Skip to main content

My Poor English

Sudah hampir 2 tahun aku di Inggris dan sejak itu pula bahasa inggris adalah bahasa utama dan bisa dibilang bahasa sehari hari.....alhamdulillah awal awal ngomong suamiku cuman bisa ketawa ketiwi aja mendengar isterinya belepotan ngomongnya...tapi sekarang kadang malah memuji 'wow your english is much better than me now...' cieeeeeeeeeee....seneng dooong hai....tapi apakah itu sekedar pujian untuk membesarkan hati isterinya yang gak pede ama bahasa inggrisnya ataukah memang demikian.....diriku tidak peduli...kalo suami yang ngomong percaya aja deh *hueee...iya dong daripada mikir yang aneh2..mendhing positip aja :P*
dalam hal speaking emang diriku agak pede but kalo udah listening apalagi bicara lewat telpon yang sifatnya formal (bukan dengan sisters) masih aja grogi dan bahkan masih berantakan....habis kita sendiri gak bisa lihat gerak mulut mereka dan gak bisa pasang muka bingung dihadapan mereka supaya mereka (lawan bicara kita) memperlambat kecepatan bicaranya...karena itulah diriku sangat sering menolak penugasan dari boss (suami) kalo udah diminta nelpon Rumah sakit tuk buat appointment, atau job vacancy ataupun yang sifatnya berlama lama ngobrol di telpon.....kalo cuman buat appointment ama dokter sih guuampang dan cepat, cuman tinggal bilang Date of birth, nama dan request jam appointment.....
nah kemarin itu ada lowongan kerja di sebuah RS dan suamiku yang melihatnya, trus blionya menyuruhkan mencari informasi......dan itung itung training deh...akhirnya kuberanikan diri (meski bukan pertama kali tapi adem panas masih kurasakan) gini lengkapnya :
tuuuut.....tuuuuut....
somebody : Hello Hommerton Hospital, can i help you?
aku : hello, yes.....its is Mrs Amee Speaking, recently i saw a job vacancy for X position, and I am keen to apply, could you give me some information about that?
somebody : oh yes, we need a very specific person because this job dealing with rehabilitation patients, do you have experience in this area?
aku : well.....yes, Im qualified Medical Doctor From Overseas and I had been working in a hospital for nearly 3 years.
somebody : oke then if thats the case, i will pass your contact number to my friend and he will contact you and let you know about it in details..is that ok?
aku : yes sure...thanks a lot
somebody : so can i have your contact number please?
aku : yes, its my mobile number xxxxxxxxx
somebody : thank you for calling
aku : thank you, bye bye....
beberapa jam kemudian ada telpon yang datang dari orang yang mendapat nomer telponku
someone : Hello Mrs Amee, My name is Paul, i got your number from Hommerton Hospital and you are intersted in X position
aku : oh yeah.....
Paul : so could you tell me what is your background?
aku : I am qualified Medical Doctor from indonesia,I moved to UK 2 years ago,I had been working in a hospital for nearly 3 years and I get used to work as a team.
paul: so Have you been working since you moved?
aku: not really, I am doing voluntary Work and so far I am just in the process of applying for jobs.
paul : so why don't you work?
aku : *aneh nih orang pertanyaannya* well..because i didn't get a job yet thatswhy i didn't work yet *sambil nyengir kuda*
paul : ok then...where do you live?
aku : I live in Stratford
paul : ok.....so would yoube able to meet me in Stratford advice All kids (aku mendengarnya begitu meski menurutku kata2 itu gak nyambung dan pasti aku SALAH DENGER!)
aku : sorry.....where is it exactly?
paul: do You know where Morrison shopping centre is?
aku : yes I do
paul: it's just accross the road. the name of the road is Ve Growth (lagi lagi kau mendengarnya semacam itu )
aku : sorry...could you tell me again the name of the place as well as the road?
paul : Stratford Advice All Kid , its in 15 Ve Growth (masih terdengar sama)
aku : could you spell the road for me please?
paul : its G-R-O-V-E
aku : oooh thanks *meskipun kepalaku masih belum nyambung dan paham spellingnya aku terusin aja percakapannya* so what time shall we meet?
paul: 10 am, is that ok?
aku : yes..its fine, see u then
paul: see u Bye!
oaalaaaaaaaaaaaah.......aku sengaja nulis di kertas di hadapanku dan tertulis disana
10 am, stratford advice all kids, ve growth.....dan ternyata sodara sodara aku cek tempatnya lewat internet namanya yang bener : STRATFORD ADVICE ARCADE, THE GROVE!

HUWAAAAAAAAAAAAAAAAA......diawal aku tahu kata2 ALL KID gak masuk akal tapi kalo di porounce-kan ALL KID sama ARCADE kedengarannya sama...dan itulah mengapa spelling dalam bhs inggris amatlah penting...
dan The GROVE ama VE GROWTH kalo dibunyikan juga mirip tapi artinya sangat jauh berbeda........cuciaaaaaaaaaaaan deh aku,musti banyak nelpon orang nih....eh tapi kalo diriku ngobrol ama sisters pake bhs inggris bener bener loh aku bisa klik dan paham serta ngerti tapi kalo disuruh nelpon orang yg sifatnya formal kayaknya kepalaku langsung nge-set GAK PAHAM dan BINGUNG!

Comments

Podho wae kok, fa. Aku juga begitu. Sekarang sih sudah jauh lebih pede tapi kadang2 ya rada 'kagok' sedikit. Abis orang khan beda2. Ada juga Inggrisnya cueeepeeet banget. Jadi suka bingung en bengong aja dgn Inggris mereka. Dan aku suruh mereka ngulang bolak balik. Pokoke ya make sure kita dapet info dgn jelas dan gak lupa, say sorry and thank you for their patience and assistance. Hehe. Btw, asik donk kalo diterima. Kerja jadi dokter di UK. Duite akeh, Fa.. Pajake yo gedhe :D
Anonymous said…
mohon dipersory ga bisa nangis baca postingannya utk sekedar ikut sedih..yg ada ngakak tuhhh :)) meskipun mungkin akan jauh lucu kalo aku yg jadi sampeyan. krn jd lbh byk yg musti "someone" spell..he he he
Test test satu dua tiga... Pronounce .. bukan... Porounce :D
Ummu Aisyah said…
hehehe, sama Mee,plus skrg krn aku udah test danish...suami selalu minta aku ngomong pake dansk, but pls,english aja belepotan ditambah dansk. Setiap kami ngobrol pake dansk, Ya Allah...undskyld,hvad siger du? ( sorry,what did u say? ). Makanya lebih suka skrive ( nulis or baca) dari pada listening. Huhuhuh, amburadol. BTW, good luck yah Mee,semoga diberi yang terbaik ma Allah swt
Anonymous said…
Ameee... sukses ya dear, smoga dikau kterima amiinn :) aku sih bodo amat me, terutama soal spelling bukan bahasa daku ini *careless* hihihiy...
asalkan bisa ngobrol dengan yang diperluin, terkecuali kalo kita mo sekolah lagi... ya HARUS!
Lah orang amrik dgn british aja kadang suka sama2 bingung... beda logat hehe :D
Anonymous said…
ehehehe amee...sammaa....rada2 gimanaa gitu kalo udeh berurusan sama bahasa yg satu ini :D
kalo listening, mungkin karena aksen tiap orang beda2 kali yah? kalo sama sisters, mungkin karena kita udah terbiasa ngdengernya...jadi lebih mudah memahaminya...
Anonymous said…
emang kadang listening kita suka gak nyampung sama speakingnya bule ya?
Tenang Mee...gak sendirian kok...:))

Inayah
Anonymous said…
Aduh Mrs.Amee...harus belajar listening lg tuh!hehehe....;P
Emang biasanya kalo yg inggrisnya medok bgt agak susah dicerna,tp kalo logat inggris london masih gampang dicerna!so saran aku yah sering2 ngomong di telpon aja tp jgn sama sister aja soalnya mereka udah sehati jd tau apa yg diomongin!
kasih kabar yah kalo diterima kerja ;)

Jasmine
Nia said…
Good luck ya Amee, semoga keterima kerja. Sama dong kdg2 klo pake bhs Inggris suka gak nyambung apalagi sm orag asing hihihi :)
Alhamdulillah,udah siap aplikasi ilmu nih.Semoga sukses deh.
Ina said…
Semoga ketrima ya mbaak .. asik nih ..
Abt bahasa, wallaaah padahal mbak Amee dah lama disana yak? lha kita ... :)
Umm Nusaybah said…
@ummu abdullah....oh podo wae yah mak...hehe

@ummu aqilla...huehue....yeee...gak empati dong ;) *plak*

@sunflower..iya lah ve, males ah kalo dah ama suami pake bhs yg baru...good luck juga buat mu yah

@liza amiin..jazakillah doanya sis
@moeng..ho oh sis...aksen orang british ama american dah beda, british sendiri juga udah beda banget satu ama lain

@inayah...iya mba...kalo bule tuh gak paham...susyeeeeeee

@jasmine..setuju buuu.....habis kalo ngobrol ama jasmine indonesia juga :P hehe

@nia...makasih sis....amin ya Allah

@muhammad abduh...mohon doanya aja bro

@ina....amin..jazakillah yah sis

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam