Skip to main content

chatting oh chatting

It is from the excellence of a man’s Islam to leave that which does not concern him.” [Tirmidhi, and others] salah satu kebaikan dari seorang muslim adalah meninggalkan sesuatu yang bukan menjadi urusannya
janji postingan yang kedua adalah ttg dunia perchattingan....
apa hubungan hadis diatas dengan chatting????well..udah maklumun kan kalo chatting pasti kita banyak "chat alias ngobrol" yang kadang tanpa kita sadari sudah menembus batas baiknya seorang muslim....pertanyaan yang mungkin lawan bicara kita sebenarnya tidak mau menjawab dan tanpa sadar juga kita menerocos dengan banyak pertanyaan....
hidup disini dan banyak bersosialisasi dengan akhwat inggris mengajarkan aku betapa prinsip ini begitu mereka pegang....mereka yang sudah lama berteman saja kadang tidak tahu banyak ttg hal pribadi temen mereka....yang ada hanya diskusi ttg masalah yang membuat mereka lbh baik....gak ada acara curhat doong??well...ada....tetep ada curhat tapi gak ada yang namanya interogasi...kadang kalo ada temen yang bicara ttg masalahnya.....tanpa sadar kita bertanya ampe detail yang sebenarnya tidak berkaitan dengan penyelesainnya. ..ya nggak???..tp kalo kita dijadiin tempat curhat yah...itu mah rezeqi..berarti kita dianggap mampu deal dg masalah mereka...:)
nah mengenai dunia chatting ......cuman mo berbagi uneg2 aja deh...aku termasuk chatter kelas berat di jaman dahulu kala...jaman dimana aku masih baru aja kenal internet, namun ada suatu hal yang dulu menjadi prinsipku....aku tidak akan chatting ama laki2 or ikhwan model apapun,mulai dari model alim, brangasan apa lagi yang tukang ngerayu dan bergombal ria kecuali ada alasan syar'i....eits jangan tersinggung dulu yah...tp kl kesinggung berarti termasuk salah satunya doong...hehe, knp keputusan tiu aku ambil....tentu tidak krn diriku anti ikhwan alias lesbong...of course not ! but semua demi menjaga kesucian hati, jiwa dan takut melanggar syariat krn sepanjang pengetahuanku, kehidupan laki2 dan wanita terpisah kecuali krn 3 hal syar'i,yakni: kesehatan, jual beli/muamalah dan pendidikan. dan ternyata chatting tidak termasuk salah satu diantaranya!

bahkan banyak juga yang ngira kalo diriku korban chatting, maksudnya bisa tiba di london karena di "gondhol" chatter....hehe...nggak kok sodara2 ..suamiku malah gak "ngeh" ttg dunia perchattingan, yang ada malah aku dulu yang ngajarin pas kita udah masuk khitbah, tapi tetep aja gak tlaten karena suami gak suka duduk lama di depan monitor sambil klethak klethuk mukulin keyboad! blas gak seneng! walhasil aku yang enak...krn gak tambah biaya pengeluaran...hehe paling2 cuman kirim email doang, itupun ngetiknya dirumah so tinggal nge-send pas di warnet......ah jadi inget masa doeole....udah ah!

maksudku posting ini apa? reminder bagiku dan sodaraku semua, supaya berhati hati aja dalam chatting dengan lawan jenis, ada banyak fenomena yang bikin aku miris .....kisah nyata, ada seorang yang dibohongi.... tapi alhamdulillah... karena sayangnya Allah sama si akhwat ini, akhirnya kebuka juga kedok si laki2 yang ingin menikahinya...belum lagi chatting yang diturutin bakalan ngabisin uang, iya kalo internet gratis...lha wong sejam aja 3000 rupiah..bisa nasih sepiring tuh..:)....belum lg kalo kita inget banyak waktu kebuang sia2 jika hanya memperturutkan hobby atau "kecanduan".....ada banyak dulu temenku yang nota bene pecandu chatting dengan lawan jenis bahwa ini dalam rangka mempraktekkan bhs inggris lah, dalam rangka menjalin ukhuwah (tp dengan ikhwan.....glek!) lah...dalam rangka mencari shahabat lah....sampe sampe ada yang dalam rangka mencari jodoh atau malah berdakwah.....hmm....i dont see any link between both of them specially if we do chat with the opposite sex!.....jadi sodaraku tersayang...marilah kita mengheningkan cipta dan kembai bertanya....do i really need to chat with my opposite sex? dont we think its better to reduce or even avoid it for the sake of Allah??inshaAllah laki2 yang setia dan bukan perayu kelas kakap akan dapat akhwat baik2...dan sebaliknya..

inshaAllah jodoh yang baik diperoleh dg cara yang baik pula, tentu ada rambu untuk berchatting dengan lawan jenis....rambu itu adalah meminilasir sebanyak mungkin bahkan kalo bisa nggak usah karena Islam bener2 concern dg hubungan dengan lawan jenis...apalagi yang udah menikah atau mau menikah.....banyak keluarga rusak dan cerai gara si perempuan suka chatting ama laki2 asing atau sebaliknya,akhirnya si suami curiga mlulu "kamu pasti chatting ama laki2", then bikin suami cemburu, si istri mbandingin suaminya dengan temen chattingnya...hmm kok suamiku sebaik temen chattingku yah??? kok gak se respect dia yah?? kok kata2nya gak semanis dia yah???, walhasil ribut tiap hari dan akhirnya cerai.....kasihan kan??

yah dunia maya ..dunia maya...banyak yang indah tapi banyak juga yang bikin resah...selamat berchatting ria dengan sesama jenis :) (kampanye nih!)

well ini sih pendapat pribadiku yang tentu aku sandarkan pada Islam yang aku pelajari selama ini....kalo ad ayang kesinggung mohon maaf...tapi kalo ad ayang mo nambahin silahkan....kalo ad ayang protes juga boleh tp mbayar dulu...hehe gak kok! silahkan kalo mo kasih komen....gak akan di banned kok..huehue

Comments

rahmah said…
mm.. chatting.. kalo aktivitas chatting dari dulu ama termasuk senang banget chatting palagi jaman2 diawal masuk kuliah..hehe tapi dulu lebih senang berteman dengan bule hehehe.. maksudnya chatt dengan orang asing untuk mengembangkan lagi bahasa inggris ama.. itu tujuan ama..

kalo memberikan pendapat dengan postingan amee kali ini, ama pernah punya temen dari awal kuliah sampe sekarang yang sering dibo'ongin disitu.. si cowok berjanji2 manis.. tapi herannya temen ama itu percaya aja.. padahal dah ama ingetin.. tapi alhamdulillah sejak beberapa peristiwa yang terjadi, dia menghentikan aktivitas dunia maya beneran.. istilahnya sih dia dah kapok.. banyak sih temen ama yang kapok chatting.. ada 3-5 orang..

tapi ada juga yang jadian yah.. kenal di chatt, beberapa bulan bertemu, si cowok langsung khitbah.. yang ini jodoh.. mm sebenarnya kalo masalah chatting apa yang kita bicarakan disana gak perlu dipercaya sih.. jadi kembali pada diri kita sendiri bagaimana menyikapinya.. just to say hello atau untuk mendapatkan temen sih gak masalah.. intinya apa yang dibicarakan di chat jangan terlalu dipercaya.. ada temen waktu masih di palembang yang gara2 chatt berkenalan dengan seorang pria hingga menikah akhirnya.. tapi yang bikin sedih temen ama itu dibo'ongin karena si pria ternyata dah duda.. waktu tukeran2 pic sih si pria ternyata ngirim pic waktu dia masih kuliah gitu.. nasi dah menjadi bubur, si pria menikah dengan temen ama dan pria itu waktu itu bermur 40 thn.. kebayang gak shock nya dia.. ini kisah nyata loh..

but alhamdulillah i found someone not from chatting.. :-)

ini aja deh komentarnya..
Anonymous said…
chatting, dunia penuh kebohongan
Unknown said…
chatting ? kayaknya wasting time gitu dech ...:), kecuali chatting ama tmn yg udah kenal , jd bisa buat tukaran informasi de el el , mendingan juga ngeblog ...he..he.he..
Ummu Aisyah said…
hehehe, chatting oh chatting. Bahasan menarik. Aku juga sering diskus ma suami ttg ini. Awalnya kita beda pendapat. Masalah curhat, manusia makhluk sosial, tapi ada baiknya curhat sesam jenis. adn kepada ahlinya,semisal Ustadz, MR dan yang bisa menjaga rhs kita. But, kalo curhat ama lawan jenis, yg ada malah nanti kita jadi membandingkan gitu, spt katamu diatas. Alhasil suami ku, kurang bersapa hello dgn lawan jenis, perbaikan diri....Alhamdulillah. Dan proud for him, krn buat kita seorang muslim, akhlak itu adalah yg utama.
"Sebaik-baik kalian adl.yg paling baik akhlaknya".
Thanks ceritanya
abo sulaiman said…
kalo jodoh nya dari chatting gimana yaak?.. soal-e pengalaman pribadi!
Nah kesempatan bayar utang nih mee... utang cerita daku bisa nyampe riyadh. just becoz of A/S/L :) 3 tahun berteman, teman saja, bukan teman tapi mesra apalagi teman tapi mesum :) akhirnya kita putuskan nikah. Setelah nikah jadi ngikut deh ke riyadh. PAID ya utang ku amee..:D iya kapan nih mau ibadah haji?... kalo bisa kopdar asik tuh :) soon ya amee insyaAllah, amin!
Assalamu`alaykum..saya terapresiasi dengan artikel ini..semoga menyadarkan saudara - saudara kita tanpa bermaksud menggurui..saya tunggu artikel - artikel yang terbaik dari blog ini. Semoga menjadi amalan yang tiada terputus. Menjadi point tersendiri apabila setiap manusia mencoba lebih baik dari hari ke hari dengan ikhlas karena Allah semata. Keep revolt!
Umm Nusaybah said…
@rahmah...wah jazakillah sharing critanya....kasihan juga akhwatnya tuh...

@sunflower....alhamdulillah,.....manusia memang dimana mana juga harus proses perbaikan sis..amee juga lah....met berjunag deh!

@liza....jazakillah critanya ..wah kok pendek yah mba liza...kalo jodoh mah gak ada yang bisa menghalangi....semoga barakah pernikahannya...

@rohmadi..hehe...emang wasting time sih.....tp ngeblog gak yah??;)...eniwe..jazakallah udha kunjung ;)
@abduh...jazakallah atas komennya dan doanya
Umm Nusaybah said…
@anonymous...hmm......tidak 100% sih,..but most likely :)
hanan2jahid said…
bahasan menarik, tapi kalau chat dengan lawan jenis karena memang ada keperluan gimana mbak? atau misalnya mereka yg perlu. kadang evy chat ama lawan jenis, emang karena perlu. :(
jazakillah buat posting ini, mengingatkan kembali akan kehilafan diri deh,mudah2an kita melakukan perbaikan diri ya:)
Rini said…
Chatter tukang gombal? Nemu juga yang gitu nih yang rada 'nakal' hehehe.... Awalnya penasaran sih, kenapa bisa tuh ikhwan segitu mudah mengungkap kata 'nikah'. Rasanya pengen aja ngebuka kedoknya tapi terus kupikir, itu hanya wasting my time aja. Lebih baik mendoakan dia supaya sadar jadi ga ada lagi korban selanjutnya....
**
Di blogku pun aku nemu kasus yang hampir sama. Heran, segitu mudahnya ikhwan mengatakan 'nikahlah denganku'... *mode penasaran:ON
Benar2 geregetan ngadapin yang begitu ....
Anonymous said…
memang chat ini tidak membawa manfaat yang baik, banyak gombalan2 baik itu pria maupun wanita... sama saja...

->rini
wanita dan pria memang mempunyai pemikiran yang berbeda masalah hal ini.. apa yang pria inginkan akan berbeda dengan wanita inginkan.. :)
jangan memandang dari kacamata kita, tapi pandanglah dari kacamata orang lain..
Rini said…
Afwan ya mba amee, blognya jadi tempat debat2 begini.
--
wanita emang berbeda dgn lelaki, tapi kita semua harus bisa mempertangggungjawabkan semua apa yang sudah kita katakan, termasuk berani menunjukkan identitas asli, bukan sekedar 'anonymous'... Kalau berani buka dong kedok 'anonymous'nya.

Aku adalah pemimpin rumah di pinggiran surga bagi orang yang tidak mau bertengkar mulut meskipun ia benar, pemimpin rumah di bagian tengah surga bagi orang yang tidak mau berdusta meskipun hanya bercanda, dan pemimpin rumah di bagian atas surga bagi orang yang baik budi pekertinya.
Al-Hadist
***
afwan deh, ga mau lagi ngebahas ini...
Umm Nusaybah said…
@hanan....kalo ad akeperluan inshaAllah boleh dek...asal keperluannya memang syar'i alias dibolehin ama syara' spt dalam muamalah, kesehatan dan pendidikan ;)...
@rini ...hehe..iya sis...gak usah dilayanin....entar kita sendiri yang puyeng dan malah nambah dosa nyakitin orang atau malah ngasih harapan ke ikhwan yang genuienly emang pingin nikah...kan kasihan :)

@anonymous...pemikiran pria dan wanita sebenarnya bisa disamakan kok...asal punya standar yg sama..hanya kadnag karakter mereka agak beda...but inshaAllah tiap karakter mustilah tunduk pada syar'i..so agak setuju tapi juga agak kurang setuju...huehue..jalan tengah nih:(

@rini....gak papa kok rin....diriku udah pasang kuda2 kok..bahasan spt ini bakalan jadi banyak komen dan beda pendapat...asal semunya dalam koridor syara' its fine for me ;)..nyantai aja ;))

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam