ada jawaban mereka gak tentu arah dan bertentangan satu sama lain.. wallahu 'alam.

Anyway......Kalolah itu yang dimaksud oleh pak Tony maka aku yakin dia tidak akan pernah berhasil membuat kaum muslimin di Inggris berintegrasi karena apa yang aku sebutkan diatas adalah nilai mendasar yang bertentangan dengan ajaran islam dan adalah kewajiban bagi muslim dimanapun juga untuk mempertahankan kehormatan Rosul mereka dan ajaran islam hingga titik darah penghabisan....muslim mencintai Rosulullah dan ajaran islam diatas segalanya.....Islam adalah kehormatana Allah dan RosulNya....jikalau ada yang tersinggung itu wajar, dan yang perlu dipertanyakan adalah kenapa harus menghina jika memang tahu kaum muslimin akan marah/tersinggung?? Kejadian bebrapa waktu terakhir( baca:kasus cadar, kartun, pidato pope) seolah olah memang disengaja untuk mengaduk aduk perasaan kaum muslimin di seluruh dunia. dan alhamdulillah.....masih jelas dimata siapapun bahwa kaum muslimin mencintai Allah, Rosul dan ajaran-Nya.....Allahu akbar!

  • Adakah Yang membela Islam?

kalo dibilang apakah muslim diperlakukan semena mena sekarang ini? aku dengan yakin menjawab iya....memang ada orang yang tegak berdiri mempertahankan Islam, namun gak banyak...apalagi kaum non muslim yang membela kaum muslimin yang telah di dzalimi..ada tapi juga sedikit...meski demikian nampak sekali perkembangan Islam makin cepat....banyak sekali kaum elit inggris dari golongan status sosial tinggi yang masuk Islam dan practicing...baru baru ini adalah mantan agen rahasia Rusia (KGB) yang dari berita tivi dia meninggal karena di racun dan belum jelas siapa yang meracuninya. ada dugaan pemerintah rusia yang meracuninya karena ex-agen ini membuka segala keburukan pemerintah Rusia. Tiap hari berita tivi berisi proses investigasi tentang siapa yang meracuninya namun saat dia dikuburkan ada yang bikin british public shock! ternyata saat dia terbaring di RS London, dia mengutarakan kepada bapaknya bahwa dia memutuskan untuk masuk islam dan menjadi Muslim. dan dia ingin dikuburkan dengan prosesi Islam. subahnAllah....berita yang sungguh menggemparkan jika dimuat di media masa....namun sayang ..media tidak memuatnya dan nampak sekali fakta ini disembunyikan....aku bayangkan kalo ini sampai dimuat di TIVI dan koran nasional inggris maka orang akan melihat sisi lain Islam dan mungkin mencari tahu ada apa dengan Islam.....

  • Pengalaman Pribadi

dari pengalaman pribadi sebenarnya tak jarang diriku menjadi mangsa tak ramah orang2 inggris....namun anehnya yang gak ramah kepadaku bukanlah orang kulit putihnya tapi orang asia (india) dan afrika.

beberapa waktu yang lalu aku mau kirim sesuatu ke Indonesia....aku bisa merasakan kesinisan laki laki asia di sebuah toko dalam melayaniku. aku bertanya sesuatu dia jawab dengan ketus sambil memalingkan mukanya "hang on a minute, I have to check it first" padahal pertanyaanku pun belum selesai.. boro boro dia menampakkan wajah ramah, yang ada adlaah wajah bersungut tanpa senyum, tanpa kata manis layaknya costumer service pada umumnya.....sebel!

Kemarin demikian juga....aku bertanya sesuatu ke pelayan wanita keturunan afrika. tanpa senyum dia pun menjawab dengan ketus, "give that paper to me!,do you send this on your behalf or on behalf somebody else" aku jawab..."this is is mine, that one is on behalf of my husband" trus dia nerocos "do you know that you are not supposed to send something on behalf of someone else?if there is something wrong then this person has to come by himself" aku jawab aja "yeah...ok..." tanpa semangat....dalam hati aku bilang "udah tahu mbak!"kalo memang aku mau kasih papernya pasti aku kasih gak usah teriak teriak dan ketus gitu doong....tadi waktu aku tanya sesuatu aku disuruh nunggu "let me finish this first transaction" katanya....nah giliran aku nunggu dia selesai..eh dia perintah aku dengan ketus Give me that paper! (untuk transaksi kedua).....piye tho mba??

dalam hati aku janji gak akan kembali ke 2 orang tersebut kalo aku mau kirim apa2 ke Indonesia....bikin panas dan sebel aja....suamiku aku cerita-in....dia pun ikutan marah...katanya "I didnt experience the same thing as you even though i sent it through the same person??" aku tanya balik "is it because they notice that I am a muslim woman as I am wearing scarf?" suamiku jawab "maybe yes but let's just think that perhaps they are just tired thatswhy they acted like that"

Kejadian yang lain waktu aku naik bis, mau ngajar....pagi itu memang hari libur so banyak anak2 kecil dan remaja naik bis...mana gratis lagi mereka naik bis..tapi yang bikin aku kesel..mereka suka teriak2 di bis, suka muter musik keraaaas banget, suka ngumpat di depan umum....dan waktu itu aku duduk dibelakang sendiri karena emang gak ada tempat...aku tahu tempat duduk itu kerap dijadikan mangkal remaja2 nakal....tapi daripada gak duduk kepaksa aku duduk disitu...dan selang beberapa menit ada 6 gerombolan anak terdiri dari 2 wanita remaja berkulit putih (yang satu lagi hamil tua) dan 4 anak kecil usia 8-10 tahunan....si wanita remaja ini ngelihatin aku dengan pandangan aneh dan mereka kira aku gak ngerti bahasa inggris kali.. (karena emang banyak juga kaum imigran yang sudah puluhan tahun tinggal di inggris tapi gak ngerti bahasa inggris)...so mungkin mereka ngira aku salah satu dari mereka...akhirnya mereka bilang...bla..bla..yang intinya ngomongin aku dan kerudungku....dan sesaat kemudian 1 anak laki2 dari mereka duduk tepat disebelah kananku dan 1 gadis mudanya duduk di sebelah kiriku, aku ngerasa di kepung...hingga akhirnya si anak laki2 kecil itu nyanyi sambil ngelihat aku dan sengaja ditujukan buatkau "I wanna hit somebody! I wanna hit somebody" diulang trus..sambil menatap tajam ke arahku...aku sih pura pura cuek dan gak paham....biarin aja tambah panas dia ..dalam hatikupun udah membara pingin meledak.....untungnya aku harus turun di stopan berikutnya.....saat aku mau turun itu..gadis yang disebelahku sengaja menaruh kakinya dan menghalangi jalanku hingga aku terjerembab...trus dengan sinis dia bilang "sorry" dan temen2 lainnya pada ketawa ngakak!.....kayaknya emang sengaja dia mau bikin aku kesel....aku bilang aja sekalian sambil sinis "thank you very much"..mereka diam dan noleh satu sama lain...

.....dalam hati aku bilang "kalo memang ini karena kerudungku maka makin jelas buktinya bahwa inggris yang katanya negara tolerir dan sangat beradab terbukti tidak beradab!"

Comments

Anonymous said…
Yaakkk betul mba amee, belakangan hati rasanya mendidih dengan suasana di inggris.

Soal perlakuan ga enak terhadap muslimah, yg mb amee rasakan, saya juga pernah. Sama juga, bukan orang kulit putih yg melakukan, tetapi orang afrika. Kejadiannya waktu lagi desek2an di bus. 4 orang wanita afrika yg masih muda2 naik ke bus dan jalan di samping saya, sambil sengaja nabrakin pundaknya ke pundak saya. Aduh kaget banget .. lah mereka badannya gede begitu. Alhamdulillah saya ga kelepasan marah. Waktu saya nanya kenapa saya ditabrak, mereka malah ngetawain saya. Ya Allah beri saya kekuatan... (batin saya waktu itu mba). Akhirnya saya memilih turun di bus stop berikutnya, karena khawatir ga bisa menahan amarah. Juga takut dikeroyok juga sih .. hehe ...

Mungkin .. itu karena mereka benci dengan kehadiran saya dengan identitas sebagai muslimah. Atau paling ga, mereka jahil aja ngisengin orang yg fisik nya jauh lebih kecil dari mereka. Tetapi apapun juga alasannya .. itu adalah kekerasan yg dilakukan dengan berani dan terbuka di London yg katanya adalah sebuah contoh ideal bagi kehidupan multikultural yg damai dan rukun.

Pengen marah juga aah ....

Wassalamualaikum
Shinta
Anonymous said…
mba meee..duuuh, emang ya..kita(para muslimah) sptnya lebih banyak mendapat diskriminasi dibanding laki2(para muslim)..ya mgkn krn emang penampakan kita terlihat sangat jelas(cont:jilbab)..tp insyaAllah semua ada hikmahnya ya mbaaa..pgn komen banyak niii..cuma mending aku curhat skalian di blogku ajah(kapan2, kl sempet..hehehe)..soalnya jujur aja, aku pun mengalami hal yg sama di sini..jd seru kali yaaaa, kalo kita2 yg punya blog saling nulis pengalaman2 ga enaknya sbg kaum minoritas..eh, bukan seru krn seneng digituin loooh..cuma insyaAllah dgn bgitu rasa ukhuwah kita makin lengket bgituh..krn mrasa bukan cm kita sendiri yg merasakan..tp sluruh muslim/muslimah di sgala penjuru duniapun sdg bergulat melawan ketidak adilan..trus bisa saling mengingatkan tuk tabah,dll..amiiin..
ratnaningsih said…
panas bener deh bacanya.
indhy said…
Mba' Assalamualaikum....
Me too lah Mba' Ihad bad experience as well... As i have lots of friends yang bule2 getoo.. hhmmm kayanya underestimate me bgt Mba'...
Dulu aku pernah ngajar bhs Indonesia buwat mereka.. hiks... mereka nggak yakin dgn akyu... mereka liat kerudungku.. Tapi aku buktiin aja. It's over.
Masalah kedua pas aku ngajar di salah satu institusi t4 mayoritas non Indo Mba', ketika aku memutuskan pake jilbab, finnaly mereka tidak mau di ajar lg. Ya sudah lah rejeki kan g kemana.. hiks... tapi ya gpp...
Whatever lah... tapi aku ngrasa moslem sekarang serasa diinjak2 hiks..
Semoga kedepannya kita selalu diberi rahmat dan hidayah dr Allah amin:)
maisara said…
Assalamu'alaikum..

apa kabar sayang..he..he..senyum dulu dong..panasnya diademin dulu.

Pesanku janganterpancing denganmakian atau kelakuan mereka, sebatas yg kamu masih bisa bertahan, Kalau emnag keterlaluan banget, harus membela diri. Tunjukkan bahwa muslimah kedudukannya adalah lebih tinggi dan terhormat dari mereka. so , jangan mudah terpancing,..nanti mereka tambah kesenengen dan makin nginjak2 kita. Innallaha maasobirin (betul gak nulisnya ya..) sesunguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.
Anonymous said…
Assalamu'alaikum wr wb
Mba Amee, salam kenal.. saya linda dari jakarta....
baru liat liat n baca blog mba neh... pas kebetulan baca yang ini...
Sabar ya mba, subhanallah memang perjuangannya di negeri yang non muslimnya jauh lebih banyak..
Yang penting tetap tunjukkan 'izzah sebagai muslimah. Dan bener kata mba Maisara, jangan mudah terpancing...
btw, inilah ujiannya manusia akhir zaman kali yah mba.... nanti kan yang akan berjuang bersama Imam Mahdi insya Allah berasal dari garis keturunan kita [Allahumma amiiin] maka kita-nya dulu nih mba yang benar2 dididik sama Allah menjadi generasi orangtua yang tangguh...buat nyiapin bekal buat anak2 or cucu kita yang nanti akan berjuang menempuh 'perjalanan' yang jauh lebih dahsyat dari sekarang. Wallahua'lam bishowab
Anonymous said…
Dear Mbak Amee,

Salam kenal...aku ngerti bener perasaan mbak waktu kejadian itu. Emang bete betul...
Aku pernah juga ngalamin yg mirip, well tapi karena aku blum ber kerudung maka mungkin bukan karena aku muslim tapi krn coloured. 'Disgusting' was a harsh language to used, indeed. Waktu itu udah mau aku tampol aja dah mau ngelabarak tanya apa alasan dia ngomong disqusting. Tapi aku milih untuk diam karena dan malah gangguin si bule dengan breastfed anakku. Aku pikir mana yg lebih menjijikkan coloured people, coloured people yg berusaha breastfeed in discreed ato orang bule yang ngumbar bagian pribadinya ato ngumbar nafsu disembarang tempat. Instantly I felt happier. I won :D.

Betewe, pengajiannya dimana ya mbak? Ada ga ya yang deket2 Greenwich? Pengen mulai lebih beriman dikit nih..

Salam,
Arie

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam