Skip to main content

betapa konyolnya dirku!

akhir akhir ini....London udah mulai panas, kemain adalah hari pertama diriku keluar rumah tanpa coat ataupun baju hangat lainnya....tapi anehnya sodara sodara....panasnya london dan panasnya negeri khatulistiwa semacam indonesia kok berasa beda yah????disini kalo udah panas rasanya menyengaaaat banget...sangat panas...apa negerinya penuh dosa atau gimana??wallahu 'alam "hehe gak nyambung brur!" tapi yang jelas....panas di indo bisa membuat kita berasa enak dan seger sesudah mandi air dingin....tapi disini...tetep aja gak kuat mandi pake air dingin.....aku masih penasaran ampe sekarang kenapa demikian...suamiku bilang sih aku udah get used to take a shower with hot water....padahal menurutku nggak juga....wong sejak bayi "cenger" aku udah berdingin dingin ria dan malah seneng gebyar gebyur pake air dingin.....hmm....mungkin karena airnya gak hanya dingin tapi SUPER dingin kali yah......makanya sepanas apapun mandi disini tetep pake air hangat2 kuku.....
waah....malah kemana mana....maksduku posting kali ini sebenarnya menceritakan kejadian konyol yang bikin aku sadar betapa bodohnya diriku...:)
gini sodara2 "...ada preambulenya dulu yah??? satu hal kelemahanku yang sampe saat ini yang masih musti diperbaiki adalah urusan masak memasak.....i am not keen on cooking....blas gak seneng....apalagi hobby...dulu jaman2 masih kuliah dan sekolah spt biasalah...ada warung langganan yang bersedia masakin kita apa aja asal kita punya "fulus alias uang"....hehe...temen2 sekosan udah pada rajin belajar masak..kata mereka itung2 sapa tahu ada jodoh datang jadi gak pontang panting pas udah mulai nikah dan berkewajiban merawat suami dan keluarga.....aku salut ama temen2 akhwat yg spt itu...tapi meski tak coba mati matian untuk kepingin bisa masak tetep aja gak enak masakanku...malah generally aku gak doyan masakanku sendiri ...so..gimana dnegan orang lain???bisa bisa mereka "muneg muneg" alias "eneg"....hiks..hiks...cuciaaan deh diriku.......
makanya pas pertama mau dikhitbah ama suami....aku ngaku lebih dulu daripada nanti berharap banyak dari isterinya....cieee...aku bilang bahwa aku bukan wanita yang bisa masak apalagi JAGO masak...jauuuh di angan angan......alhamdulillah namanya juga jodoh malah suami bilang "i will teach you how to cook"....weleeh...gak bergeming juga nih orang *batinku*....so....lanjut trus ampe nikah dan kebukti sekarang.....alhamdulillah suamiku ternyata emang jago masak....tiap bahan dapur yang dia sentuh bisa brubah jadi makanan enak bin yummy......adaaa aja idenya....usut punya usut ternyata emang ayahandanya dulu pemilik restaurant besar di negeri asalnya.....weleh gak heran rek!......trus gimana dong dg diriku??? malu??? well....berhubung udah jadi suami...rasa malu itu ilang dan brubah jadi semangat untuk blajar masak yang enak biar tambah disayang suami.
selama ini yang aku masak masih berkisar masakan ala india atau asia (pakistan, bangladeshi) kenapa???karena temen keseharianku kebanyakan adalah mereka...kalo diundang makan ya makan makanan mereka....kalo diberi kotakan ya makanan ala mareka...walhasil sejak tinggal di London aku terbiasa ama makanan mereka yang sangat spicy.....gimana dg makanan indonesia???? to be honest with you sodara2..... aku desperate pingin bisa masak masakan indonesia...bisa sih kalo cuman sayur lodeh, bening, tapi bumbunya susah nayri..kalolah ada di toko asia..akunya yang gak tlaten nyusuri toko (dasar diriku yang kurang dedicated kali yah???)
alhasil....yang ada selalu dapat jatah tersendiri dari ibu2 pengajian indonesia.hehe..memang nih ibu2 pengajian AN Nasihah disini super baik dan super hebat...mereka adalah para jago masak yang handal tiada tandingan....inshaAllah aku juga mo maksa mereka bikin short course masak indonesian food dari sabang ampe merauke..hehe...
makanya kalo liat blognya para temen2 yang membuka rahasia dapur mereka, weleh....aku cuman ngiler doang....lha wong kayaknya rasanya uuueenak tapi apa daya gak bisa nyoba.....disamping gak ada waktu ubek2 dapur (mustinya di adain sih), suamiku ternyata juga gak terlalu memuja masakan negeriku...hiks..hiks...kacian deh..sering aku coba memasak ala indonesia dg bumbu ngawurku tp masih nyambung dikit sih ama konsep indonesia (idiih....masak pake kata konsep lagih) tapi hasilnya???? ...its too watery (saat suami makan rawon) ...the coconut milk is too dominant, i cant taste any other inggredients (saat suami makan lodeh), where is the sauce???why its dry??? (saat makan oseng2 buncis plus udang), what is this food made from??? (saat makan tahu???)
huwaaaaaaaaaaaa.......bingung kan????....makanya mendhing masak masakan yang udah dari kecil cocok ama lidah suami deh...dan alhamdulillah...karena ternyata cara masaknya jutsru lebih simple dan take shorter time than indonesian food.....hoorray!!! betapa beruntungnya diriku.....aku sendiri juga baru nyadar kalo lidahkku bukan lidah tipe setia...artinya??makan makanan apaaa aja bisa masuk ...hehe... asal ada rasa manis dan garamnya.....dan yg jelas makan apapun satu hal yang ga boleh ketinggalan ....apa itu sodara2?? KRUPUK....yup diriku adalah anggota krupuk fansclub..huehue...hayo sapa juga nih yang anggota club 'krupuk'??
nah bicara ttg makan nih.....dikarenakan diriku susah masak masakan indonesia.....paling2 kalo kangen ama makanan indo yah bikin2 sendiri....kemarin aku bikin ikan salmon bakar bumbu kecap...yummy abis deh!....ngelihat diriku makan segedhe porsi tukang kuli..akhirnya suamiku merelakan 2 potong ikan salmon besar2 tak 'ganyang' ampe abis...suamiku???lagi2 makan makanan negrinya sendiri...
nah crita lucunya nih...jreng jreeeeengggg.....
pas beli ikan salmon aku kan ke pasar, namanya QUEEN market...semua bahan makanan asia ada di situ termasuk ikan yang aku cari2...sebenarnya sih aku gak pernah makan ikan salmon waktu tinggal di Indonesia but terkenal rasanya enak dan ikannya juga berukuran gueedhe serta menggoda krn warnanya yang merah seger....aku tergoda deh untuk membelinya...terjadilah percakapanku dengan si penjual ikan
penjual: assalamualaikaum sister...
aku: wa'alaikum salam wr wb (waah....aku ngerasa seneng juga krn ternyata penjualnya seorang muslim)
penjual: could i help you sister?
aku: yes please,could i have this salmon fish please?
penjual : how many do you want?
aku: just 2 pieces please, this on and that one..
penjual: pergi ke timbangan guna menimbang dan menunjukkan harganya..
its' 3 pound 46 pence
aku: sambil mikir 'kok mahal sih...ikan 2 iris aja kok' tapi karena saking pingin makan ikan bakar bumbu kecap akhirnya aku bilang aja "okay, i will take it"
penjual membukusnya dikeresek trus dikasihkannya bungkusan itu dan saat yang sama aku ulurkan uang sebanyak 5 pound dg berharap diberi kembalian doong...dan bener si penjual kembali datang kepadaku sambil memberi uang receh sebanyak 3 pound 46 pence.....lah aku bingung...katanya tadi harga ikannya £3.46 tapi kenapa kembaliannya yang sejumlah £3.46? wah....nih orang pasti lagi puyeng karena dikerubungi ikan2 mati kali yah??? akhirnya dengan pede dan dengan rasa suka rela aku nanya kembali, is it the price £3.46 ??
penjual: Yes....
aku: i think you give me too much change, you give me £3.46 it should be £1.34 (dengan pedhe banget tuh)
penjual: ooh....yes, you are right, thank you very much, so how much shall i give you??
aku : lah ini penjual kok malah nanya pembeli, bisa bisa bangkrut loh.....tapi karena muslim tak bantu ngitung deh...hehe..."take this £2.46 and give me 24 pence...."
penjual: there you are....
aku: thank you....
sambil jalan aku trus mikir..tentang uang kembaliannya......di jaman rupiah kan gak ada tuh namanya pence atau sen atau koma lah istilahnya tapi disini uangnya sangat kecil satuannya makanya kadang pence gak terlalu aku peduliiin ketika ngitung tp kali ini aku itung2 lagi......weleh....ternyata aku yang kecolongan ....hehe..maunya jadi pahlawan malah jadi pahlawan kesiangan ...gimana nggak kalo uangnya £5 dikurangi £3.46 mustinya kembaliannya kan £1.54 aku hanya minta dari si penjual £1.24 .....walhasil diriku kecolongan 30 pence alias 4.500 rupiah....hehe....lumayanlah jadi penyadaran diri betapa matematika ku udah ancur lebur bin babak belur.......cuciaaaaaaaaaaaaan deh diriku.....

Comments

hanan2jahid said…
hihihi, lucu jg ya kehidupan rumah tangga itu, buat mbak amee, hayuuu, belajar masak lagi, kayaknya kalau soal masak gak kayak di kampus mbak, banyakan konsep, masak hanya butuh kemauan kuat untuk mencoba, gak ada namanya gak bisa masak, yg ada hanyalah ngga mau mencoba, awalnya sih emang bikin orang muntah (hehe,canda) tapi lama2 kan jadi terlatih untuk mencoba yang lebih baik, kalo gak bisa ya pake resep aja, tips jitu deh kayaknya,oiya soal hitungan matematik, evy punya usul, buat kita semua, bawa aja kalkulator ke manapun kita pergi, kan bisa tuh dimanfaatkan, apalagi kalau ngitung discount, hehehe.Biar mantap mbak, soalnya hitungan di luar kepala itu kadang ada silapnya:D
Greiche Gege said…
Hahaha..
Mee, laen kali kalo belanja jangan lupa bawa kalkulator yah?
Biar ngga kecolongan lagi..
betewe si penjual ikan juga kayaknya udah puyeng kali ya Mee?:D
Hihihi... Matematikanya begimana sih, Fa :P Kalo daku suka langsung "percaya" ama kasir. Abis mereka khan kebanyakan pake cash register. Tapi aku tuh paling "awas" ama harga yang dipajang. Musti bener! Seberapa sen-pun bedanya pasti aku kejar, hehe. Abis scan policy disini (supermarket aja ya) kalo salah scan harga, bisa dapet barangnya gratis. Hehe....
Alhamdulillaah aku punya "tukang masak" tapi nggak rewel kalo "dikasih makan", hehe. Mo dikasih lauk tempe penyet pun akan dimakan ama dia. Kami sekeluarga juga doyan krupuk. Makanan tradisional baik main meal atau jajanan pasar dari my so called Wednesday Market dia juga suka "ngincer". Cuma satu keberatan dia yaitu nggak suka nasi putih ala Indo karena too plain katanya dan lembek (aku kalo masak nasi suka yang agak lembekan). Jadi kalo pas nasi ala negaranya lagi abis atao aku lagi gak masak nasi negaranya, dia pun mau gak mau "harus" makan nasi putih ala aku itu tapi harus disiasatin. Dipakein salt, black pepper, chilli sauce, bawang goreng, dan kadang2 kecap juga bole :P
Umm Nusaybah said…
@hanan...hehe..iya dek..suamiku emang aneh bin lucu kadang juga nggemesin...huehue...inshaAllah akan teyus blajal masak deh...hehe biar makin disayang misua...kalo kalkulator dibawa kemana2 bisa2 ketahuan bodhonya doong malah di kibulin entar...haha

@gege...sama nih komennya....kalkulator sih ada cuman rasanya kok sungkan gitu...ciee....sungkan di anggep gak ngerti uang maksudnya ge..:)

@ummu abdullan iya mak..mereka kan biasa pake mesin itung...makanya krn kebiasaan itu akhirnya males detail itung itungannya ;))

hehe...asyik dong....punya tukang masak wek..kaciaaan deh pak haydar...dinobatkan sbg tukang masak..hehe
percaya deh..emak emang jago macak eh masak ding
Anonymous said…
iya mbak amee, saya baru kenal blog ini jadi telat deh ...posting yang ini hampir setahuhn silam ...kalo bawa kalkulator di Inggris ke pasar aman ya, gak takut dicopet pas lagi sibuk mencet2 tombolnya ...

Popular posts from this blog

my Special Student

Seneng...happy lega dan terharu...itulah yang aku rasakan ketika murid 'istimewaku' menyelesaikan Iqra jilid 6 minggu yang lalu...percaya atau nggak aku menitikkan airmata dan menangis sesenggukan dihadapan dia, ibu dan kakak perempuannya....yah...airmata bahagia karena dia yang setahun yang lalu tidak tahu sama sekali huruf hijaiyah kini bisa membaca Al Quran meski masih pelan dan terbata bata...tapi makhrojul hurufnya bagus, ghunnahnya ada, bacaan Mad-nya benar....dan aku bayangkan jika seterusnya dia membaca Quran dan mungkin mengajarkannya kepada orang lain maka inshaAllah akan banyak pahala berlipat ganda... Namanya Tasfiyah ...seorang gadis cilik bangladeshi berusia 6 tahun saat pertama kali aku bertemu dengannya....Ibunya sengaja mengundangku datang ke rumah nya karena memang tasfi tidak suka dan tidak mau pergi ke masjid kenapa? karena sangat melelahkan...bayangkan aja 2 jam di setiap hari sepulang sekolah, belum lagi belajar bersama dengan 30 orang murid didampingi 1

Tuk Semua Ibu-Ibu

At 05 July, 2006 , Mother of Abdullaah said… Whaa kalo aku pribadi, emaknya sendiri musti banyak belajar.. kira2 kalo ngimpi punya anak hafidzah 'layak' gak ya :D At 05 July, 2006 , Inaya Salisya said… Wah subhanalloh ya.. Ina juga pengen mbak, tapi ga ada do it hehe... ummu Aqilla terharuuu...terharu biru...jadi semangat nyiapin anak jd hafidz nhafidzah. jazakillahkhoir, ukh! Atas dasar 3 komen diatas akhirnya aku tertarik untuk ngasih komentar tentang cita cita punya anak hazidz/hafidzah...dimanapun seorang ibu pasti ingin anak2nya menjadi anak yang sholeh dan sholehah...hanya mungkin gambaran masing2 ibu berbeda dan derajat kesholehan yang mereka gambarkan dan inginkan juga pasti berbeda satu sama lain.....namun terlepas dari itu semua, setiap ibu muslimah pasti sangat bahagia dan bangga jika punya anak2 yang bisa menjadi penghapal Quran alias hafidz...kenapa ? karena sekian banyak pahala yang bakal dapat diraih dari sang Ortu dan juga sang anak..hanya saja cita2 y

Kisah sedih seorang dokter

Al kisah ada seorang teman laki laki yang pernah bersekolah dengan suami waktu jaman SMP dan SMA. Sebut saja namanya Amr, Amr datang dari keluarga miskin bahkan bisa dibilang sangat miskin, dia dirawat oleh bibinya yang juga kekurangan. Tidak jarang Amr harus menahan lapar ketika berangkat sekolah. Namun semangatnya yang tinggi mengalahkan rasa laparnya....hari berganti hari, Amr melanjutkan sekolah ke SMP, disitulah Amr bertemu dengan suamiku, hampir tiap hari mereka berbagi makanan bersama, subhanAllah...meski demikian, bisa dibilang Amr sangat cerdas dan pekerja keras, hal ini terbukti dengan prestasi sekolah yang patut bibnya banggakan. Di SMP itu ada sekitar 12 kelas dan masing masing kelas ada sekitar 70 siswa.....diantara ratusan siswa Amr selalu menjadi juara 1, sampai sampai dia diberi kebolehan naik kelas berikutnya hanya dalam waktu 6 bulan, walhasil dalam setahun dia naik kelas 2 kali dan setiap naik kelas dia selalu menjadi TOP STUDENT! Ketika masuk SMA, hal yang sam